Hebat! 5 Mahaiswa UM Ciptakan Komik Anak untuk Mitigasi Bencana Gunung Api - Hiburan - www.indonesiana.id
x

Lava Geni

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Agustus 2022

Rabu, 31 Agustus 2022 06:34 WIB

  • Hiburan
  • Topik Utama
  • Hebat! 5 Mahaiswa UM Ciptakan Komik Anak untuk Mitigasi Bencana Gunung Api


    Dibaca : 1.094 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Komik Lavageni

    Bencana gunung api di Indonesia menimbulkan banyak kerusakan dan kerugian bagi para korban. Indonesia negara yang memiliki banyak sekali gunung berapi aktif tak heran masyarakt harus bisa mewaspadai kapan saja gunung tersebut akan meletus. Dalam kurun waktu lima tahun saja ada beberapa gunung api di Indonesia yang meletus seperti gunung Sinabung, gunung Kelud, gunung Merapi dan terkahir yang viral di media sosial gunung Semeru. PVMBG mencatat terjadi peningkatan aktivitas gunung berapi selama lima tahun terkahir dan puncaknya pada tahun 2018.  

    Berangkat dari banyaknya letusan gunung api tersebut, lima mahasiswa Universitas Negeri Malang menciptakan sebuah komik bagi anak-anak untuk memberikan pemahaman dan edukasi ketika bencana gunug api terjadi. Komik kali ini dibuat semenarik mungkin dan ramah sekali pada anak. Artinya anak-anak akan mendapt hiburan dan pelajaran yang berharga melalui komik ini. Komik anak yang akan diluncurkan ini ebrnama komik “Lavageni” yang tercipta dari akronim Lavano dan Genina sebagai tokoh utama.

    Komik Lavageni terbentuk oleh lima mahasiswa UM, yakni Fransisca Novia Lisa Ayu Rachmadhani (Pendidikan Geografi), Dewa Putra Cisnaulin (Pendidikan Geografi), Dimas Bagus Firmandy (Bahasa dan Sastra Indonesia), Margareta Susanti (Manajemen), dan Fahrul Muttaqin (Pendidikan Seni Rupa).

    Komik Lavageni juga dilengkapi dengan fasilitas peujang yaitu Augmented Reality (AR). Tujuannya untuk memeberikan gambaran secara nyata dan eduakasi bagi anak-anak bagaimana ciiri-ciri setiap gunung api dan juga mitigasi sebelum bencana, bencana dan setelah bencana gunung api tersebut meletus.

    Harapan dari team Lavageni tentu mereka ingin agar komiknya bisa dikenal oleh masyarakat luas terlebih kepada anak-anak. Sebab selama ini masih banyak aak-anak bahkan orang dewasa saja belum tahu cara menghindari ketika letusan gunung api terjadi. Dalam komik ini juga mereka akan dikenalkan dengan local wisdom yang masih tergaga di sekitar  gunung tersebut. 

    Ikuti tulisan menarik Lava Geni lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.