Apakah Sehat Minum Air Sebelum Tidur? - Humaniora - www.indonesiana.id
x

image: Sajian Sedap - Grid.ID

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 24 Agustus 2022 18:47 WIB

  • Humaniora
  • Topik Utama
  • Apakah Sehat Minum Air Sebelum Tidur?

    Apa manfaat (dan kemungkinan kekurangannya) minum air sebelum tidur? Meskipun tetap terhidrasi sepanjang hari penting karena berbagai alasan, ada juga cara untuk mengatur waktu asupan air Anda dengan tepat.

    Dibaca : 686 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Jawaban singkat: Tidak juga

    Seperti kebanyakan dari kita, Anda mungkin memiliki segelas air di meja Anda, siap untuk memuaskan dahaga pagi itu.

    Tetapi apa manfaat (dan kemungkinan kekurangannya) minum air sebelum tidur? Meskipun tetap terhidrasi sepanjang hari penting karena berbagai alasan, ada juga cara untuk mengatur waktu asupan air Anda dengan tepat.

    Spesialis gangguan tidur Jessica Vensel Rundo, MD, MS, menjelaskan mengapa Anda harus memperhatikan berapa banyak air yang Anda minum sebelum tidur.

    “Secara umum, kami tidak merekomendasikan minum banyak air sebelum tidur, tetapi sedikit saja sudah baik,” kata Dr. Vensel Rundo.

    Kapan waktu terbaik untuk berhenti minum air?

    Sering kali disarankan agar Anda berhenti minum air dua jam sebelum tidur. Dengan cara ini, Anda tidak membanjiri tubuh Anda dengan cairan ekstra yang dapat menyebabkan perjalanan yang tidak diinginkan ke kamar mandi di tengah malam.

    Jika Anda benar-benar perlu minum air sebelum tidur — apakah itu karena mulut Anda terasa kering atau Anda perlu minum obat setiap malam — sedikit saja masih boleh.

    “Sebagai aturan umum, minumlah kurang dari segelas air dalam dua jam terakhir sebelum tidur jika perlu. Dan minumlah seteguk kecil,” saran Dr. Vensel Rundo.

    Ini juga berlaku untuk minuman larut malam lainnya. Cobalah untuk menghindari cairan seperti alkohol, jus, dan teh dalam dua jam terakhir sebelum kepala Anda menyentuh bantal.

    Mengapa Anda harus berhenti minum air sebelum tidur?

    Meskipun tetap terhidrasi itu penting, istirahat malam yang baik juga sama pentingnya. Perjalanan cepat jam 2 pagi ke kamar mandi di sana-sini diharapkan. Tetapi jika tidur Anda secara teratur terganggu, mungkin sudah waktunya untuk mengubah rutinitas malam Anda.

    “Ini bisa mulai mengganggu tidur Anda dan bisa membuat Anda sulit tidur kembali,” kata Dr. Vensel Rundo.

    Jika tidur Anda terus-menerus terganggu malam demi malam, bahkan dapat menyebabkan kurang tidur dan memperburuk kualitas tidur Anda.

    “Sistem kekebalan Anda tidak efektif setelah mengalami kurang tidur,” jelas Dr. Vensel Rundo.

    Meskipun bangun untuk pergi ke kamar mandi sesekali tidak akan membahayakan kesehatan Anda, penting untuk dicatat bahwa gangguan tidur yang terus-menerus dapat menyebabkan berbagai masalah. Bagaimanapun, tidur berhubungan dengan segala hal mulai dari sistem kekebalan tubuh hingga kesehatan mental. Kurang tidur yang intens telah terbukti memiliki tautan ke:

    •    Hilang ingatan.
    •    Infeksi.
    •    Tekanan darah tinggi.
    •    Kadar kolesterol tinggi.
    •    Pertambahan berat badan.
    •    Kanker.

    Penting juga untuk mengetahui apakah Anda memiliki kondisi yang dapat menyebabkan sering buang air kecil. Jika demikian, Anda mungkin perlu mengurangi asupan air lebih awal sebelum tidur. Satu studi menunjukkan bahwa minum air satu jam sebelum tidur saja tidak cukup untuk orang yang mengalami nokturia.

    Apakah ada manfaat minum air putih sebelum tidur?

    Dalam jumlah sedang, minum air putih di malam hari masih bisa bermanfaat. Air adalah nutrisi penting yang membuat tubuh Anda terhidrasi, sendi dilumasi, memecah limbah dan banyak lagi.

    “Ini hanya masalah menyeimbangkannya dan tidak memiliki banyak air sebelum tidur,” kata Dr. Vensel Rundo. "Anda tidak ingin pergi tidur ketika Anda merasa kering dan haus, tetapi Anda juga tidak ingin membuang segelas air."

    Berikut adalah beberapa manfaat tetap terhidrasi sebelum tidur:

    • Membersihkan tubuh Anda. Tetap terhidrasi sepanjang hari dan malam hari dapat membantu memecah limbah di tubuh Anda dan melepaskan racun melalui keringat.
    • Membantu mengatur suhu tubuh Anda. Jika Anda berada di lingkungan yang ekstra hangat atau merasa sangat panas, mendinginkan tubuh Anda dengan sedikit air dapat bermanfaat sebelum tidur. Cobalah mengisap es batu atau minum sedikit air sebelum tidur.

    Jadi, kapan sebaiknya Anda minum air?

    Jika ada satu hal yang kami tahu pasti, Anda harus minum air secara konsisten sepanjang hari. Ini tidak berarti minum air dalam jumlah besar dalam sekali duduk – terutama sebelum tidur.

    Sebaliknya, pertahankan keseimbangan cairan sepanjang hari dengan:

    •    Minum air setiap kali makan.
    •    Tetap terhidrasi setelah berolahraga.
    •    Mendapatkan air ekstra dari buah-buahan dan sayuran.

    “Tidak ada waktu tertentu dalam sehari yang optimal untuk mendapatkan semua asupan cairan Anda,” kata Dr. Vensel Rundo. "Ini lebih merupakan periode waktu yang berkelanjutan sepanjang hari dan memastikan Anda konsisten."

    Jika Anda sering buang air kecil di malam hari, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

    ***
    Solo, Rabu, 24 Agustus 2022. 1:20 pm
    'salam sehat penuh cinta'
    Suko Waspodo
    suka idea
    antologi puisi suko

     

    Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.