x

Iklan

Bayu Firmansyah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Selasa, 16 Agustus 2022 08:15 WIB

6 Cara Mengobati dan Terapi Diabetes Tipe 2

Penderita dengan Diabetes tipe 1 membuat pankreas tidak dapat atau hanya sedikit memproduksi hormon insulin yang berguna untuk mengendalikan gula darah. Penderita Diabetes tipe 2 membuat sel-sel tubuh kurang sensitif terhadap hormon insulin, meskipun produksi hormon insulin normal.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Diabetes adalah salah satu penyakit yang paling tidak diinginkan. Jika mengidap penyakit ini, selain kamu tidak bisa bebas makan apa saja, juga lebih berisiko mengalami penyakit komplikasi Nah, apakah kamu tahu bahwa sebenarnya ada 2 jenis tipe diabetes? Yap, diabetes dibagi menjadi 2 tipe yaitu diabetes tipe 1 dan juga diabetes tipe 2, lalu apa bedanya?

Penderita dengan diabetes tipe 1 membuat pankreas tidak dapat atau hanya sedikit memproduksi hormon insulin yang berguna untuk mengendalikan gula darah. Sedang penderita diabetes tipe 2 membuat sel-sel tubuh kurang sensitif terhadap hormon insulin, meskipun produksi hormon insulin normal.

Nah, dari situ kita bisa membedakan bahwa orang penderita diabetes tipe 1 wajib suntik insulin secara rutin agar dapat mengendalikan kadar gula pada tubuh, Sedangkan orang dengan penderita diabetes tipe 2 dapat ditangani secara dini dengan melakukan pengobatan dan juga terapi, baik dengan atau tanpa pengawasan medis.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kali ini kami akan membahas 6 cara pengobatan dan terapi alami untuk orang dengan penderita diabetes tipe 2.

1.Terapi Duwet

Terapi Duwet

Mungkin beberapa dari kalian ada yang sudah tau dan juga ada yang masih bertanya tanya apa sih terapi duwet. Duwet atau buah jamblang adalah salah satu jenis buah yang sering sekali digunakan untuk terapi diabetes,atau dalam bahasa ilmiah nya yaitu Syzygium cumini Meskipun namanya terdengar asing tapi duwet atau buah jamblang  ini ternyata cukup populer di sejumlah daerah di Indonesia dengan nama nama yang berbeda yaitu, jambolan, plum hitam, plum jawa, hingga blackberry indian, Meskipun bentuk nya terlihat seperti anggur tetapi sebenarnya duwet termasuk dalam jenis suku jambu-jambuan Lalu, apa khasiat dan manfaat duwet untuk orang yang menderita diabetes?

Duwet atau buah jamblang ini telah lama digunakan oleh orang India sebagai pengobatan dan juga terapi alami untuk mengatasi diabetes dan menurut Drs. H. Arief Hariana, duwet memiliki sifat antidiabetes dan mengandung tanin yang bisa menurunkan kadar gula dalam darah, Cara pengobatannya terbilang cukup mudah, cuci buah duwet sampai bersih 15 biji duwet yang sudah dikeringkan, kemudian dihaluskan dan dimasak dengan air hingga mendidih minum air rebusan duwet 3 kali sehari untuk mendapatkan manfaatnya.

2.Terapi Kayu Manis

Terapi Kayu Manis

Nah jenis terapi atau pengobatan diabetes tipe 2 selanjutnya yaitu dengan kayu manis, mungkin beberapa dari kalian akan bertanya tanya dan heran, karena setau kalian kayu manis itu adalah salah satu rempah untuk memasak namun menurut Jurnal Diabetes Care dan Agricultural Research Magazine, kayu manis terbukti sangat bermanfaat sebagai terapi alami penderita Diabetes tipe 2 dan  Menurut penelitian jurnal tersebut kayu manis sangat berguna untuk menurunkan kadar glukosa darah dan kolesterol, Dari penelitian tersebut mengonsumsi kayu manis sebanyak 1 gram setiap hari dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu menyembuhkan gejala diabetes dan juga dapat menjaga lonjakan gula darah setelah makan.

Meskipun begitu, kalian juga harus tau kalau ada aturan dan cara khusus dalam meracik kayu manis sebagai terapi alami diabetes lalu bagaimana caranya? Sediakan kayu manis 2 batang dengan panjang masing-masing 5 centimeter Kemudian rebus dengan air 200 ml hingga mendidih lalu minum selagi hangat, minum air rebusan kayu manis 2 kali sehari agar efektif turunkan kadar gula darah dalam tubuh.

3.Terapi Ciplukan

Terapi Ciplukan

Yang selanjutnya ini adalah buah yang sering sekali anak tahun 90an cari cari nihh karena rasa nya yang asem manis dan buah ini juga sering sekali di temukan ditepian sungai atau taman kota dan biasanya ciplukan tumbuh liar di Indonesia dan tidak sedikit orang menanam ciplukan untuk mendapatkan manfaatnya selain itu cipulakan sekarang ini sudah banyak sekali tersedia di supermarket dan harga untuk buah ciplukan terbilang murah dan mudah dibudidayakan serta memiliki banyak manfaatnya lalu apa saja sihh manfaat buah cipulakan ini?

Biasany buah ciplukan yang sudah matang akan berwarna kuning dan mengandung asam malat, alkaloid, tanin, kriptoxantin, dan vitamin C yang sangat bermanfaat bagi penderita diabetes, Selain itu akar dan batang ciplukan juga mengandung saponin untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh Lalu bagaimana cara mengolahnya?

Sediakan 1 tanaman utuh ciplukan yang sudah berbuah matang bersihkan tanaman dari akar, batang, daun, hingga buahnya, kemudian diamkan sampai layu, Setelah layu, rebus tanaman dengan 3 gelas air rebus sampai mendidih dan menyisakan 1 gelas air saja Lalu minum air rebusan ciplukan satu kali sehari saja.

Namun kamu juga harus ingat ini yaa jangan pernah sesekali memakan buah cipulakan yang masih mentah atau belum matang Karena jika belum matang dan masih warna hijau buahnya malah mengandung racun yang dapat memicu kram, diare, bahkan kerusakan pada jantung Jadi pantau terus buahnya hingga kuning keemasan ya!

4.Terapi Daun Kelor

 

Daftar selanjutnya adalah terapi alami dengan daun kelor yang sudah terkenal dalam dunia herbal, daun kelor ini terkenal sekali dengan cara menanam nya yang tidak terlalu susah dan juga rumit kamu dapat menanam atau membudidayakan daun kelor ini di tanah yang bahkan tidak terlalu subur, bahkan tidak sedikit orang yang menggunakan daun kelor sebagai bahan masakan, obat tradisional, hingga suplemen, Memangnya apa manfaat daun kelor bagi kesehatan tubuh?

Daun kelor juga memiliki sifat antidiabetes dan mengandung beta karoten, thiamin, riboflavin, kalsium, vitamin C, karbohidrat, ferum, magnesium, fosfor, kalium, dan zinc, Sehingga sangat efektif untuk mengobati orang dengan penderita diabetes tipe 2, Cara mengelolah daun kelor ini terbilang cukup mudah, siapkan sekitar 5 gram daun kelor dan cuci sampai bersih tanpa meremasnya Lalu rebus menggunakan 3 gelas air dan tunggu hingga menyusut jadi 1 gelas, Lalu minum air rebusan daun kelor tersebut Perlu diingat bahwa daun kelor memiliki efek samping kurang baik bagi ibu hamil Maka dari itu, tetap konsultasikan ke dokter mengenai cara terapi alami daun kelor.

5.Terapi Kunyit

Terapi Kunyit

Nahh buat ibu ibu pasti sangat tau sekali dengan jenis rempah masakan yang satu ini karena sering sekali digunakan sebagai salah satu jenis rempah unutk membuat berbagai masakan yaitu kunyit. kunyit sering digunakan sebagai bahan dan pewarna makanan seperti nasi kuning, lontong kari, dan soto, Namun tahukah kamu bahwa ternyata kunyit sangat bagus untuk penderita Diabetes tipe 2? Didalam kunyit ternyata memiliki kandungan yang sangat efektif yaitu antioksidan dapat menjadi obat efektif Diabetes tipe 2.

Cara terapinya juga tidak susah Sediakan 300 mg kunyit lalu seduh, jika kamu malas membuat nya cari saja tukang jamu keliling karena biasanya ada berbagai jenis jamu dan salah satu nya adalah kunyit dan  Berdasarkan studi jurnal Diabetes Care jika kamu mengonsumsinya selama 9 bulan itu dapat mencegah perkembangan Diabetes tipe 2 dan mencegah terjadinya komplikasi diabetes. Selamat mencoba!

6.Lakukan Gaya Hidup Sehat

Lakukan Gaya Hidup Sehat

Nahh cara yang terakhir ini terbilang cukup mudah namun banyak orang susah untuk menjalaninya yaitu gaya hidup sehat.
gaya hidup sehat kali ini khusus untuk penderita diabetes lalu Ada tips apa saja? Yang pertama adalah sering-seringlah kamu minum air putih untuk membantu tubuh menghilangkan kelebihan glukosa melalui urin Selain itu kamu juga dianjurkan untuk berolahraga secara ringan namun rutin di rumah bisa kamu lakukan dengan jogging atau senam aerobik.

Selain itu, penderita Diabetes tipe 2 juga dianjurkan melakukan diet khusus bernama Mediterania. Caranya yaitu isi menu makanan dengan bahan utama tumbuhan seperti buah, sayur, biji-bijian, dan kacang-kacangan lalu ganti semua lemak jahat menjadi lemak baik seperti minyak zaitun Kemudian ganti seluruh bumbu buatan menjadi bumbu alami dari rempah-rempah seperti basil, biji seledri, jinten, dan bawang putih dan yang terakhir adalah membatasi konsumsi daging.

Dan itulah 6 cara pengobatan dan terapi alami untuk penderita Diabetes tipe 2 perlu kamu ketahui bahwa pengobatan dan terapi alami tidak selalu mendatangkan manfaat yang sama bagi semua orang bahkan ada beberapa orang yang malah mengalami efek samping yang tidak diinginkan karena alergi, sedang hamil, dan konsumsi berlebihan atau bersamaan dengan pengobatan lainnya.

Maka dari itu, jangan konsumsi obat herbal di atas secara bersamaan dan tetap konsultasikan ke dokter serta monitor kadar gula darah secara teratur untuk mengetahui apakah obat herbal bekerja dengan baik atau tidak semoga kita semua tetap sehat ya!

Ikuti tulisan menarik Bayu Firmansyah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu