Vitamin dan Suplemen Terbaik untuk Pertumbuhan Rambut - Urban - www.indonesiana.id
x

image: Cleveland Clinic Health Essentials

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Selasa, 16 Agustus 2022 12:19 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Vitamin dan Suplemen Terbaik untuk Pertumbuhan Rambut

    Dari pewarnaan dan kerusakan akibat panas hingga penuaan dan masalah kesehatan, ada banyak alasan mengapa Anda mungkin ingin meningkatkan pertumbuhan rambut Anda.

    Dibaca : 959 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Zat besi, biotin, dan asam lemak omega-3 dapat membantu helai rambut Anda

    Anda ingin rambut sangat sehat sehingga bersinar. Tetapi bisakah sesuatu selain gen yang baik mengubah Anda menjadi iklan sampo berjalan?

    Ya, kata dokter kulit Shilpi Khetarpal, MD, dengan bantuan beberapa vitamin untuk pertumbuhan rambut seperti vitamin A dan biotin serta asam lemak omega-3.

    Dari pewarnaan dan kerusakan akibat panas hingga penuaan dan masalah kesehatan, ada banyak alasan mengapa Anda mungkin ingin meningkatkan pertumbuhan rambut Anda.

    Dr. Khetarpal menjelaskan vitamin mana yang harus ditargetkan dan hasil seperti apa yang dapat Anda harapkan.

    Vitamin dan suplemen untuk membantu pertumbuhan rambut

    Diet yang seimbang adalah kunci pertama untuk rambut terbaik. Tetapi Anda mungkin masih memerlukan bantuan ekstra untuk memulai pemulihan rambut Anda.

    “Dokter perawatan primer atau dokter kulit Anda dapat membantu Anda menentukan dengan aman sampo dan suplemen penumbuh rambut mana yang paling tepat,” kata Dr. Khetarpal.

    Berikut adalah enam yang perlu dipertimbangkan untuk kepala penuh kunci mewah.

    1. Multivitamin

    Multivitamin dapat membantu menjembatani kesenjangan nutrisi Anda. Dr Khetarpal merekomendasikan satu dengan vitamin B, seng dan setidaknya 2.000 unit internasional vitamin D.

    Baik vitamin B dan seng berperan dalam kesehatan folikel rambut, dengan vitamin B membantu dalam pembentukan sel darah merah. Dan vitamin D dapat membantu membuat yang baru.

    Anda dapat menemukan vitamin B dalam makanan seperti makanan laut, gandum utuh, dan sayuran berdaun gelap. Sedangkan untuk seng, mineralnya ada dalam makanan seperti daging sapi, lentil, tiram, dan bayam.

    Dan jika Anda makan ikan berlemak, jamur dan jus yang diperkaya, susu dan sereal, Anda akan mendapatkan dosis vitamin D alami.

    2. Vitamin A

    Apa jaringan yang tumbuh paling cepat di tubuh Anda? Anda dapat menebaknya - rambut Anda. Dan vitamin A sangat penting bagi sel-sel Anda untuk tumbuh, yang, pada gilirannya, membantu rambut Anda tumbuh.

    Kelenjar kulit Anda juga mendapat manfaat dari vitamin A, menggunakannya untuk menghasilkan sebum. Sebum (minyak) menjaga kelembapan kulit kepala dan menjaga kesehatan rambut.

    Tetapi jangan berlebihan dengan vitamin A, karena terlalu banyak bisa menyebabkan rambut rontok.

    Tunjangan harian yang direkomendasikan (RDA) vitamin A adalah 700 mikrogram untuk wanita dan 900 mikrogram untuk pria.

    Anda juga dapat menemukan vitamin A secara alami dalam makanan seperti susu, telur, yogurt, ubi jalar, wortel, bayam, labu, dan kangkung.

    3. Vitamin C

    Anda mungkin sudah tahu bahwa vitamin C adalah pembangkit tenaga listrik dalam hal kulit Anda.

    Tetapi ketika menyangkut rambut Anda, ini membantu melawan radikal bebas, yang dapat membuat rambut Anda menua dan menghalangi pertumbuhan apa pun.

    Dan vitamin C sangat penting dalam menciptakan kolagen. Protein digunakan untuk membuat keratin – protein yang sebagian besar terbuat dari rambut.

    Dan jika Anda makan stroberi, paprika, atau buah jeruk, Anda akan mendapatkan dosis vitamin C alami.

    4. Besi

    Zat besi digunakan oleh sel darah merah untuk membawa oksigen. Namun zat besi juga penting untuk pertumbuhan dan kesehatan rambut.

    Kekurangan zat besi juga menyebabkan anemia, yang dapat menyebabkan rambut rontok.

    “Jika Anda makan daging merah kurang dari dua atau tiga kali seminggu, pertimbangkan suplemen zat besi,” saran Dr. Khetarpal.

    Makanan yang mengandung zat besi termasuk daging merah, sayuran berdaun gelap dan kacang-kacangan seperti lentil, tahu dan kacang-kacangan.

    5. Asam lemak omega-3

    Omega-3 secara alami terdapat dalam makanan seperti kerang dan biji rami, tetapi Anda juga dapat menemukannya dalam suplemen seperti minyak ikan.

    Ini penting untuk kesehatan sel dan dianggap membuat kulit kepala dan rambut Anda lebih sehat.

    6. Biotin

    Mengambil biotin untuk pertumbuhan rambut mungkin hanya apa yang diperintahkan stylist. Dan karena ini adalah vitamin B yang larut dalam air, kelebihan apa pun akan keluar dari tubuh Anda melalui urin.

    Dr Khetarpal merekomendasikan mengambil 3 sampai 5 miligram setiap hari.

    Anda juga bisa mendapatkan biotin dari diet Anda dengan makan makanan seperti kuning telur, biji-bijian, ikan, biji-bijian, kacang-kacangan, ubi jalar, brokoli, kembang kol dan daging.

    Obat penumbuh rambut lainnya

    Dr. Khetarpal juga menyarankan untuk mempertimbangkan hal-hal berikut untuk membantu tujuan pertumbuhan rambut Anda.

    Zinc Pyrithione

    Zinc pyrithione adalah bahan aktif dalam beberapa sampo anti ketombe yang dijual bebas. Dan sampo ini memiliki manfaat tersembunyi.

    “Mereka juga terbukti menumbuhkan rambut,” kata Dr. Khetarpal. “Ini karena kita semua memiliki ragi yang hidup di kulit kepala. Jika ragi itu tumbuh terlalu banyak, peradangan mikroskopis menyebabkan rambut kita rontok. Anda dapat menggunakan sampo penumbuh rambut ini untuk meningkatkan kesehatan kulit kepala dan rambut, bahkan jika Anda tidak memiliki ketombe atau pengelupasan.”

    Minoksidil

    Minoxidil (Rogaine®) adalah busa atau larutan yang Anda aplikasikan langsung ke kulit kepala Anda. Meskipun ini bisa menjadi cara yang efektif untuk menumbuhkan kembali rambut di kepala Anda, cara ini mungkin bekerja terlalu baik.

    “Ini memiliki efek medan – jika Anda meletakkannya di satu area, Anda mungkin melihat pertumbuhan rambut di wajah Anda,” Dr. Khetarpal memperingatkan. "Ini juga tidak boleh digunakan oleh wanita yang sedang hamil atau menyusui."

    Apa yang diharapkan?

    Pertama, mari kita mulai dengan mengapa rambut Anda bisa rusak. Mewarnai, mengeringkan, dan mencuci rambut secara berlebihan dapat membahayakan rambut Anda, tetapi ada juga ranjau darat lain yang harus diwaspadai:

    • Nutrisi yang tidak memadai. Rambut - seperti apa pun yang tumbuh - membutuhkan nutrisi dan kondisi yang tepat untuk berkembang. Dan itu dimulai dengan apa yang Anda makan (seperti disebutkan di atas).
    • Masalah kesehatan. Kondisi medis tertentu, seperti masalah tiroid dan anemia, dapat berdampak negatif pada kesehatan dan pertumbuhan rambut.
    • Genetika. Antara 60% dan 70% populasi membawa gen untuk pola kerontokan rambut pria dan wanita.
    • Usia. “Pada waktu tertentu, kami memiliki rambut yang tumbuh, beristirahat, dan rontok,” jelas Dr. Khetarpal. "Tetapi saat kita memasuki usia 30-an, persentase rambut yang tumbuh aktif turun."
    • Peristiwa besar dalam hidup. Semua rambut (sehat atau tidak) memiliki siklus hidup yang relatif singkat. “Itu normal untuk melepaskan antara 100 dan 200 helai sehari,” catat Dr. Khetarpal. “Tetapi beberapa peristiwa kehidupan menyebabkan periode peningkatan kerontokan, termasuk operasi besar dan memiliki bayi. Faktanya, hingga setengah dari rambut Anda dapat berubah dari fase tumbuh ke fase kerontokan setelah melahirkan.”

     

    Dr. Khetarpal mengatakan bahwa keberhasilan menggunakan suplemen atau produk lebih bergantung pada durasi kerontokan rambut daripada yang lainnya. Orang yang telah kehilangan rambut hanya selama dua atau tiga tahun lebih mungkin untuk melihat hasil yang nyata daripada mereka yang kehilangan rambut selama 10 atau 20 tahun.

    “Anda mungkin bisa mengembalikan rambut Anda seperti lima tahun lalu, tetapi tidak lebih dari itu. Itu adalah folikel rambut yang bisa dibangunkan dengan suplementasi nutrisi dan perawatan medis,” katanya. “Rambut yang sudah terlalu tipis dan halus tidak bisa lagi menembus dan keluar dari permukaan kulit kepala. Anda harus masuk akal dengan harapan Anda. ”

    ***
    Solo, Senin, 15 Agustus 2022. 2:04 pm
    'salam hangat penuh cinta'
    Suko Waspodo
    suka idea
    antologi puisi suko

     

    Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.