Sinergi dalam Membangun dan Mencerdaskan Bangsa, Kemenkumham Jateng Teken MoU dengan Unimus - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

MOU KAKANWIL DENGAN UNIMUS

Rita Puspita

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 21 Februari 2022

Selasa, 20 September 2022 20:01 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Sinergi dalam Membangun dan Mencerdaskan Bangsa, Kemenkumham Jateng Teken MoU dengan Unimus

    Sinergi dalam Membangun dan Mencerdaskan Bangsa, Kemenkumham Jateng Teken MoU dengan Unimus

    Dibaca : 518 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Upaya Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah untuk membangun sinergitas dengan pihak perguruan tinggi terus dilakukan. Terbaru, Senin (19/09), Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus).

    Mou tersebut ditandatangani oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah Dr. A. Yuspahruddin, Bc.IP.,S.H., M.H. dengan Rektor Prof Dr. Masrukhi, M.Pd. yang berlangsung di Ruang Rapat Gedung Rektorat Unimus.

    Dalam prakatanya, Yuspahruddin mengatakan bahwa dengan adanya momentum kerja sama tersebut merupakan kesempatan bagi kedua belah pihak untuk berkomitmen bersama dalam membangun dan mencerdaskan bangsa.

    Bicara materi, kedua belah pihak akan menindaklanjuti MoU tersebut dengan Perjanjian Kerja Sama terkait implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kakanwil pun mengapresiasi para civitas akademika Unimus yang terlebih dahulu telah melakukan berbagai kegiatan pengabdian masyarakat pada beberapa UPT di lingkungan Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah.

    “Terima kasih kami haturkan, walau belum ada MoU tapi Unimus sudah melangkah lebih dahulu melakukan pengabdian ke masyarakat seperti ke LPP Semarang untuk melakukan pemeriksaan kesehatan,” ujar Yuspahruddin.

    Kakanwil menungkapkan bahwa Kanwil Kemenkumham Jateng sangat membutuhkan kerja sama dari pihak akademisi untuk mensosialisasikan tugas dan fungsi Kemenkumham kepada masyarakat, salah satunya seperti pembahasan RKUHP. Selain itu, ia pun menawarkan pendampingan di bidang Kekayaan Intelektual dengan fasilitasi pendaftaran Indikasi Geografis maupun Kekayaan Intelektual lainnya seperti merek, paten, hak cipta, dan desain Industri.

    Antusiasme luar biasa diberikan oleh Rektor Universitas dengan 28 program studi tersebut. Rencananya ia dan jajarannya akan menindaklanjuti MoU tersebut dengan perjanjian kerja sama di bidang kekayaan intelektual, kesehatan, hingga terkait izin belajar ke luar negeri.

     

    Hadir pada kesempatan itu, Kepala Divisi Administrasi Jusman, Kepala Divisi Pemasyarakatan Supriyanto, Kepala Divisi Keimigrasian Wishnu Daru F., dan Kepala Bagian Program & Humas Budhiarso Widhyarsono. Sementara itu dari pihak Unimus tampak Wakil Rektor I Dr. Budi Santosa, M.Si., Med., Wakil Rektor II Dr. Hardi Winoto,M.Si., Wakil Rektor III Dr. Samsudi Rahardjo, MM., MT., dan Kepala Lembaga Kerjasama, Kehumasan Keprotokoleran & Urusan Internasional M. Yusuf, S.STPi, M.Si, Ph.D.

    Ikuti tulisan menarik Rita Puspita lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.