Tip dan Cara Membuat Konten Viral agar Trafik Website Anda Meningkat dengan Cepat - Urban - www.indonesiana.id
x

Panduan Cara Belajar SEO Untuk Pemula

Ruqyah Cirebon

Jurnalistik
Bergabung Sejak: 12 Juli 2021

Kamis, 29 September 2022 07:46 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Tip dan Cara Membuat Konten Viral agar Trafik Website Anda Meningkat dengan Cepat

    Setiap pemain blogger pasti tentu memiliki keinginan agar konten yang dibuatnya menjadi viral. Karena dengan konten yang viral, maka akan memberikan bebebrapa dampak keuntungan

    Dibaca : 1.867 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    AndreTron Setiap pemain blogger pasti tentu memiliki keinginan agar konten yang dibuatnya menjadi viral. Karena dengan konten yang viral, maka akan memberikan bebebrapa dampak keuntungan, salah satunya yaitu dapat meningkatkan trafik pada sebuah website dan lain sebagainya. Untuk membuat konten viral, setidaknya Anda harus mengikuti beberapa tips membuat konten viral yang baik dan benar.

    Beberapa tips membuat konten menjadi viral yang akan kita bahas di bawah ini seringkali dipakai oleh para pemain blogger lain sehingga konten yang mereka buat ini menjadi viral dan mendapatkan banyak keuntungan. Tentunya, untuk bisa menjadi konten yang viral dan diminati banyak orang, Anda harus telaten dan juga mengikuti tipsnya dengan baik dan benar.

    BACA JUGA: Jasa Aged Domain 

    Beberapa Tip Membuat Konten Viral Dengan Cara Cepat

    Di dalam sebuah hasil penelitian telah mengatakan bahwa dalam membuat konten agar menjadi viral tentu memerlukan beberapa elemen tertentu sehingga bisa mempengaruhi pengunjung website untuk membaca dan juga membagikan konten tersebut kepada masyarakat luas. Setidaknya terdapat 11 tips cara untuk membuat konten viral yang bisa Anda gunakan yaitu sebagai berikut:

    Menggunakan Intro yang Singkat, Jelas dan Padat

    Secara umum, pembaca atau pengunjung website tidak akan membaca keseluruhan isi dari konten artikel tersebut, melainkan hanya sekitar 25% saja. Agar pembaca ini tidak ketinggalan informasi dari setiap konten yang dibaca tersebut, maka Anda harus bisa menyajikan paragraf awalan yang sangat jelas dan padat makna.

    Dalam membuat paragraf awalan yang merupakan sebagai tip membuat konten viral, Anda juga bisa memaparkan secara langsung berbagai fakta yang menarik mengenai isi konten yang Anda buat. Fakta tersebut, bisa Anda sajikan dengan memancing rasa penasaran dari pengunjung. Dengan cara begitu, maka pembaca akan tertarik ingin membaca isi konten dari awal hingga akhir.

    Pilihlah Angka yang Ganjil Untuk Digunakan

    Sebuah headline yang telah dilengkapi dengan angka hal ini akan berpotensi untuk mendapatkan click yang sangat besar. Dan keberadaan angka tersebut,.maka dipercaya mampu untuk menarik minat calon pembaca karena hal ini dianggap lebih spesifik. Apalagi jika Anda menggunakan angka ganjil karena secara psikologis maka dianggap lebih menarik.

    Menggunakan Tanda Kurung Pada Judul

    Tips membuat konten viral ini yang kerap kali dipakai oleh banyak para blogger dunia yang biasa membuat konten viral. Anda tentu juga bisa melakukannya agar konten yang Anda buat ini bisa menjadi viral dan meningkatkan traffic website anda.

    Cara ini juga mampu meningkatkan CTR hingga 39% dibandingkan konten yang tidak menggunakan tanda kurung. Penggunaan tanda kurung ini yang dianggap mampu mendatangkan rasa penasaran oleh calon pembaca. Hal ini dikarenakan secara umum, tanda kurung pada judul yang berisi informasi khusus yang mungkin para pembaca butuhkan.

    Keberadaan Gambar Juga Sangat Penting

    Tip membuat konten viral yang selanjutnya yaitu dengan memberikan gambar sesuai dengan judul pada setiap konten yang Anda buat. Mengingat bahwa secara umum para pembaca ini lebih menyukai sebuah tulisan yang didalamnya memuat gambar fakta yang nantinya bisa mempermudah para pembaca dalam memahami isi dari artikel yang dibacanya.

    Meski demikian, Anda juga harus memastikan bahwa gambar yang Anda pilih sudah sesuai dengan isi konten yang Anda tulis. Untuk penempatan gambarnya, Anda bisa memilih posisi di atas judul jika memang anda hanya mencantumkan satu buah gambar saja.

    Jika Anda ingin mencantumkan lebih banyak gambar, maka setidaknya gambar bisa diletakkan dalam setiap 400 kata. Dengan begitu, maka gambar tersebut akan dapat memberikan penjelasan mengenai isi konten yang dibacanya, sehingga hal ini akan meningkatkan ketertarikan pembaca terhadap konten Anda. Tips cara membuat konten viral ini perlu Anda lakukan.

    Menggunakan URL Yang Ringkas

    Tak disangka, ternyata hanya dengan menggunakan URL yang singkat ini akan mampu menarik calon pembaca setidaknya 3% lebih banyak. Peluang tersebut tentu akan semakin besar jika Anda telah menambahkan keyword pada URL dari isi konten yang akan diposting.

    Maka Untuk melakukan tips membuat konten viral ini, Anda juga bisa melakukannya dengan hanya menggunakan 3 hingga 4 kata saja dalam URL tersebut. Langkah ini yang akan mempermudah para pembaca untuk memahami isi konten meski mereka hanya melihat URL saja dan kemungkinan untuk terindeks oleh Google akan menjadi lebih cepat.

    Buktikan Kreadibilitas Konten Melalui Gambar

    Kekredibilitas-an dalam sebuah konten juga bisa berpengaruh terhadap potensi viralnya konten yang Anda buat. Mengingat bahwa setiap orang yang ingin membagikan suatu konten, pastinya mereka akan memastikan terlebih dahulu apakah konten tersebut merupakan konten yang fakta atau hoax.

    Dengan keberadaan gambar yang berkualitas tinggi dan sesuai fakta, maka konten Anda akan menjadi terlihat lebih profesional. Tips membuat konten viral ini menjadi salah satu tips yang sering dilakukan karena cara ini sangat terbukti mampu meningkatkan potensi share menjadi 131%.

    Masukkan Unsur Emosional

    Sebuah konten yang mengandung unsur emosional hal ini dianggap memiliki potensi yang lebih besar untuk viral. Adapun beberapa contoh jenis emosi yang bisa Anda masukkan pada konten yang akan Anda publish yaitu sesuatu yang mengejutkan oleh pembaca, dengan hal ini akan menimbulkan kekaguman serta yang bisa memicu kemarahan.

    Publish Konten Yang Panjang

    Tips cara membuat konten viral yang selanjutnya yaitu dengan membuat konten yang panjang dalam sebuah penelitian mengatakan bahwa konten yang panjang akan lebih berpotensi untuk menjadi viral. Hal ini dikarenakan artikel atau konten yang sangat panjang akan mampu memberikan dampak SEO yang jauh lebih baik dibandingkan konten yang pendek.

    Namun sayangnya, tidak semua pemilik website atau blogger mampu membuat artikel yang panjang. Jika hal ini juga Anda alami, maka Anda dapat mengatasinya dengan menggabungkan beberapa kata topik pembahasan yang masih sama terkait dengan topik yang akan Anda tulis.

    Memanfaatkan Hastag

    Hastag yang merupakan bentuk lain dari keyword pada sebuah konten. Dalam penerapannya, Anda juga bisa langsung menambahkan hashtag berupa keyword pada bagian deskripsi blog. Tips membuat konten viral ini harus Anda terapka karena akan berpengaruh terhadap traffic blog Anda.

    Demikianlah ulasan mengenai beberapa tips membuat konten viral yang bisa Anda terapkan agar bisa meningkatkan trafik pada blog Anda. Selain melakukan beberapa cara di atas, Anda juga harus memastikan bahwa konten yang ada buat juga berkualitas dan menyajikan info fakta yang menarik.

     

    Ikuti tulisan menarik Ruqyah Cirebon lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.