Overthinking Masa Depan - Analisis - www.indonesiana.id
x

Katalia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 18 November 2021

Jumat, 19 Agustus 2022 15:21 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Overthinking Masa Depan


    Dibaca : 372 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Dulu saja waktu masih kecil, gampang banget ketika di tanya mau jadi apa nanti besar? dulu kita, pengin banget jadi orang hebat, pengin jadi dokter, polisi, pilot, guru, dll. Seakan-akan kita udah tahu, gimana nanti rasanya jadi dokter, pilot, polisi. Padahal, sebenarnya, kita tidak terlalu menginginkan itu, dan tidak terlalu suka dalam setiap prosesnya. 

    Kalo kalian, dulu pengin jadi apa? 

    Terus, sekarang apa impian waktu kecil sudah terwujud? 

    Ketika kita masih SMA, pengin cepet lulus, lalu kuliah. Ketika kuliah, pengin juga cepet wisuda, terus kerja. Dan yang kerja? 

    Apa yang kita imajinasikan belum tentu semulus itu jalannya. Apa yang kita inginkan, belum tentu juga bakal, terwujud. Setiap orang yang sukses, itu pasti mengalami kegagalan. Entah itu satu kali, dua kali, atau bahkan beribu-ribu kali. 

    Sekarang banyak banget para remaja yang sedang bingung, akan masa depannya. Nanti, kita mau jadi apa ya kira-kira? 

    Apa kita semua sudah ada bayangan, mau jadi apa nanti? 

    Jawabanya, nggak tahu. 

    Ya, kita sedang bingung, ragu. Sekolah bertahun-tahun tapi, nggak tahu apa-apa. Mana ilmu yang kita dapet? mana pengalaman yang kita dapet? apakah, dulu kita memanfaatkan waktu sebaik-baiknya ketika di sekolah? 

    Baru sadar ya, sekarang, nyesel. Dan baru ngerasain dampaknya sekarang. 

    Okeh, nggak apa-apa. Penyesalan terkadang selalu datang di akhir. Sekarang, yang harus kita lakukan adalah introspeksi diri, merenung, memperbaiki diri, dan tanya, apa sebenarnya diri ini yang kita inginkan. 

    Apa yang harus diri ini lakukan, agar dapat berdampak positif untuk masa depannya. Kita tidak perlu takut untuk mencoba, tidak perlu takut untuk gagal. Karena, percaya deh, semua yang kita usahakan nggak ada yang sia-sia. 

     

    Cukup serahkan aja sama Allah, karena Allah Maha Tahu. Sedangkan, kita tidak. Kita cukup berusaha semaksimal mungkin, dan berdo'a. Urusan hasil, biar Allah nanti yang akan tentukan. 

     

    Entah apapun nanti hasilnya, tetep harus bangkit lagi dan semangat lagi. Biarpun, itu harus memulai lagi, nggak apa-apa, nikmati aja prosesnya. 

     

    Rasanya emang, lelah banget. Tapi, kamu hebat bisa melewati semua ini. You are doing great!! 

    Ikuti tulisan menarik Katalia lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.