x

Ilustrasi pemerintah.

Iklan

Septi Yadi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 Januari 2021

Kamis, 25 Agustus 2022 07:17 WIB

Kebijakan Kontroversial Pemerintah, Biang Kerok Hilirisasi Nikel Bisa Terhambat

Kebijakan demi kebijakan kontroversial yang dibuat pemerintah Indonesia malah tak menguntungkan pihak investor yang berperan besar dalam pengembangan industri dalam negeri. Jika hal ini diteruskan, dikhawatirkan cita-cita hilirisasi industri Indonesia yang digencarkan sejak 2009 bisa mandek!

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Hilirisasi industri terutama di produk nikel sudah lama digaungkan oleh pemerintah bahkan sejak 13 tahun yang lalu saat Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara diberlakukan.

Lebih lanjut, pada 2010, Kementerian Perindustrian menginisiasikan hilirisasi industri untuk mendapatkan value added produk bahan mentah, memperkuat struktur industri, menyediakan lapangan kerja, dan memberikan peluang usaha di Indonesia.

Kebijakan larangan ekspor nikel mentah pun turut menjadi bagian dari cerita hilirisasi industri yang dapat membuat produk mineral negeri ini bernilai tinggi dan berdaya saing di pasar global. Namun nampaknya, cita-cita hilirisasi Indonesia bisa terancam tak berjalan, justru karena ulah pembuat kebijakan itu sendiri. Kok bisa?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kebijakan Kontroversial Pemerintah Indonesia Rugikan Investor

Meski larangan ekspor nikel mentah tak serungsing yang terjadi di sektor batu bara, namun baru-baru ini muncul kebijakan baru yang membuat pusing para pengusaha dan juga investor di sektor nikel yaitu dengan diberlakukannya PP No. 26  Tahun 2022 tentang pajak progresif untuk ekspor nikel. 

Kebijakan Ekspor Nikel, Konsultan Industri: Bisa 'Menakuti' Calon Investor

Sebenarnya apa, sih, pajak progresif untuk ekspor nikel dan mengapa hal itu membuat pusing para pengusaha dan investor nikel? Sesederhana ini, nantinya produk nikel akan dikenakan pajak jika diekspor ke luar negeri. Selain itu, pajak progresif juga membuat perusahaan tambang yang terintegrasi dengan pabrik smelter harus membayar pajak hasil produk akhirnya. Semua itu diluar pajak badan perusahaan dan pajak karyawan yang telah dibayarkan selama ini.  

Para pengusaha dan investor tambang nikel sudah mengetahui rencana ini kala Deputi Bidang Investasi dan Pertambangan Kemenko Marves, Septian Hario Seto mengungkap maksud dan tujuan dari pemberlakuan pajak progresif untuk ekspor nikel di awal tahun 2022 lalu. Kala itu, ia menyebutkan bahwa nantinya akan ada 2 produk nikel yang dikenakan pajak ekspor yaitu Nickel Pig Iron (NPI) dan Ferronickel (FeNi).

“Kami ingin mendorong hilirisasi nikel lebih jauh lagi. Kami ingin memberikan dorongan supaya investasi jangan hanya berhenti di nickel pig iron dan feronikel saja, tetapi juga investasi ke produk nikel yang memiliki nilai tambah lebih tinggi," terang Seto, pada Januari silam.

Namun, pengusaha dan investor seolah-olah terperangkap saat yang termaktub di PP No 26 tahun 2022 terbaru tak hanya 2 produk NPI dan Feronikel yang dikenakan pajak ekspor tetapi bertambah juga sederet produk lainnya seperti Nickel Matte, Nickel MHP, Nickel Sulfide, Kobalt Oksida, Logam Krom, Mangan Oksida dan masih banyak lainnya. 

Padahal, dulu pihak dari pengusaha sudah pernah menyampaikan aspirasi, meski tak diajak diskusi terlebih dahulu mengenai rencana kebijakan, bahwa pengenaan pajak ekspor pengolahan nikel harus hati-hati dengan mempertimbangkan berbagai aspek dalam menunjang iklim investasi tetap berjalan lancar di Indonesia. 

Ketua Umum Perhapi Rizal Kasli Kunjungi Bisnis Indonesia - Bisnis.com

“Pengenaan pajak ekspor atas hasil pengolahan nikel, jika pun akan dikenakan, harus dilakukan dengan hati-hati, serta dengan mempertimbangkan aspek teknis, ekonomis dan pengembangan iklim investasi di Indonesia," tegas Rizal Kasli, Ketua Umum Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia di awal tahun 2022.

Sebenarnya, peran pemerintah yang adil dan berimbang menjadi poin penting dalam case pajak ekspor nikel ini. Jika harga nikel di pasar dunia tidak mencapai level harga ekonomis, maka dalam kondisi tersebut, perusahaan terpaksa menanggung risikonya, tanpa sedikit pun mendapatkan ‘pertolongan’ dari Pemerintah. Sudah tidak dapat ‘pertolongan’, harus menanggung beban pajak pula. Namun saat harga nikel tinggi pemerintah muncul untuk mengenakan pajak ekspor.

Indonesia Malah Membuat Iklim Investasi yang Tak Nyaman untuk Investor?

Adanya kebijakan demi kebijakan kontroversial yang dibuat pemerintah Indonesia namun tak menguntungkan pihak investor yang berperan besar dalam pengembangan industri dalam negeri, ditakutkan hal ini dapat menimbulkan kekhawatiran-kekhawatiran.

Pertama, para investor lama-kelamaan bisa merasa jengah jika berada di dalam iklim investasi yang tidak nyaman sehingga akhirnya memilih untuk menghentikan investasinya di sektor industri pengolahan nikel. Selanjutnya, jika investor menarik semua modal yang tak hanya berupa uang namun juga teknologi dan pengetahuan, maka cita-cita hilirisasi industri bisa sulit tercapai.

Apakah kita mau kembali ke belakang saat Fraser Institute pada Global Survey of Mining Investor (2013) mencatat Indonesia adalah negara dengan peringkat terbawah terkait iklim investasi dari 96 negara?

Mengapa justru sumber pundi investasi hingga Rp302,2 triliun di kuartal II/2022 ini seolah diperlakukan bak peribahasa habis manis sepah dibuang oleh pemerintah Indonesia? Ya semoga saja Indonesia bukan sedang menggali lobang kerugiannya sendiri.

Ikuti tulisan menarik Septi Yadi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Establishment

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Rabu, 10 April 2024 09:18 WIB

Terkini

Terpopuler

Establishment

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Rabu, 10 April 2024 09:18 WIB