KKN 321 Unej Observasi Potensi di Desa Kemuningan - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

kkn321 kemuningan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Juli 2022

Jumat, 19 Agustus 2022 15:15 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • KKN 321 Unej Observasi Potensi di Desa Kemuningan

    Kelompok KKN 321 UNEJ Mengabdikan diri selama 35 Hari dalam rangka mengembangkan potensi desa Kemuningan, Bondowoso berdasarakan potensi desa.

    Dibaca : 259 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) oleh mahasiswa dilakukan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Peran mahasiswa yakni menyalurkan ide dan mengembangkan potensi yang dimiliki masyarakat desa. Dimana Potensi desa merupakan sumber daya yang dimiliki desa sehingga memberikan dampak positif bagi masyarakat.

    Desa Kemuningan, Kecamatan Taman Krocok, yang terletak di Kabupaten Bondowoso merupakan salah satu desa yang memiliki potensi dan dikembangkan yakni madu. Masyarakat percaya bahwa madu sangat berkhasiat bagi kesehatan. Hal tersebut melatarbelakangi mengapa keluarga Pak Andre mengembangkan usaha ini secara turun-temurun. Selama menggeluti usaha madu ini, Pak Andre selalu menjaga kualitas madu yang dijualnya. “Seiring dengan banyaknya madu palsu yang beredar di pasar menyebabkan pembeli tidak percaya, maka dari itu menyebabkan pak andre hanya memproduksi madu murni” ungkapnya.

    Pak Andre selaku produsen dan penjual madu mengatakan memiliki keterbatasan dalam hal branding produk seperti pembuatan logo dan nama brand. Permasalahan lain yang muncul dalam hal pemasaran produk yang masih terbatas hanya melalui mulut ke mulut, dan whatsapp.

    Kelompok 321 KKN Tematik UNEJ memiliki rencana untuk mengembangkan potensi desa kemuningan dengan upaya peningkatan pemasaran produk dan dari segi branding. Dengan optimalisasi media sosial atau marketplace dan pembuatan brand kemasan. Output yang diharapkan Kelompok KKN 321 UNEJ adalah meluasnya pasar produk madu hingga keluar daerah maupun mancanegara dengan brand dari desa kemuningan.

    Upaya mewujudkan hal tersebut Tim KKN 321 UNEJ yang dibimbing oleh Akhmad Munif Mubarok, S.Sos, M.Si. dan beranggotakan M. Ravi Ainul Yaqin, Kurniawati, Ning Fiki Ratna, Irfan Yanuar Chandra, Agustin Dinda Prameswary, Siti Nurhayati, Lita Putri Ayu Lestari, Zahrah Mayang Sari dan Mar’atus Solikah rencanakan kader pemasaran yakni kelompok usaha madu yang nantinya diharapkan akan menjadi pilar mulai dari mengelola sampai dengan memasarkan produk madu tersebut.

    Launching produk dengan nama “Madu Pandawa Kemuningan” diharapkan bisa meningkatkan penjualan produk madu hingga menembus mancanegara.

    Ikuti tulisan menarik kkn321 kemuningan lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.