Say Yes untuk Berbuat Baik - Analisis - www.indonesiana.id
x

ilustr: UNICEF

Gantari Chandra

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 21 September 2022

Kamis, 22 September 2022 07:26 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Say Yes untuk Berbuat Baik

    Kebaikan sekecil apapun, pasti berarti bagi orang lain. Jadi tunggu apa lagi? Say Yes! Untukk berbuat baik.

    Dibaca : 233 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Manusia adalah mahkluk berakal yang paling sempurna dibanding yang lain. Dan tak hanya itu, manusia juga merupakan mahkluk sosial. Tentunya juga memiliki rasa simpati atau rasa kepedulian yang tinggi dibanding mahkluk lainnya. Kemampuan untuk merasakan simpati terhadap mahkluk nya adalah bagian besar dari sifat alami yang dimiliki manusia. Sifat inilah yang mendorong manusia untuk berbuat baik.

    Berbuat baik seharusnya menjadi suatu kewajiban, sayangnya di era modern seperti sekarang, banyak manusia yang menjunjung tinggi individualisme. Semua memikirkan dirirnya sendiri tanpa mau tau keadaan yang ada di sekitarnya. Apalagi di kota-kota besar, rasa sosialisme yang tinggi pun sudah hilang ditelan zaman. Hanya segelintir orang yang masih mau berbuat baik kepada sesamanya. Hal inilah yang harus segera diubah.

    Berbuat baik tidak harus diawali dengan sesuatu yang besar, tapi bisa dimulai dengan sesuatu yang kecil. Seperti membantu seorang penumpang kereta api yang tuna netra. Membantunya berjalan untuk menemukan gerbong kereta yang dituju dan kursi yang tertera pada tiketnya. Atau seperti membuang sampah pada tempatnya dan mengurangi penggunaan sampah plastik sehari-hari. Bisa juga menjadi konsumen yang mengikuti campaign daur ulang sampah. Hal-hal kecil dan sederhana seperti diataslah yang setidaknya bisa dan mudah dilakukan semua manusia.

    Berbuat baik juga tak harus menolong dalam bentuk tenaga ataupun perbuatan, tapi bisa juga dengan materi. Banyak orang yang berfikir bahwa menolong orang tak ada untungnya bagi mereka. Padahal itu adalah pemikiran yang harus diubah. Tak hanya menguntungkan orang lain, tapi berbuat baik juga bisa menguntungkan diri sendiri. Diantaranya hubungan sosial menjadi lebih kuat, lebih terhindar dari pengaruh negatif, merasakan suatu kebahagiaan tersendiri dan yang paling penting, bisa lebih menyayangi diri sendiri.

    Banyak orang berfikir bahwa bantuan yang kita berikan kepada orang lain itu kecil, namun bisa jadi apa yang telah kita lakukan itu sangat berarti bagi orang lain. Kebaikan sekecil apapun tidak sia-sia. Kebaikan sekecil apapun juga sangat berarti bagi mereka. Tak ada salahnya kan berbuat baik kepada sesama? Say yes untuk berbuat baik mulai dari sekarang.

    Ikuti tulisan menarik Gantari Chandra lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.








    Oleh: museisman

    1 hari lalu

    Superior

    Dibaca : 158 kali