5 Manfaat Buah Jeruk yang Perlu Anda Tahu untuk Kesehatan Tubuh - Humaniora - www.indonesiana.id
x

Unsplash\xd

KampungDrakor

Satriawan_rzl
Bergabung Sejak: 15 September 2022

Rabu, 21 September 2022 18:25 WIB

  • Humaniora
  • Topik Utama
  • 5 Manfaat Buah Jeruk yang Perlu Anda Tahu untuk Kesehatan Tubuh

    Manfaat dari buah jeruk - Apakah Anda ingin makan jeruk? Buah jeruk dikenal sebagai sumber makanan terbesar yang kaya vitamin C. jeruk sebagai buah beraroma segar adalah salah satu buah yang mudah ditemukan di pasar.

    Dibaca : 483 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Manfaat dari buah jeruk - Apakah Anda ingin makan jeruk? Buah jeruk dikenal sebagai sumber makanan terbesar yang kaya vitamin C. jeruk sebagai buah beraroma segar adalah salah satu buah yang mudah ditemukan di pasar.

    Aroma jeruk juga sering digunakan sebagai penyegar udara yang menyegarkan. Jeruk jeruk oranye memiliki sifat antioksidan untuk menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan sel di dalam tubuh.

    Jeruk menjadi buah yang populer dengan rasa manis dan asam yang memberikan sensasi yang menyegarkan. Orange populer di kalangan pecinta buah sebagai makanan sehat karena berbagai nutrisi di dalamnya.

    Tingginya kandungan vitamin C dalam jeruk dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian, Anda tahu. Anda harus sering menemukan jeruk di berbagai produk suplemen untuk kecantikan.

    Buah jeruk dengan berbagai properti yang ditawarkan dapat dikonsumsi secara langsung. Kemudian buah oranye oranye ini juga dapat diproses menjadi berbagai makanan, kedua makanan ringan ke menu utama.

    Buah jeruk umumnya terdiri dari kulit dan daging buah. Secara morfologis, tanaman oranye memiliki batang yang dapat mencapai ketinggian 6 meter. Jeruk kecil dengan tajuk bundar yang umumnya menghasilkan buah setahun sekali.

    Buah jeruk memiliki bentuk bulat atau hampir bulat dengan kulit hijau kekuningan. Secara umum, tanaman jeruk cocok untuk ditanam di dataran dengan ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut dan kelembaban 50-80%.

    Buah yang tumbuh dengan baik di wilayah tropis ini memiliki nilai gizi yang cukup tinggi. Makan jeruk setiap hari akan membuat tubuh lebih sehat. Mengapa demikian? Karena jeruk mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan.

    Jeruk adalah salah satu buah yang paling banyak dibudidayakan di dunia. Asal usul jeruk ternyata berasal dari pegunungan Himalaya, Anda tahu. Asal usul leluhur jeruk menutupi bagian utara Myanmar, Assam Timur, dan Yunnan Barat.

    Sejarah awal pohon jeruk disebabkan oleh perubahan iklim dan habitat dramatis yang menyebar dengan cepat ke negara -negara di Asia Tenggara ke Australia. Migrasi massal yang diperkirakan terjadi sekitar 4 juta tahun yang lalu akhirnya menyebabkan banyak varietas buah seperti sekarang ini.

    Indonesia memiliki berbagai varietas buah jeruk lokal komersial, seperti Garut Tangerines, Tawangmangu, Blinyu, Siam Pontianak, Siam Honey, dan Siam Banjar. Berbagai varietas yang telah disebutkan dapat beradaptasi dengan baik di berbagai wilayah negara.

    Jeruk yang termasuk dalam keluarga Rutaceae memiliki karakteristik semak dengan cabang -cabang berduri, untaian daun ovoid, buah berbentuk bola, dan mahkota bunga putih kekuningan. Daging oranye kuning atau oranye ini memiliki rasa manis dengan banyak air.

    Makan jeruk setiap hari memang bisa menjadi alternatif alami untuk mencegah beberapa penyakit. Apa kandungan nutrisi dari buah jeruk sehingga baik untuk dikonsumsi oleh tubuh? Berikut ini adalah penjelasan tentang kandungan nutrisi dan manfaat jeruk bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

    Manfaat makan jeruk juga berasal dari beberapa senyawa fenolik dan karotenoid. Berikut adalah detail manfaat jeruk yang bisa Anda dapatkan jika Anda mengkonsumsinya secara teratur.

    5 Manfaat Jeruk untuk Kesehatan Tubuh

    1. Kaya antioksidan

    Jeruk yang termasuk dalam jenis herperidium memiliki kandungan antioksidan yang berlimpah di dalamnya. Senyawa antioksidan dalam jeruk bekerja secara efektif untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak sel -sel tubuh.

    Kandungan antioksidan dalam jeruk dapat melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis. Senyawa antioksidan itu sendiri menempati peran yang cukup penting dalam pemulihan kondisi kanker, jantung dan diabetes.

    Kandungan ekstrak bioflavonoid dalam jeruk berguna untuk menetralkan radikal bebas, menekan kerusakan oksidatif, dan mengurangi peradangan. Anda dapat mengkonsumsi jeruk secara langsung atau dalam bentuk suplemen untuk mendapatkan ekstrak bioflavonoid sebagai antioksidan.

    2. Membantu melawan kanker

    Seperti yang dijelaskan sebelumnya, senyawa antioksidan dalam buah jeruk dapat dikonsumsi setiap hari untuk bertarung dan mencegah perkembangan kanker dalam tubuh. Dalam beberapa penelitian, buah jeruk yang termasuk dalam keluarga buah jeruk menempati posisi teratas sebagai makanan antikanker.

    Penurunan risiko beberapa jenis kanker dapat dilakukan secara rutin makan jeruk. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa asupan buah jeruk terkait erat dengan pengurangan risiko kanker payudara hingga 10%.

    Ada beberapa jenis kanker yang dapat dicegah dengan mengonsumsi jeruk sebagai keluarga buah jeruk. Beberapa jenis kanker yang dapat dicegah adalah kanker pankreas, kanker usus besar, kanker kerongkongan, dan kanker prostat.

    3. Menjaga kesehatan jantung

    Makan diet harian yang mengandung jeruk diyakini membawa dampak positif pada kesehatan jantung. Buah jeruk yang dikonsumsi secara teratur diyakini efektif untuk meningkatkan kadar kolesterol buruk dalam tubuh.

    Pola makan dengan dosis buah jeruk akan membuat Anda menghindari penyakit jantung koroner. Senyawa flavonoid dalam jeruk dapat memotong kolesterol buruk dalam tubuh.

    Jurnal menunjukkan hasil bahwa makan jeruk secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, dalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi buah jeruk juga dapat mengurangi risiko stroke secara signifikan.

    4. Meningkatkan kinerja otak

    Buah jeruk mengandung flavonoid yang diyakini efektif dalam mempertahankan fungsi kognitif otak. Konten juga dianggap baik untuk menghindari neurodegeneratif, seperti penyakit Alzheimer dan demensia.

    Sebuah studi membuktikan bahwa makan jeruk secara rutin dapat meningkatkan fungsi kognitif pada orang dewasa. Studi lain mengungkapkan bahwa jeruk memberikan efek perlindungan saraf.

    Efek ini terjadi karena jeruk memiliki dua jenis flavonoid, yaitu tangeretin dan nobiletin. Dua jenis konten flavonoid juga berguna untuk pengobatan dan pencegahan demensia.

    5. Mengurangi kadar kolesterol

    Buah jeruk yang tumbuh di daerah tropis jika diproses menjadi jus akan memberikan pengurangan kadar kolesterol buruk dalam tubuh. Sebuah studi mengungkapkan bahwa jeruk yang kaya serat atau pektin dapat mengurangi jumlah kolesterol buruk.

    Kandungan serat dalam buah jeruk bekerja secara efektif untuk menjauhkan saluran pencernaan dari penyerapan kolesterol. Jumlah kolesterol dalam tubuh dapat dikurangi dengan kandungan nutrisi buah jeruk, seperti flavonoid, kalium, dan vitamin C.

    Ikuti tulisan menarik KampungDrakor lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.