x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Sabtu, 1 Oktober 2022 07:09 WIB

Tingkatkan Indeks Literasi Masyarakat, DAP Kabupaten Bogor dan Forum TBM Gelar Workshop Penguatan TBM

Sebagai ikhtiar meningkatkan indeks literasi masyarakat, DAP Kab. Bogor dan Forum TBM Kab, Bogor gelar Workshop Penguatan Taman Bacaan Masyarakat

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bertajuk “Bersama Kita Kuat”, Dinas Arsip dan Perpustakaan (DAP) Kab. Bogor menggelar Workshop Penguatan TBM (Taman Bacaan Masyarakat) bekerjasama dengan Forum TBM Kab, Bogor (30/9/2022). Dibuka oleh Priyo Eko Wahono, Pustakawan Perpusda Kab, Bogor dan dihadiri 32 pengelola TBM se-Kabupaten Bogor, workshop ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan motivasi pengelola taman bacaan untuk terus berkiprah dalam menegakkan kegemaran membaca dan budaya literasi masyarakat di Kab. Bogor.

 

“Kami sangat mendukung aktivitas taman bacaan yang ada. Maka workshop ini digelar sebagai bagian meningkatkan sinergi antara DAP Kab. Bogor dan Forum TBM Kab. Bogor. Selain untuk memotivasi rekan-rekan pegiat literasi, semoga indeks literasi Kab, Bogor bisa terus ditingkatkan” ujar Priyo Eko Wahono dalam sambutan pembukaan di Aula Perpustakaan Kab. Bogor.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

 

Dipandu oleh Ansori (MC), Syarifudin Yunus, Pendiri TBM Lentera Pustaka & Penasihat Forum TBM Kab. Bogor sebagai narasumber pertama memaparkan pentingnya praktik baik di TBM dalam memperkuat eksistensi di tengah masyarakat. Caranya dengan memperbaiki tata kelola agar menjadi TBM yang aktif dan kreatif, di samping konsisten ber-literasi. Selain itu, TBM pun harus terus bergerak untuk meraih kinerja dan berani promosi sehingga bisa berkolaborasi dengan pihak lain, khususnya dalam CSR dan meraih dana operasional. Sementara Sitta Alia, Pengelola Perpustakaan KAIT Plus dan Ketua Forum TBM Kab. Bogor sebagai narasumber kedua mengupas pentingnya administrasi TBM khususnya dalam pendataan koleksi buku, pengkodean buku, dan profil TBM terkait pembaca dan kunjungan.  

 

Antusiasme peserta workshop pun terlihat melalui pertanyaan yang disampaikan. Ada semangat yang kuat untuk mengembangkan TBM di wilayahnya. Karena itu, workshop penguatan TBM ini dinilai positif dan dapat dilanjutkan di masa yang akan datang. Selain untuk menjadi momen untuk sinergi yang lebih efektif dalam menggerakkan aktivitas membaca dan literasi bagi masyarakat Kabupaten Bogor, workshop ini pun jadi ajang silaturahim pegiat literasi Kab. Bogor dengan DAP Kab. Bogor.

 

Workshop penguatan TBM ini sangat efektif untuk menyamakan persepsi dan inisiasi antar pegiat literasi TBM. Agar dapat memberi manfaat langsung kepada masyarakat dalam peningkatan minat baca, di samping menjadikan literasi bersifat lebih inklusif. Dan sinergi awal dibuktikan melalui workshop penguatan TBM antara DAP Kab. Bogor, Forum TBM Kab. Bogor, dan pegiat literasi TBM di Kab. Bogor. Salam literasi

 

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terkini

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB