Taman Bacaan Kreatif di Kaki Gunung Salak, Foto-foto Wajib Bawa Buku - Humaniora - www.indonesiana.id
x

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Senin, 3 Oktober 2022 06:00 WIB

  • Humaniora
  • Topik Utama
  • Taman Bacaan Kreatif di Kaki Gunung Salak, Foto-foto Wajib Bawa Buku

    Ada taman bacaan instagramable di kaki Gunung Salak Bogor. Bila Anda peduli gerakan literasi dan membaca buku, silakan kunjungi tempat unik ini

    Dibaca : 668 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Bila Anda suka membaca buku atau peduli taman bacaan, ada baiknya mengunjungi salah satu Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor. Sebuah taman bacaan yang dikenal kreatif dan instragramble. Selain ada banyak spot wisata di kaki Gunung Salak, TBM Lentera Pustaka menyajikan konsep taman bacana yang asyik dan menyenangkan. Sebagai bagian untuk meningkatkan kegemaran membaca dan budaya literasi masyarakat.

     

    Saat main atau berwisata ke kaki Gunung Salak, pasti merasakan pemandangan alam yang alami dan asri. Lagi hawa yang sejuk sehingga bisa jadi obat stres yang manjur. Sembuh dari sumuk dan kepenatan pikiran. Di kaki Gunung Salak, Anda bisa berkunjung ke Curug Nangka, Kawasan Wisata Gunung Halimun Salak, Curug Pangeran, Curug Ngumpet, Hutan Pinus, Pura Jagatkarta Parahiyangan, bahkan glamping dan kafe-kafe yang alami lagi asri. Jarak tempuhnya sekitar 1,5 jam dari Jakarta.

     

    Nah, untuk Anda yang peduli gerakan literasi dan aktivitas membaca buku. Tentu bisa menyambangi TBM Lentera Pustaka. Selain bisa membaca buku di berbagai tempat, taman bacaan ini menyajikan spot-spot foto yang keren. Seperti bergaya di “Gunung Salak Literation Week – GSLW” sebagai tempat catwalk literasi zebra cross tapi wajib membawa buku. Ada pula spot nama-nama jalan yang unik seperti “Jl. Sama Aku Nikah Sama Orang Lain” atau “Jl. Ke TBM Bukan Ke Mantan”. Ada pula kebun baca sebagai tempat event bakti sosial dan diskusi, di samping tersedia Rooftop Baca di lantai 2 yang ber-view Gunung Salak dan Kota Jakarta. TBM Lentera Pustaka bukan hanya jadi tempat membaca ratusan anak-anak dan warga sekitar. Tapi juga bisa jadi tempat bakti sosial CSR, event komunitas, bahkan donasi buku. Asal spirit-nya untuk membangun tradisi baca dan budaya literasi masyarakat.

     

    Spot terbaru di TBM Lentera Pustaka adala “Kolecer Literasi”, kotak literasi cerdas yang dihibahkan dari Dinas Arsip dan Perpustakaan (DAP) Kab. Bogor. Kotak berisikan buku-buku yang bisa jadi bacaan sejenak di Kebun Baca Lentera Pustaka. Memang,  TBM Lentera Pustaka mengusung “wisata literasi” sebagai sosialisasi dan kampanye pentingnya membaca buku di era digital. Bahkan untuk yang suka selfie atau foto-foto untuk media sosial, Taman Bacaan Lentera Pustaka sangat cocok.

     

    Patut diketahui, sejak berdiri tahun 2017 lalu, TBM Lentera Pustaka saat ini menjalankan 13 program literasi  yang terdiri dari: 1) TABA (TAman BAcaan) dengan 130 anak pembaca aktif dari 3 desa (Sukaluyu, Tamansari, Sukajaya), 2) GEBERBURA (GErakan BERantas BUta aksaRA) dengan 9 warga belajar, 3) KEPRA (Kelas PRAsekolah) dengan 26 anak usia prasekolah, 4) YABI (YAtim BInaan) dengan 14 anak yatim yang disantuni dan 4 diantaranya dibeasiswai, 5) JOMBI (JOMpo BInaan) dengan 8 jompo usia lanjut, 6) TBM Ramah Difabel dengan 2 anak difabel, 7) KOPERASI LENTERA dengan 31 kaum ibu agar terhindar dari jeratan rentenir dan utang berbunga tinggi, 8) DonBuk (Donasi Buku), 9) RABU (RAjin menaBUng), 10) LITDIG (LITerasi DIGital) untuk mengenalkan cara internet sehat, 11) LITFIN (LITerasi FINansial), 12) LIDAB (LIterasi ADAb), dan 13) MOBAKE (MOtor BAca KEliling). Dengan koleksi lebih dari 10.000 buku serta didukung 5 wali baca dan 18 relawan, TBM Lentera Pustaka dikenal taman bacaan paling komprehensif dan kreatif. Tidak kurang dari 250 orang pengguna layanan TBM Lentera Pustaka setiap minggunya.

     

    Sepanjang tahun 2021 lalu, TBM Lentera Pustaka pun mencatat torehan prestasi seperti: 1) ) Ramadhan Heroes dari Tonight Show NET TV, Mei 2021, 2) terpilih 1 dari 30 TBM di Indonesia untuk program “Kampung Literasi” dari Direktorat PMPK Kemdikbudristek RI, Juli 2021, 3) terpilih "31 Wonderful People tahun 2021" kategori pegiat literasi dan pendiri taman bacaan dari Guardian Indonesia, September 2021, 4) Sosok Inspiratif Spiritual Journey PLN, Oktober 2021 dan 5) terpilih sebagai “Jagoan 2021” dari RTV, Desember 2021. Deretan prestasi itu menjadi bukti pengakuan dari pihak luar dan publik atas proses dan program yang dijalankan TBM Lentera Pustaka.

     

    Jadi, bila mau lebih bersikap literat, kunjungilah TBM Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor. Bisa membaca buku atau diskusi tentang realitas kehidupan betrsama Pendiri TBM Lentera Pustaka. Ubah niat baik jadi aksi nyata. Salam literasi #TBMLenteraPustaka #TamanBacaan #BacaBukanMaen

     

    Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.