Politik si Genit - Analisis - www.indonesiana.id
x

Digital art photography BW by Tasch

Taufan S. Chandranegara

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 Juni 2022

Senin, 19 September 2022 18:59 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Politik si Genit

    Halo sahabat Indonesiana. Salam bahagia selalu. Ini Artikel Cinta Bumi Indonesia. Politik si Genit, alegori kemodernan demokrasi. Salam baik saudaraku.

    Dibaca : 333 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    "Stetmen politik," meminjam istilah umum elite itu. Politik genit, merebak di planet bumi, dari kelas 'raja,' hingga juragan proyek multiguna. Genit berslogan hu.la.la, jempol media sosial, di bola dunia global culture. Baru lewat musim flu bawaan virus siluman ganjil. 

    Rasisme di negeri benua jauh pola rajaraja kecil kroni niskala kuasausaha. Tampaknya, si politik genit itu, gayahidup casanova plus paket propaganda, alat efektif politik genit, tak peduli, 'kan bertumbuh gelombang, menerjang natural humanis di arena modern demokrasi.

    **

    Invasi politik strategis, 'perang', salah satu upaya si politik genit. Masih main air di kolam kecil, memercik wajah sendiri kala pemasaran pasar tontonan.

    Casanova politik si genit, bertahan di slogan kuno banget, kecap politik tra.la.la. Sang zaman, budaya tekno kontemporer 'kan menggerus, penggayaan politik, kelas kecap politik macam itu.

    Kemodernan demokrasi. Tak perlu kalimat genit, cerita casanova berpolitik genit. Bagai negeri nun di sana, politik genit, memicu rasisme di negerinya, lantas dunia menggugat. Gugurlah kekuasaannya, di gempur demokrasi dunia.

    **

    Dongeng dari negeri jauh, tokoh periklanan pebisnis kelas dunia beberapa dekade lampau, "Konsumen bukan orang bodoh. Dia adalah isteri anda," mungkin tabu baginya berslogan kecap ha.hi.hu. 

    Barangkali, slogan kelas kecap, menunjukan kelemahan, dari keyakinan total kekuatan pemasaran-berjasa untuk konsumen. 

    **

    Kemodernan. Realitas mandiri, milik khalayak pemilik negeri manapun, dari realitas itu 'kan memicu pertumbuhan-swasembada multiguna manfaat sejahtera-bagi semua umat sebuah negeri. Konsisten, bermanfaat bagi khalayak. Tak sekadar untuk menyambut musim pergantian tahun. 

    Demokrasi, inheren humanis, dilarang jadi alat represif kepentingan jurusuap. De.mo.kra.si. wajib bermanfaat, untuk umat multibudaya kehidupan, di Planet Bumi. Semoga loh.

    **

    Modern demokrasi-isme impor itu. Wajib, dikontrol Pancasila-garis terdepan rakyat Indonesia Bersatu.

    Semoga. Sejarah gerakan Mahasiswa ’98, alias, the modern reforms, mampu menjadi tolok ukur. Pelajaran terbaik, bermanfaat. 

    "Kekuasaan, dilarang represif," dalam bentuk apapun dengan alasan apapun. Di rumah kita sendiri. Salam Indonesia Keren. Salam baik saudaraku.

    ***

    Jabodetabek Indonesia, September 19, 2022.

    Ikuti tulisan menarik Taufan S. Chandranegara lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.


    Oleh: Hadirat Syukurman Gea

    10 jam lalu

    Analisis Sistem Jual-Beli Ijon pada Komoditas Mangga Berdasar Ekonomo Makro

    Dibaca : 81 kali

    Mangga merupakan salah satu komoditas buah yang digemari hampir seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Mangga turut menyumbang perekonomian Indonesia karena menjadi komoditas yang di ekspor. Pada tahun 2015, ekspor mangga sebesar 1.515 jutatonyangsebagianbesarmerupakanjenis Mangga Gedong Gincu dan Mangga Arumanis. Kabupaten Kediri merupakan salahsatudaerahyang menjadikan mangga khususnya Mangga Podang sebagai oleh - oleh khas daerah dikarenakan banyaknya pohon mangga yang tumbuh di sekitar lereng GunungWilis.ManggaPodangkhasKediri banyak ditemukan di daerah sekitar lereng Gunung Wilis yaitu Kecamatan Banyakan, Tarokan, Grogol, Mojo, dan Semen. Semakin berkembang perekonomian suatudaerahmakasemakinberagam pula cara produsen dan konsumen melakukan jual beli.Salah satu sistem jual beli yang dilarang dalam Islam adalah jual beli yang mengandung unsur gharar. Sistem jual beli ijon adalah salah satu sistem jual beli yang mengandung unsur gharar sehingga dilarang oleh Allah SWT. Ijon berkaitan dengan perilaku produsen dan konsumen. Hal ini dapat dikaitkan dengan ekonomi mikro berupa keputusan pengusaha dan konsumen, terbentuknya harga barang atau jasa dan faktor produksi tertentu di pasar, dan alokasi sumber daya ekonomi.Penelitian ini menggunaka nmetode penelitian studi literatur. Jenis data yang digunakan berupa data sekunder dengan metode pengumpulan data berupa pengumpulan sejumlah studi pustaka. Berdasarkan studi literatur terkait sistem jual beli ijon dan ekonomi mikro, diperoleh hasil analisis bahwa sistem jual beli ijon dan ekonomi mikro saling berhubungan. Hal ini dikarenakan ijon berkaitan langsung dengan perilaku produsen dan konsumen dan ekonomi mikro turut mengatur perilaku produsen dan konsumen. Keywords: Ijon, Komoditas Mangga,Ekonomi Mikro