x

Iklan

Anita Rakhmi Shintasari

Guru BK SMPN 22 Semarang-Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 1 Desember 2021

Selasa, 27 September 2022 22:46 WIB

Parade Puisi Menyambut Bulan Literasi di Sperolly

Untuk terus meningkatkan minat baca pada murid, pada kesempatan kali ini, tim kesiswaan berdasarkan arahan dari Ibu Kepala Sekolah Dra. Rini Rusmiasih, M.Pd., menyelenggarakan parade puisi untuk menyambut bulan literasi.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pekan Literasi

Sejak sebelum pandemi, setiap bulan September selalu dicanangkan bulan literasi di segenap sektor kehidupan, begitu pula di sekolah. Jika saat pandemi aktivitas ini sempat terkendala karena keterbatasan yang ada, maka di tahun ini acara yang sama kembali digaungkan, begitu pula di Kota Semarang khususnya di SMP Negeri 22 Semarang.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Agenda kali ini tidak sekedar membaca buku bersama, tetapi dibawah kepemimpinan Ibu Kepala Sekolah yang baru Dra. Rini Rusmiasih, M.Pd., kegiatan bulan literasi digelar sedikit berbeda. Ada parade pembacaan puisi oleh Murid, Guru dan juga Tenaga Kependidikan termasuk Tenaga Kebersihan.

Acara yang diselenggarakan pada hari Selasa, 27 September 2022 di kampus SMP Negeri 22 Semarang mulai dari pukul 07.00 sampai dengan 10.00 mengusung tema Transformasi Literasi Meningkat, Kesejahteraan masyarakat kuat menuju Semarang semakin Hebat. Diawali dengan pembukaan dan pencanangan bulan literasi oleh kepala sekolah, kemudian dilanjutkan flashmob buku bacaan. lalu parade puisi dan diakhiri dengan membaca serentak disetiap sudut sekolah.

Lokasi membaca ditentukan dibeberapa titik diseluruh lingkungan sekolah, baik itu dipojok baca ditiap kelas maupun di gazebo kelas serta beberapa taman yang nyaman untuk membaca. Murid yang membaca diluar kelas, didampingi oleh guru sehingga kegiatan membaca dapat berjalan tertib, lancar dan tetap menyenangkan.

Selain parade puisi, melalui tim perpustakaan, sekolah menetapkan duta baca Sperolly yang tahun ini jatuh pada murid kelas 9A atas nama M. Yusron dan 9B atas nama Nathali. Kedua murid ini memiliki antusiasme membaca yang cukup tinggi, dibuktikan dengan angka kunjungan ke perpustakaan yang paling banyak dan jumlah buku yang dibaca.

Dengan kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi murid untuk lebih semangat membaca dan memiliki budaya literasi yang lebih baik lagi. Semarang Semakin Hebat, Bersama Kita Bisa, Sperolly Berprestasi Itu Pasti.

Ikuti tulisan menarik Anita Rakhmi Shintasari lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler