x

Iklan

museisman

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 22 Agustus 2022

Selasa, 23 Agustus 2022 16:32 WIB

Mimpi


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Baru baru ini saya menemukan mimpi saya dalam bentuk lain. Pengen me,ihat orang lain khususnya anak anak yang tak punya kesempatan kayak kita, merasakan yang namanya pendidikan. Tidak harus formal, platformnya bisa apa aja. Ingin mereka punya power itu. Gue kepingin mereka punya power atas hak-haknya. Ingin me,ihat anak anak, tuh, passionate ngomongin mimpi-mimpi mereka.

Singkat cerita saya ter-trigger oleh satu video yang saya tonton di Youtube minggu lalu. Di video itu ada dua anak yang kerjaannya jadi 'pak ogah' di jalanan. Saat ditanya, satunya masih sekolah dan satunya sudah putus sekolah dua tahun lalu. Si anak ini ditanyain nama presiden pertama, mereka tidak tahu. Ditanyain siapa presiden Indonesia sekarang mereka juga tidak tahu. Mereka cuman hafal nama nama orang orang yang ada di baliho jalanan.  

Man, andai, andai aja dia punya kesempatan kayak saya mungkin mereka bisa lebih dari saya. Katanya satu-satunya cara agar ilmu yang kita punya itu tak terputus adalah dengan membagikannya ke orang lain. Jadi, alasan kenapa saya merasa ingin terjun dan ingin punya kontribusi di bidang edukasi adalah itu. Lewat pendidikan kita bisa membagi dan mendapatkan banyak hal, yang jelas tak ternilai harganya. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bahwa pendidikan bukan sebatas mengejar nilai. Esensinya bukan itu. Pendidikan itu mengantar kita dari yang tidak tahu jadi tahu. Sesederhana itu. Ketika kita tahu, ketika kita terpapar oleh informasi dan pengetahuan,  kita jadi tahu mana yang benar dan tidak. Apa yang seharusnya kita lakukan. Lewat pendidikan juga, kita bisa menyentuh sesuatu yang bahkan gak bisa kita lihat. Hati nurani. 

Yakin sekali banyak hal baik yang mulanya berawal dari pendidikan. Bayangkan jika kita mendapatkan pendidikan dini yang baik, pembangunan karakter lewat pendidikan yang mampu mengantar kita jadi manusia yang terberdaya. 

Pendidikan bikin kita punya power. Tapi tak hanya itu, pendidikan yang berhasil mengantarkan kita menggunakan power itu to do the right things. Senang rasanya melihat orang orang yang sangat passionate ngomongin pendidikan. 

Progres dari pendidikan ditiap anak anak bakal beda beda. Anak yang pandai matematika adalah salah satu bentuk pendidikan yang sangat common di lingkungan kita. Tapi tak hanya itu hasilnya anak-anak yang pandai seni adalah bentuk pendidikan yang lain. Anak anak yang punya good attidue, good manners adalah bentuk lain dari pendidikan. I mean being kind to people, being nice is one of the result that education gave to us. Although, we're rarely see that. 

Menjadi manusia yang punya kuasa atas dirinya sendiri dan tau bahwa setiap diri manusia punya haknya masing masing. Gue merasa tersentuh ketika orang melakukan sesuatu kebaikan karena hati nuraninya. Kebaikan itu powerful, dan menggunakan hati nuraninya it's powerful even more. 

 

Ikuti tulisan menarik museisman lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler