x

Digital marketing enthusiast

Iklan

Imam Mahmud -

Digital marketing enthusiast
Bergabung Sejak: 10 September 2022

Senin, 12 September 2022 06:19 WIB

5 Cara Memilih Organisasi Mahasiswa yang Harus Diperhatikan

Tips yang tepat dalam memilih organisasi mahasiswa yang bisa kalian lakukan

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Memilih sekaligus menentukan untuk ikut dalam kegiatan organisasi bagi mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS) menjadi salah satu hal yang penting. Alasannya karena selain bisa menambah pengetahuan, wawasan, menambah pengalaman, juga bisa membentuk jaringan sosial yang tersusun antar sesama atau dengan para alumninya.

Oleh karena itulah, setidaknya dalam proses penentuan organisasi bagi mahasiswa yang harus mengikuti ada beberapa hal yang perlu dipertimbangan.

Organisasi Kemahasiswaan

Organisasi mahasiswa adalah bagian daripada proses membentuk jati diri yang lebih baik lagi, banyak tokoh besar dalam bidang pendidikan, politik, budaya, dan lainnya yang lahir dari organisasi kemahasiswaan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Namun yang setidaknya perlu dipahami ada beberapa bentuk organisasi kemahasiswa. Yaitu organisasi internal berupa Himpunan Mahasiswa (Hima) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) untuk organisasi internal ini secara resmi ada ada institusi pendidikan. Tetapi ada juga organisasi eksternal yaitu organisasi mahasiswa yang berada di luar institusi.

Contohnya saja seperti PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia), KMNU (Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama), IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah), HMI (Himpunan Mahasiswa Islam), dan lain sebagainya.

Cara Memilih Organisasi Mahasiswa

Adapun tips yang bisa dilakukan dalam menentukan organisasi bagi mahasiswa yang baik, antara lain;

1. Organisasi yang Tidak Bertentangan dengan Norma dan Aturan

Paling penting dalam memilah organisasi yang baik untuk kemudian dijadikan sebagai tujuan ialah dengan melihat ideologis sekaligus kebiasaan organisasi tersebut yang tidak bertengangan dengan norma dan aturan yang berlaku di Indonesia. Misalnya saja ada organisasi yang tidak setuju dengan Pancasila atau NKRI maka, secara tegas kita harus menghidarinya.

2. Pastikan Sesuai dengan Minat dan Kemampuan

Keminatan dan kemampuan yang dimiliki setiap orang berbeda-beda, ada yang minat dalam desain grafis, fotografi, atau bahkan menulis. Untuk tahapan ini yang perlu setidaknya diperhatikan ialah memilih organisasi sesuai dengan minat, tujuannya agar bakat yang dimiliki bisa semakin terasah.

Contoh kasusnya seperti ketika kita minat dalam kepenulisan dan berkeinginan untuk menjadi penulis maka setidaknya bisa bergabung dalam UKM yang berfokus pada hal demikian.

3. Organisasi yang Mendorong Mahasiswa untuk Bisa Berprestasi

Selain itu, tahapan dalam proses penentuan organisasi mahasiswa yang baik ialah memilih organisasi yang bisa mendorong kemajuan atas adanya potensi diri, khususnya bisa berpretasi kedepannya.

Prestasi ini sendiri bukan hanya sebatas ikut serta dalam lomba namun juga berpertasi karena bisa berkontribusi aktif untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat.

4. Mengetahui Visi dan Misi dalam Organisasi

Menentukan pilihan untuk berorganisasi bisa dilakukan dengan memahami visi dan misi yang ada. Biasanya setiap organisasi pada era sekarang selalu mengenalkan atau bahkan tersedia pada jejaring di media sosial.

Setidaknya untuk menentukan organisasi bisa dilakukan dengan menjalankan riset kecil-kecilan yang membuat kita semakin mantap untuk bisa bergabung.

5. Memilih Organisasi yang Menjunjung Tinggi Iklim Demokrasi

Pilihan ini bisa dikatakan sebagai bagian dari tambahan untuk bisa memilih organisasi yang tepat. Yaitu dengan mempelajari budaya dan iklim dalam organisasi yang ada. Tentu saja, yang harus di pegang ialah organisasi yang bisa memberikan masukan dan menerima masukan, budaya ini baik untuk menjaga nalar mahasiswa dalam berfirkir kritis, objektif, dan solutif.

Itulah tulisan yang bisa dijalankan dalam proses pemilihan organisasi yang tepat bagi mahasiswa. Meski sederhana beberapa langkah tersebut penting juga untuk dilakukan.

Ikuti tulisan menarik Imam Mahmud - lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB