5 Manfaat Bengkuang untuk Kesehatan Tubuh - Humaniora - www.indonesiana.id
x

buah bengkuang

KampungDrakor

Satriawan_rzl
Bergabung Sejak: 15 September 2022

Minggu, 25 September 2022 06:13 WIB

  • Humaniora
  • Topik Utama
  • 5 Manfaat Bengkuang untuk Kesehatan Tubuh

    Bengkuang atau  biasa disebut bengkuang merupakan  buah atau umbi yang berasal dari Amerika Selatan dan Tengah, yang nama latinnya adalah pachyrrhizus erosus. Namun, ubi ini juga sangat populer  di Indonesia. 

    Dibaca : 571 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Manfaat Bengkuang untuk Kesehatan Tubuh - Bengkuang atau  biasa disebut bengkuang merupakan  buah atau umbi yang berasal dari Amerika Selatan dan Tengah, yang nama latinnya adalah pachyrrhizus erosus. Namun, ubi ini juga sangat populer  di Indonesia. 

    Ubi sudah tidak asing lagi dengan jenis buah-buahan yang  dikonsumsi  masyarakat Indonesia sehari-hari. Berbagai jenis olahan yang mengandung ubi ditemukan, antara lain acar, salad, jus, sup buah, lankhead buah, es krim buah, salad buah, puding buah,  dan kue buah. 

    Olahan bengkuang  dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat Indonesia sebagai  bahan masakan untuk makanan penutup, makanan ringan untuk menambah asupan makanan, atau sebagai masker yang berkhasiat memutihkan kulit wajah. 

    Tidak hanya itu, bengkuang mengandung banyak nutrisi. Misalnya: 85,1 g air, 59 kalori, 1,
     g protein, 0,2 g lemak, 12,8 g karbohidrat, 1 g serat, 0,5 g abu, 15 mg kalsium, 18 mg fosfor, 0,6 mg  besi, 2 mg natrium, 2,3 mg kalium, 0,1 mg tembaga. , seng 0,3 mg, vitamin B 10,0
     mg, vitamin B 20,1 mg, niasin 0,2 mg, vitamin C 20 mg.

    Selain nutrisi yang  disebutkan di atas, bengkuang juga mengandung beberapa  vitamin dan mineral lain seperti mangan, selenium, asam folat, magnesium, vitamin E, vitamin B5, vitamin B6, tiamin, asam pantotenat, dan riboflavin. 

    Di sisi lain, nutrisi penting lainnya yang terdapat pada ubi, yaitu fitonutrien atau fitofitonutrien, dapat menjaga kesehatan tubuh dan dengan manfaatnya dapat menyembuhkan penyakit, juga diketahui mengandung antioksidan yang menyehatkan. 

    Nah, dari ulasan artikel di atas, Anda sudah mengetahui beberapa informasi tentang bengkuang dan kandungan nutrisinya, nutrisi, mineral, dan jenis vitamin yang dikandungnya. Apalagi itu tidak begitu penting. 

    Apa saja perbedaan manfaat ubi jalar bagi kesehatan tubuh  yang  dikonsumsi  masyarakat Indonesia setiap hari?

     

    1. Meningkatkan daya tahan tubuh 

    bengkuang mengandung sekitar 0% vitamin C per 100 gram  bengkuang yang baik untuk kesehatan tubuh. Sistem imun atau sistem imun yang meningkat membuat tubuh kurang rentan terhadap serangan virus, bakteri, atau jamur yang dapat menyebabkan penyakit.

    2. Menjaga Kesehatan Jantung 

    Bengkuang memiliki dampak positif bagi kesehatan jantung jika disikapi dengan berbagai cara. Kandungan antioksidan  dalam buah-buahan dan umbi-umbian dari varietas ini diduga dapat melawan radikal bebas dan mengurangi peradangan, termasuk  penyakit jantung.

    Selain itu, kandungan serat  dalam bengkuang  dapat membantu meningkatkan tekanan darah dan kadar kolesterol jahat (LDL). peradangan seperti

    3. Mengurangi risiko kanker 

    Beberapa komponen bengkuang, seperti selenium, vitamin C, antioksidan, vitamin E dan senyawa lainnya, juga memiliki efek yang baik bagi kesehatan tubuh dengan mengurangi atau mencegah  risiko kanker Kandungan antioksidannya diketahui  dapat melawan atau mencegah keberadaan radikal bebas dan mencegah kerusakan  sel yang berkontribusi terhadap berbagai penyakit kronis. 
     
    4. Memperbaiki sistem pencernaan 

    Sayuran tidak hanya  memiliki berbagai manfaat kesehatan, tetapi makan buah bengkuang juga dapat membantu  meningkatkan proses  pencernaan karena mengandung nutrisi yang kaya  serat. Kandungan serat benang diketahui sangat tinggi. Faktanya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan ubi dapat membantu  memenuhi seperempat dari kebutuhan serat harian Anda.

    5. Pelangsing 

    Bengkuang adalah buah rendah kalori. Oleh karena itu, bengkuang dapat dikonsumsi setiap hari sebagai  solusi penurunan berat badan internal.

    Ikuti tulisan menarik KampungDrakor lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.