Tip Berburu Saham Multibagger Biar Cepet Tajir Melintir - Urban - www.indonesiana.id
x

Setyo

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 24 Agustus 2022 18:36 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Tip Berburu Saham Multibagger Biar Cepet Tajir Melintir

    Saham multibagger dipahami sebagai saham yang memberikan keuntungan (cuan) berkali-kali lipat.

    Dibaca : 1.100 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Istilah saham multibagger pertama kali dikumandangkan oleh investor saham bernama Peter Lynch dalam bukunya "One Up on Wall Street". Saham multibagger dipahami sebagai saham yang memberikan keuntungan (cuan) berkali-kali lipat.

    Memiliki saham-saham yang masuk kategori multibagger tentu saja bisa membuat seseorang cepat kaya, karena cuan yang didapatkannya berkali-kali lipat. Namun untuk sampai memiliki saham yang kategori begini bukan pekerjaan mudah.

    Supaya bisa mendapatkan saham-saham favorit karena cuannya yang besar ini, tentu seorang investor perlu berburu saham-saham dengan potensi kenaikan di atas 10 kali lipat lebih tinggi.

    Berikut ini sejumlah tip yang bisa dilakukan untuk menyisir saham-saham supaya mendapatkan yang multibagger:

    1. Pilih Saham dengan Harga Ideal

    Pakar saham menyebutkan kalau saham-saham yang berpotensi multibagger dibeli ketika harganya masih di bawah Rp1.000/saham, meski tidak menutup kemungkinan ada yang berpandangan saham-saham yang harganya masih di bawab Rp2.000/saham. Harga ideal ini tentu akan memberikan potensi cuan yang berkali-kali lipat alias optimal manakala terjadi kenaikan.

    2. Saham Undervalue

    Dengan pembatasan harga ideal di atas, selanjutnya investor wajib melakukan analisis untuk menentukan kalau sahamnya memang undervalue, tapi memiliki fundamental yang kuat. Fundamental yang kuat ini ditandai dengan potensi pertumbuhan yang luar biasa besar, kemampuan manajemen dan teknik produksi sangat bagus dan keterampilan research and development yang bagus sehingga berpotensi kenaikan yang signifikan untuk permintaan produk. Nah, untuk mendapatkan saham-saham yang undervalue dengan potensi kenaikan ribuan persen atau melebihi 10 kali lipat pada periode tertentu maka perlu melakukan analisis valuasi saham murah yang tidak boleh hanya berpatokan pada acuan PER dan PBV, tetapi penting untuk melakukan analisis fundamental secara komprehensif.

    3. Saham Kapitalisasi Kecil

    Saham dengan harga ideal untuk multibagger di atas tentu saja merujuk pada saham-saham dengan kapitalisasi pasar kecil (small market cap). Saham-saham yang demikian ini biasanya saham-saham di lapis ketga  dengan kapitalisasi pasarnya di bawah angka 500 miliar rupiah. 

    Setelah menelisik saham-saham yang berpotensi jadi saham multibagger maka tidak boleh berhenti di situ saja karena analisis yang komprehensif tetap harus dikedepankan. Analisis fundamental dan teknikal yang komprehensif kini mudah dilakukan, semisal dengan aplikasi IPOT milik Indo Premier Sekuritas, yang menawarkan informasi, data, hasil riset hingga fitur-fitur komprehensif sehingga bisa melakukan analalisis fundamental dan teknikal lebih optimal.

    So, sebagai investor yang cerdas maka cermat dan teliti dalam melakukan analisis dalam upaya memburu saham-saham multibagger perlu dikedepankan.

    Ikuti tulisan menarik Setyo lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.