Mahasiswa KKN Unej Dorong Produk Unggulan Dadapan Go Digital - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

KKN 270 DADAPAN UNEJ

Kelompok KKN 270 Desa Dadapan UNEJ
Bergabung Sejak: 22 Juli 2022

Jumat, 19 Agustus 2022 14:52 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Mahasiswa KKN Unej Dorong Produk Unggulan Dadapan Go Digital

    Mahasiswa KKN Tematik Universitas Jember Kelompok 270 yang ditempatkan di Desa Dadapan, Bondowoso memiliki program kerja yaitu optimasi pemasaran produk anyaman bambu. Upaya tersebut diwujudkan melalui pembuatan katalog digital anyaman bambu dan pemetaan lokasi melalui gmaps. Harapan daripada upaya ini adalah sebagai branding terhadap produk anyaman bambu lokal yang sebelumnya mengalami kendala dalam hal pemasaran dan pengenalan produk.

    Dibaca : 345 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Persaingan dalam dunia bisnis di era modern saat ini semakin ketat dengan adanya dukungan perkembangan teknologi. Hal tersebut memungkinkan para pelaku bisnis maupun usaha di luar sana mengembangkan media promosi bisnis atau usahanya supaya lebih berkembang. Proses branding produk bisa dilakukan dengan memanfaatan teknologi. Namun tidak semua masyarakat dapat menjalankan peluang tersebut. Kendala dalam penguasaan teknologi menjadi permasalahan mendasar yang menyebabkan banyak pelaku usaha belum bisa memaksimalkan teknologi dalam pengembangan usahanya. Selain itu faktor usia juga menjadi penghambat dimana banyak pelaku usaha yang sudah berumur dan tidak bisa mengoperasikan perangkat elektronik.

    Contoh kasus terdapat Desa Dadapan yang memiliki potensi anyaman bambu sebagai produk kerajinan yang memiliki nilai keunikan dalam seperti ramah lingkungan, multi-fungsi, dan menguntungkan. Tetapi para pengrajin belum memaksimalkan penggunaan teknologi digital  dalam pengembangan usahanya. Di sisi lain pemasaran hanya dilakukan melalui sistem  pengepul, sehingga calon konsumen tidak mengetahui asal produk yang mereka beli. Kurangnya informasi terkait produk tersebut serta pilihan jenis produk menjadikan poin negatif bagi konsumen. karena setiap produksi langsung terjual, tidak ada dokumentasi jenis produk, dan belum ada daftar kerajinan yang menarik.

    Hal ini menjadikan mahasiswa KKN tematik Unej kelompok 270 yang beranggotakan Luky Tri Hermawan, Rika Sofi Nurlaili, Nurhapisah, Ika Herta Suryaningsih, Bergas Wahyu Sejati, Attalarik Zulva Ar Rafi, Dimas Ristian Putra, Nur Fahmi Hidayat, Ghea Permata Fadillah dan  Mochammad Fakhri Roivansah dibawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Bapak dr. Yudha Nurdian, M. Kes. mengambil langkah untuk mempromosikan produk  anyaman melalui pembuatan katalog digital.

    Katalog Digital Anyaman Bambu Desa Dadapan

    Katalog Digital Anyaman Bambu Desa Dadapan

    Katalog Digital Anyaman Bambu Desa Dadapan

    Katalog Digital Anyaman Bambu Desa Dadapan

    Katalog Digital Anyaman Bambu Desa Dadapan

    Katalog Digital Anyaman Bambu Desa Dadapan

    Katalog digital adalah sebuah dokumen digital yang dibuat untuk memudahkan calon pelanggan mempelajari sebuah produk atau layanan secara interaktif. Katalog digital juga merupakan media promosi untuk suatu produk yang berbasis multimedia. Katalog digital tersebut disusun secara rinci dan menarik, sehingga dapat menarik calon pelanggan baru. Penggunaan katalog diharapakan mempermudah calon konsumen untuk mendapatkan informasi lengkap tanpa harus mendatangi tempat produsen. Konsumen dapat memilih dan menentukan produk mana yang akan dibeli, tanpa harus berkomunikasi langsung dengan produsen. Hal ini dimungkinkan terjadi karena katalog dilengkapi dengan rincian produk dan tentunya informasi detail mengenai produsen. 

    Ikuti tulisan menarik KKN 270 DADAPAN UNEJ lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.