5 Manfaat Buah Anggur bagi Kesehatan dan Kecantikan - Humaniora - www.indonesiana.id
x

Unsplash

KampungDrakor

Satriawan_rzl
Bergabung Sejak: 15 September 2022

Rabu, 21 September 2022 18:16 WIB

  • Humaniora
  • Topik Utama
  • 5 Manfaat Buah Anggur bagi Kesehatan dan Kecantikan

    Manfaat anggur - Siapa yang tidak tahu anggur dengan berbagai warna dan bentuk? Anggur dengan rasa manis dan asam yang menyegarkan memiliki berbagai warna, seperti hijau, hitam, kuning, dan merah ungu.

    Dibaca : 512 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Manfaat anggur - Siapa yang tidak tahu anggur dengan berbagai warna dan bentuk? Anggur dengan rasa manis dan asam yang menyegarkan memiliki berbagai warna, seperti hijau, hitam, kuning, dan merah ungu.

    Dapat dikatakan bahwa anggur adalah meja dengan rasa asam, manis dan segar. Anggur adalah salah satu komoditas nilai tambah yang dapat dikonsumsi secara langsung, diproses menjadi kismis, jus, minuman (anggur), dan lainnya.

    Anggur sebagai pendakian tanaman yang tumbuh memiliki cabang yang dapat menghasilkan buah. Anggur dengan nama Latin Vitis vinifera L dapat tumbuh di daerah dingin, subtropis, dan tropis.

    Umumnya, anggur morfologis terdiri dari daun, batang, akar, sulur, bunga, buah, dan biji. Anggur dengan berbagai warna dan bentuk diklasifikasikan sebagai buah dengan dua potong biji di kelas dikotil.

    Secara morfologis, anggur memiliki daun berbentuk hati dengan tepi bergerigi. Kemudian tulang daun dari tanaman anggur memiliki tulang bulat ke oval.

    Batang anggur dibiarkan tumbuh liar dengan cabang tidak jauh dari tanah. Anggur diklasifikasikan sebagai tanaman semak dengan sifat bercabang.

    Anggur di awal pertumbuhannya akan mencari dukungan, baik benda mati atau tanaman hidup. Anggur dapat berkembang memanjat menggunakan bantuan pelanggan atau sulur untuk membentuk belitan.

    Sementara itu, akar anggur akan berkembang dengan cepat di tanah yang longgar. Di musim hujan, akar akan tampak dibiakkan oleh stek atau cangkok.

    Anggur termasuk dalam tanaman buah tahunan atau abadi yang mampu hidup dalam usia 20 tahun atau lebih. Umumnya, tanaman semak ini menghasilkan buah sepanjang tahun tiga kali.

    Anggur sebagai meja telah ditanam sejak zaman prasejarah. Inilah yang membuat anggur populer di kalangan komunitas dunia. Anggur adalah tanaman asli dari daerah subtropis yang tumbuh liar di pegunungan kaukus dekat Laut Kaspia.

    Pakar botani berpendapat bahwa wilayah Armenia (Rusia) adalah area asal anggur. Seiring waktu, anggur mulai menyebar secara luas di seluruh dunia ke iklim tropis.

    Kemudian anggur menyebar ke beberapa negara, seperti Mesir, Yunani, Afrika, Eropa, Australia, California, dan Jepang. Di Indonesia saja, awalnya anggur telah dikenal sejak abad ke -19 sebagai tanaman hias.

    Orang Indonesia tahu dua jenis anggur, yaitu varietas Vitis vinifera dan vitis labrusca. Namun, orang sering mengenalnya sebagai anggur merah, anggur putih, dan anggur hitam.

    Buah ini tentu akrab di Indonesia. Anda bisa mendapatkan anggur dengan berbagai warna dan bentuk di pasar tradisional, toko buah, dan supermarket.

    Anggur sangat mudah ditemukan dan Anda dapat menemukan buah ini dengan harga yang cukup terjangkau. Apakah Anda salah satu pencinta anggur?

    Jika demikian, untungnya Anda karena banyak penelitian membuktikan bahwa buah ini memiliki banyak manfaat kesehatan dan kecantikan. Mungkin masih ada banyak orang yang tidak tahu banyak manfaat anggur.

    Makan anggur dikenal sebagai alternatif alami untuk mencegah beberapa penyakit dan masalah kulit. Sebenarnya, apa kandungan anggurnya sehingga bagus untuk dikonsumsi oleh tubuh?

    Lalu, apa bahan dan manfaat anggur? Lihat ulasan berikut.

    5 Manfaat anggur untuk kesehatan dan kecantikan

    Anggur yang kaya akan kandungan gizi berguna untuk kehilangan kolesterol, menurunkan berat badan, mencegah kanker, menghilangkan bintik -bintik hitam di wajah, dan sebagainya. Berikut ini adalah tinjauan lengkap tentang manfaat anggur untuk kesehatan dan kecantikan.

    1. Cegah kanker

    Kanker adalah salah satu penyakit yang menyumbang tingkat kematian terbesar di dunia. Artikel ilmiah menjelaskan bahwa anggur mengandung resveratrol yang berguna untuk membantu mencegah pertumbuhan sel kanker.

    Apa itu Konten Resveratrol? Harap dicatat bahwa kandungan resveratrol adalah salah satu senyawa fenol yang memberikan manfaat antioksidan untuk memperlambat pertumbuhan sel tumor dan kanker.

    Senyawa resveratrol sebagai antioksidan akan memperlambat pertumbuhan sel kanker di lambung, hati, payudara, dan getah bening. Selain itu, konten juga diyakini efektif dalam menghilangkan radiasi berbahaya.

    Senyawa resveratrol dapat menghilangkan radiasi ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB). Paparan radiasi berbahaya diketahui berisiko menyebabkan kanker kulit. Meski begitu, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk memastikan manfaat anggur sebagai pencegahan kanker.

    2. Menghilangkan bintik -bintik hitam dan mencerahkan kulit

    Selain menjadi makanan penutup, anggur bundar kecil ini manjur untuk keindahan kulit wajah. Dibelenggara dapat menuai manfaat anggur sebagai topeng untuk ritual kecantikan.

    Dengan memanfaatkan anggur sebagai perawatan kecantikan, Anda dapat menyingkirkan bintik -bintik hitam atau pigmentasi yang tidak rata di wajah. Anggur diketahui memiliki vitamin E yang dapat menangkal serangan radikal bebas dan menghilangkan sel -sel kulit mati.

    Bagaimana caranya? Anda baru saja membagi anggur menjadi dua dan menerapkan secara merata pada wajah yang telah dibersihkan. Topeng alami ini dapat membantu Anda mengatasi bintik -bintik hitam yang mengganggu kulit.

    3. Menjaga kesehatan otak

    Anggur, yang dikenal sebagai meja, memiliki manfaat menjaga kesehatan otak, Anda tahu GREDS. Kandungan nutrisi anggur diketahui efektif untuk meningkatkan ingatan dan suasana hati.

    Sebuah studi mengungkapkan bahwa orang tua yang mengonsumsi anggur setiap hari memiliki peningkatan kemampuan kognitif, bahasa, dan ingatan. Kandungan resveratrol dalam anggur diketahui meningkatkan kesehatan otak dan memfasilitasi sirkulasi darah ke otak.

    Untuk menjaga kesehatan organ otak, tentu saja darah diperlukan sebagai sumber oksigen. Selain itu, nutrisi juga diperlukan untuk menjaga kesehatan otak agar berfungsi dengan baik.

    4. Menghilangkan gejala alergi dan peradangan

    Selain manjur untuk menjaga kesehatan otak, anggur diyakini efektif dalam meredakan gejala alergi dan peradangan. Anggur yang kaya akan nutrisi dapat membantu melawan peradangan di dalam tubuh.

    Anggur sebagai tanaman abadi memiliki anti -inflamasi dan antihistamin yang baik untuk meringankan peradangan. Apa itu Peradangan? Peradangan dapat diartikan sebagai respons tubuh terhadap bahaya.

    Bahaya yang dimaksud dapat dalam bentuk stres, virus, infeksi bakteri, dan bahan kimia beracun. Anggur yang dikonsumsi secara teratur dapat membantu meringankan gejala alergi dan peradangan.

    Anggur dengan sifat antihistamin telah terbukti efektif untuk membantu mengurangi gejala alergi. Selain itu, kandungan nutrisi anggur dapat menghilangkan peradangan karena peradangan gusi, radang sendi, peradangan usus, miokarditis (peradangan jantung), dan peradangan kulit.

    5. Mengurangi kadar kolesterol

    Kandungan nutrisi anggur merah diketahui bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol buruk dan trigliserida tinggi secara alami. Sebuah studi mengungkapkan bahwa orang yang mengonsumsi anggur secara rutin mengalami penurunan kadar kolesterol yang buruk.

    Anggur dengan kandungan saponin dan resveratrol tinggi dapat mengurangi kadar kolesterol buruk dalam tubuh. Kedua bahan ini dapat menangkap kolesterol berlebih dalam tubuh sebelum diserap oleh darah.

    Isi saponin dan resveratrol dapat membantu menjaga kadar kolesterol seimbang. Dengan cara itu, Anda dapat menjauhkan diri dari penyakit jantung.

    Ikuti tulisan menarik KampungDrakor lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.