Cara Memastikan Wiper Mobil Bekerja Maksimal, Simak Disini! - Urban - www.indonesiana.id
x

Ilustrasi mengendarai mobil

web seo

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 27 Mei 2022

Jumat, 9 September 2022 19:42 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Cara Memastikan Wiper Mobil Bekerja Maksimal, Simak Disini!


    Dibaca : 669 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Wiper merupakan salah satu suku cadang otomotif yang sangat penting saat musim hujan. Suku cadang mobil ini berperan penting dalam menjaga kenyamanan berkendara, terutama di cuaca basah.

    Wiper dirancang untuk menghilangkan tetesan air hujan, sehingga memberikan pandangan yang lebih jelas kepada pengemudi saat mengemudi. Berikut adalah beberapa tips yang harus diketahui para pecinta mobil agar wiper tetap bekerja maksimal. Berikut rangkuman tips yang diambil dari berbagai sumber. 

    Jam kaca mobil.jpg
    Hal pertama yang harus diwaspadai adalah karet wiper, seperti dilansir kompas.com, Selasa (13 November 2018). Pastikan bilah penghapus mobil Anda pandai menyapu air hujan dari kaca Anda. Alat pembersih yang terbuat dari karet biasanya bertahan selama enam bulan. Ini juga memastikan bahwa squeegee tidak terlihat. Tentu hal ini sangat berbahaya bagi pengendara. Wiper kaca depan yang tidak berfungsi maksimal ditandai dengan keausan yang berderit dan tidak sepenuhnya menyeka air hujan. Untuk melakukan ini, ganti wiper setiap enam bulan. Tujuannya adalah untuk mem-prime wiper saat musim hujan.

    Tindakan pencegahan saat mencuci wiper

    Saat mencuci mobil, sebagian pecinta mobil tak lupa membersihkan wiper kaca depan. Menurut laporan dari otospector.com, membersihkan tisu tidak bisa dilakukan sembarangan. Terutama saat membilas squeegee. Itu karena squeegee memiliki cairan khusus di permukaannya yang berfungsi sebagai pelindung dan pelembab.

    Bagaimana cara mencuci wiper yang benar? Jangan mencuci karet wiper blade dengan air sabun cuci mobil. Cukup bilas dengan air bersih dan bersihkan permukaan karet. Setelah dibersihkan, pindahkan wiper untuk mengeringkan air secara alami.

    poros penghapus

    Musim hujan-Pastikan-Wiper-Auto-Work-Maximum.jpg
    Perhatikan tidak hanya pada bagian karet, tetapi juga pada poros wiper. Lumasi poros wiper secara teratur. Hal ini dikarenakan saat musim hujan, wiper kaca depan berputar untuk dengan mudah menyeka air dan kotoran pada kaca depan.

    Hati-hati dengan kaca mobil

    Maka Anda perlu membersihkan kaca mobil. Seperti dilansir liputan6.com, kaca mobil harus benar-benar dijaga kebersihannya. Jika tidak, itu akan mempengaruhi kinerja wiper. Kotoran pada kaca juga akan memperpendek umur squeegee.

    Jangan aktifkan wiper saat kaca sudah kering

    Terakhir, jangan menyalakan wiper sesekali saat kaca sudah kering. Fungsi utama wiper kaca depan adalah untuk mengusir air saat kaca depan basah. Sebaliknya, jika kaca depan kering, karet pada bilah wiper akan cepat aus.

    Di sisi lain, jika Anda ingin menggunakan wiper pada kaca kering, Anda harus mengeluarkan cairan wiper terlebih dahulu. Cairan wiper juga harus diisi ulang secara teratur.

    Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan para pecinta mobil untuk menjaga kondisi wiper tetap baik meski musim hujan berakhir. Semoga kamu berhasil.

    sumber : gpsku.co.id

    Ikuti tulisan menarik web seo lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.