Manfaat Sholat Tahajud bagi Kesehatan Tubuh - Humaniora - www.indonesiana.id
x

Muhammad Sahil Habibi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 September 2022

Senin, 19 September 2022 18:50 WIB

  • Humaniora
  • Topik Utama
  • Manfaat Sholat Tahajud bagi Kesehatan Tubuh

    Beribu manfaat yang tak banyak orang tahu jikalau kita sering mengerjakan Sholat tahajud

    Dibaca : 361 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Di era modern yang kini tak ada bedanya antara malam dan siang karena seluruh aktifitas dapat dikerajakan kapan pun dimana pun dengan bantuan teknologi. Mayoritas manusia hanya sibuk dan fokus mengejar kehidupan duniawi dan materi, namun malah mengesampingkan ibadah sunnah salah satunya sholat tahajud untuk kehidupan akhirat yang mana hal tersebuat adalah alasan utama manusia diciptakan tuhan.

    Memang mencari materi di dunia adalah suatu keharusan manusia untuk keberangsungan hidup dan sebagai perwujudan realitas diciptakannya ia untuk menjadi khalifah di bumi, namun kita perlu ingat bahwasannya sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, seperti yang tercantum dalam firman Allah SWT surat Al-A’raf ayat 31. Selain dari pada itu, manusia juga kurang faham mengenai banyaknya dampak posistif bagi kesehatan tubuh apabila kita rutin atau sering mengerjakan sholat tahajud.

    Berbagai dampak positif yang dapat kita rasakan bagi Kesehatan tubuh apabila kita rutin mengerjakan sholat tahajud salah satunya adalah menjaga Kesehatan jantung. Menurut Dr. Agus Rahmadi, M.Biomed, MA dalam keterangannya pada Chanel Youtube Ummat TV, beliau menjelaskan bahwa sholat tahajud berdampak baik bagi kesehatan jantung karena antara jam 12 malam sampai jam 6 pagi, ada sebuah siklus yang dinamakan sirkardian atau ACTH (Adrenokortikotropik Hormon) yang berfungsi untuk menghasilkan hormone kortisol, hormone epinefrin, hormone sexsual dll. Siklus ini ternyata bagi beberapa kasus jika berlebihan akan berdampak buruk bagi Kesehatan.

    Apabila kita tidur jam 12 malam sampai 6 pagi, hal itu akan memicu ACTH semakin meningkat sehingga hormon epinefrin pun akan sama. Hormone epinefrin yang berlebih akan berdampak pada penyempitan pembuluh darah sehigga akan mempengaruhi Kesehatan jantung.

    Saya adalah pribadi yang lahir, tumbuh, dan dibesarkan oleh sosok orang tua yang taat beragama. Ayah saya lahir pada tahun 1945 dan ibu saya 1955 dan hingga sampai saat ini berkat rajinnya beliau mengerjakan sholat tahajud setiap malam tanpa putus, kesehatannya telah dijaga hingga setengah abad lebih oleh Allah SWT yang menciptakannya.

    Pada awal tahun 2021, saya mengantarkan kedua orang tua saya untuk medical chek tahunan, alhamdulillah tidak ada masalah sama sekali pada kesehetan beliau termasuk Kesehatan jantung nya. Memang sebuah keajaiban, namun apabila kita telusuri lebih dalam mengenai penyebabnya, dalam pelajaran biologi yang dikaitkan dengan gerakan sholat, akan dapat di temui penjelasannya. Pada Gerakan sujud Ketika sholat tahajud, akan terjadi hentakan kuat yang menyebabkan organ hipotalamus yang terdapat pada otak akan mengurangi reproduksi hormone termasuk ACTH karena posisi otak yang lebih rendah dari jantung.

    Untuk menjaga Kesehatan tubuh, tidak perlu menghabiskan biaya yang mahal dengan segala cara yang akan menguras kantong kita. Cukup dengan menjalankan sholat tahjud secara rutin. Memang akan terasa sulit jika tidak dimulai dengan niat yang kuat dan dengan segala godaan duniawi untuk mengejar materi yang akan menghalangi.

    Namun seperti yang pernah dikatakan oleh guru saya, dipaksa lama-lama terbiasa. Paksa saja dahulu, meskipun akan terasa berat diawal, jika kita terbiasa menjalaninya, akan terasa mudah di hari berikutnya. Setelah itu, jika kita sudah terbiasa, selamat menikmati berjuta manfaat yang akan anda dapat karena telah menjalankan nya (sholat tahajud)

    Ikuti tulisan menarik Muhammad Sahil Habibi lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.







    Oleh: Dien Matina

    3 hari lalu

    Antre

    Dibaca : 215 kali