Mahasiswa KKN-T IPB X Mengadakan Program Gemas Menanggulangi Stunting - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Redaksi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Kamis, 8 September 2022 12:37 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Mahasiswa KKN-T IPB X Mengadakan Program Gemas Menanggulangi Stunting


    Dibaca : 636 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    CIANJUR – Tim Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) IPB University Kelurahan Sawahgede, Cianjur, mengadakan program Gerakan Makan Sehat (Gemas) dalam upaya penurunan angka stunting di Kelurahan Sawahgede. Program Gemas berupa peragaan cara mengolah MPASI bagi anak dalam berbagai usia, edukasi literasi keuangan dan edukasi mengenai MPASI bagi orang tua. Pada program ini terdapat pembagian PMT (Pemberian Makanan Tambahan) secara gratis kepada anak-anak balita yang hadir. (28/7/2022).

    Masyarakat kelurahan Sawahgede sangat antusias dengan program ini. 61 partisipan termasuk ibu-ibu yang memiliki anak balita, kader, dan PKK. Program ini juga dihadiri oleh Lurah Sawahgede beserta jajarannya, Himpunan Alumni IPB Cianjur, dan Agrianita IPB.

    Program ini bertujuan untuk mengurangi angka stunting di Kelurahan Sawahgede dan mencegah peningkatan angka stunting di kemudian hari. Harapannya, semua partisipan memahami ilmu-ilmu yang disampaikan pada program ini sehingga tujuan dapat tercapai dengan baik.

    Pada program ini juga terdapat program Pontang-panting atau Pojok Games Stunting, di mana anak-anak yang hadir dalam acara Gemas diikutsertakan dalam permainan berisi edukasi mengenai stunting, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), dan isi piringku untuk memberikan pengetahuan yang lebih mendalam kepada anak-anak dan remaja terkait stunting meliputi pengertiannya, dampak, dan faktor penyebab. Harapannya, remaja tersebut dapat lebih paham dan peduli akan pencegahan stunting bagi generasi mendatang.

    Program Gemas ini adalah salah satu program yang akan diadopsi oleh Kelurahan Sawahgede dalam upaya penurunan angka stunting di Kelurahan Sawahgede.

    Ikuti tulisan menarik Redaksi lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.