Panduan Cara Belajar SEO untuk Pemula - Urban - www.indonesiana.id
x

Panduan Cara Belajar SEO Untuk Pemula

Ruqyah Cirebon

Jurnalistik
Bergabung Sejak: 12 Juli 2021

Rabu, 24 Agustus 2022 18:52 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Panduan Cara Belajar SEO untuk Pemula

    Panduan Cara Belajar SEO Untuk Pemula - Optimisasi mesin pencari yang dalam bahasa Inggris disingkat Search Engine Optimization (SEO) adalah proses pengoptimalan, situs web Anda dengan tujuan meningkatkan peringkat Anda di hasil pencarian.

    Dibaca : 1.138 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Panduan Cara Belajar SEO Untuk Pemula - Optimisasi mesin pencari yang dalam bahasa Inggris disingkat Search Engine Optimization (SEO) adalah proses pengoptimalan, situs web Anda dengan tujuan meningkatkan peringkat Anda di hasil pencarian dan mendapatkan traffic  organik (gratis, dalam bahasa sederhana sehingga Anda bisa mendapatkan yang pertama halaman Google alias halaman satu Sejarah SEO berasal dari tahun 90-an, ketika mesin pencari muncul untuk pertama kalinya. 

    Ini adalah strategi pemasaran yang penting dan industri yang sedang berkembang. Optimisasi mesin pencari Google hanya berfokus pada hasil pencarian organik dan tidak tidak termasuk optimasi PPC (Pay Per).Klik) Iklan berbayar Google Ads KEDUA SEO dan PPC adalah bagian dari Pemasaran Mesin Pencari, yang harus diketahui oleh seorang yang Belajar SEO Pemula. 

    Mengenal SEO

    Mesin pencari adalah tujuan Anda. Dalam perjalanan panjang SEO, topik ini merupakan sesuatu yang selalu menjadi fokus dan juga harus mendapat perhatian lebih. Tidak ada pakar SEO yang tidak tertarik dengan berita terbaru tentang mesin pencari ini. Terutama mengenai algoritma yang menentukan nasib indeks dan peringkat sebuah website. Dan itu harus, termasuk Anda. 

    Anda harus belajar memahami jenis halaman web seperti apa yang disukai oleh mesin pencari. Faktor apa yang membuat mereka percaya pada sebuah peringkat, untuk ditampilkan kepada pengguna mereka di halaman hasil pencarian google. Anda juga harus memastikan situs yang dioptimalkan sesuai dengan standar kualitas, sehingga dapat bersaing dengan jutaan situs di luar sana.

    Langkah-Langkah Belajar SEO untuk Pemula

    Konsep Dasar Seo

    Langkah pertama saat belajar SEO adalah memahami konsep dasarnya terlebih dahulu. Konsep Dasar SEO. Dalam proses belajar optimasi SEO, Anda harus benar-benar serius memahami konsep dasar SEO itu sendiri. Sangat memahami sejarah SEO dan juga mengapa itu penting bagi Anda semua. Intinya ialah, Anda harus membangun cinta untuk apa pun yang terkait dengan optimasi SEO. Anda sedang melalui perjalanan panjang. Buang-buang waktu, tenaga, dan uang Anda. 

    Dan akan terasa lebih ringan, ketika Anda mengetahui banyak manfaat dan juga apa yang ingin Anda capai di masa depan melalui SEO ini. Tidak hanya memahami hal itu, SEO merupakan cara terbaik untuk mengoptimalkan situs web untuk mendapatkan peringkat yang terbaik di mesin pencari. Tapi, bagaimana SEO dapat membawa dampak yang baik untuk tujuan Anda tersebut?. Peringkat teratas di mesin pencari Google akan berdampak pada tingginya jumlah traffic apalagi menggunakan jasa backlink pbn 

    Anda mendapatkan ini secara gratis. Bahkan, posisi 1 teratas di mesin pencari Google, lebih mendominasi rasio klik. Hingga 10 kali lipat jika dibandingkan dengan top 2 dan juga top 3 dan seterusnya. Masalahnya, Google tidak pernah mempublikasikan faktor yang mereka gunakan untuk menentukan peringkat. Sehingga teknik SEO sebenarnya lebih pada asumsi dari berbagai pengalaman para pelaku SEO itu sendiri.

    Optimasi Kecepatan Website 

    Sebelum melangkah lebih jauh, saat mempelajari SEO Anda harus mengoptimalkan website Anda agar cepat dijangkau. Karena kecepatan adalah salah satu faktor atau Algoritma Google. Jangan menggunakan asumsi, tetapi periksa penggunaan berbagai alat seperti Google PageSpeed Insights atau GTMetrix untuk melihat seberapa cepat situs web Anda. 

    Setelah mendapatkan hasil, lakukan optimasi seperti yang direkomendasikan. Jika ada masalah dengan server, pastikan kualitas hosting dan lokasi server optimal. Jika ada kesalahan konfigurasi atau skrip yang mengganggu, segera perbaiki. 

    Optimasi Website Agar Mobile-Friendly 

    Selanjutnya, ketika belajar SEO, mengoptimalkan website agar mobile-friendly tidak kalah pentingnya dengan meningkatkan kecepatan loading website. Hal ini mutlak, karena Google telah menyatakan bahwa salah satu algoritmanya adalah website yang mobile friendly. 

    Hal ini dikarenakan pengguna smartphone semakin saja meningkat, dan juga mereka mengakses internet menggunakan perangkat mobile masing - masing. Oleh karena itu, tidak salah jika Google mengutamakan website yang mobile-friendly.

    Riset Kata Kunci

    Membuat konten tanpa melakukan riset kata kunci sama saja dengan makan sayur asam jawa tanpa garam. Aliasnya tidak pas, malah tidak bagus. Riset kata kunci akan membantu memahami apa yang dibutuhkan pengguna internet saat ini. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui apa yang dibutuhkan orang, maka website Anda hadir sebagai solusi terbaik bagi mereka.

    Membuat Konten

    Membuat konten termasuk dalam tahap pembelajaran SEO setelah penelitian kata kunci dilakukan. Untuk menghasilkan konten yang berkualitas, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu:

    •    Pastikan konten relevan dengan tema/niche website.
    •    Buat konten unik dan miliki volume pencarian yang bagus juga.
    •    Berikan informasi yang valid dari sumber terpercaya.

    Seo On Page 

    Mulai masuk lebih dalam, Anda harus memahami SEO On Page. Hal ini akan menekankan pada perbaikan faktor internal sebuah website. Beberapa langkah optimasi ini adalah menggunakan permalink yang tepat karena itulah yang memperkuat statement atau konten konten Anda. 

    Selain itu, tulislah judul meta dan deskripsi meta yang relevan sesuai dengan konten tetapi tidak terlalu banyak agar tidak muncul terpotong di mesin pencari. Sebenarnya masih banyak tips lain yang harus Anda lakukan, oleh karena itu Anda bisa membacanya di 11 Cara Mengoptimalkan SEO On Page Agar Website Sukses

    Seo Off Page 

    Berbeda dengan On Page SEO, optimasi SEO Off Page lebih menekankan pada upaya di luar website. seperti membuat profil di Google Bisnisku. Selain itu, Anda harus mendapatkan Brand Mention. Karena itulah cara terbaik untuk mendapatkan traffic yang berkualitas. Google juga menganggap website yang mendapatkan mention di media untuk mendapatkan peringkat teratas.

    Local SEO

    SEO lokal adalah bagian dari strategi pemasaran yang perlu disentuh. Ini mungkin untuk segala jenis bisnis hari ini. Bahkan jika memungkinkan, Anda menargetkan pasar global. SEO lokal semakin serius sejak Google meluncurkan Pigeon Algorithm. Ini berfungsi untuk melokalisasi peringkat kata kunci tertentu, berdasarkan lokasi terdekat. 

    Sebagai ilustrasi sederhana, Anda memiliki bisnis toko bakso di Jakarta Timur, misalnya ketika orang mengetikkan kata kunci toko bakso terdekat, Google akan membuat peringkat toko bakso di sekitar pengguna.

    Jika pengguna mencari di wilayah Jakarta Timur, maka warung bakso Anda berpotensi mendapat peringkat yang lebih baik. Namun jika lokasi pengguna berada di Jogja, otomatis warung bakso Anda tidak akan muncul. Namun warung bakso rakyat di daerah Jogjalah yang berpotensi untuk muncul.

    Link Building

    Anda tidak boleh melewatkan pembuatan tautan saat mempelajari SEO. Karena ini merupakan upaya untuk mendapatkan link dari situs lain yang mengarah ke website Anda. Bisa dibilang cukup bermanfaat, karena cara ini akan mendatangkan traffic yang cukup tinggi.

    Faktor Yang Mempengaruhi Google Ranking

    Ada banyak faktor yang digunakan Google untuk menentukan peringkat website dalam hasil pencarian. Jadi, tidak heran jika persaingan di halaman pertama Google sangat ketat. Google sengaja memiliki ratusan faktor rating agar adil dan mencegah manipulasi data.

    Demikian ulasan tentang, Panduan Cara Belajar SEO Untuk Pemula. Semoga bermanfaat.

     

    Sumber : Jasa Seo

    Ikuti tulisan menarik Ruqyah Cirebon lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.