x

Iklan

KKN UNEJ Desa Grujugan Kidul - Grujugan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 Juli 2022

Jumat, 19 Agustus 2022 14:59 WIB

Mahasiswa KKN Unej Pandu Terapkan Higiene Gigi dan Mulut Pada Anak-Anak SD di Grujugan Kidul


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Senin (15/08/2022) bertempat di SDN Grujugan Kidul 1, Mahasiswa KKN Unej Kelompok 269 helat penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut yang diikuti oleh 84 siswa. Kegiatan dimulai pasca upacara bendera dan dibuka dengan penerimaan dari pihak kepala sekolah. Kelompok 269 melakukan briefing terkait penataan alat praktik dan peraga, serta simulasi barisan siswa supaya kondusif dalam mengikuti rangkaian kegiatan yang ditargetkan dimulai pukul 09.00 WIB. Lima orang guru termasuk kepala sekolah turut serta mengatur siswanya dengan mengarahkan ke lapangan sekolah yang dipilih sebagai letak penyuluhan dilakukan.

Partisipan berasal dari peserta didik kelas 1 sampai kelas 3 yang memperoleh masing-masing satu sikat gigi, odol, dan gelas untuk berkumur. Sejumlah fasilitas yang dapat dari sponsor Puskesmas Pembantu Desa Grujugan Kidul setelah mahasiswa Kelompok 269 melakukan konsolidasi dan pengajuan alat praktik.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan pemberian materi dasar yang dijelaskan secara komunikatif mulai dari: jenis-jenis gigi, penyebab dari masalah gigi seperti gigi berlubang seperti cara pencegahannya, waktu optimal untuk menyikat gigi, dan belajar cara menyikat gigi yang baik dan benar. Penjelasan mengenai materi ditutup dengan permainan berupa peserta diajak untuk menentukan makanan yang dapat menyebabkan gigi berlubang dan makanan yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan gigi. Terdapat dua gambar gigi yang separuh dihitamkan, separuh dalam kondisi bagus. Kemudian 4 perwakilan siswa diminta menempelkan stiker berbentuk makanan (permen, cokelat, dan sayur-mayur juga buah-buahan) yang tepat untuk menunjukkan keadaan gigi paling sesuai dengan gambar model yang ditunjukkan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mahasiswa Kelompok 269 dipimpin oleh dua mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Gigi, Aulifia Rahmawati dan Reza Nur Aulia, selanjutnya mengarahkan siswa untuk mempraktikkan langsung cara menyikat gigi dengan fasilitas yang telah disediakan. Antusiasme siswa membuat kegiatan penyuluhan berjalan seru dan menyenangkan. Melalui penyuluhan Kesehan Gigi dan Mulut, didapati masih banyak siswa yang belum memahami cara-cara menyikat gigi yang benar seperti: terlalu banyak penggunaan odol yang tidak sesuai usia, arah menyikat gigi supaya sisa makanan dapat terangkat, hingga beberapa siswa belum tahu cara berkumur yang baik (mereka cenderung menelan hasil kumurannya).  

Penyuluhan tersebut merupakan wujud dari kepedulian dan kepekaan Kelompok 269 dalam melihat pentingnya edukasi merawat mulut dan gigi sejak dini. Harapan dari KKN Unej Kelompok 269 dibawah bimbingan DPL dr. Yudha Nurdian, M.Kes., semoga generasi muda di Grujugan Kidul menyadari bahwa kebiasaan sehari-hari seperti menyikat gigi yang baik dan benar, merupakan satu usaha kecil yang berdampak dalam merawat kesehatan gigi dan mulut.

Ikuti tulisan menarik KKN UNEJ Desa Grujugan Kidul - Grujugan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler