x

Iklan

Delia Dwi Ramadhanti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 1 Juli 2022

Kamis, 13 Oktober 2022 13:38 WIB

Banjir di Puri Bintaro Indah

menjelaskan penyebab banjir, dan memberikan solusi supaya tidak terjadi banjir lagi

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

Opini - Banjir di Puri Bintaro Indah 2022

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bencana lingkungan hidup yang dapat terjadi salah satunya adalah banjir. Banjir merupakan bencana alam yang terjadi setiap musim huja. Bencana ini tidak hanya menyebabkan kerugian harta benda, tetapi juga korban manusia. Oleh karena itu, di perlukannya pencegahan agar banjir tidak terjadi. 

Pada tahun 2022, perumahan Puri Bintaro Indah dilanda banjir. Salah satu penyebab terjadinya banjir perumahan Puri Bintaro yaitu hujan yang berkepanjangan. 

Dampak banjir ini sangat dirasakan oleh setempat dari kerusakan harta beda, kejadian banjir ini tidak memakan korban jiwa. Di tambah lagi bencana banjir terjadi pada situasi pandemi menyebabkan minimnya penerapan protokol kesahatan. 

Selain itu, banjir juga menyebabkan lumpuhnya perekonomian karena keterbatasannya gerak dan wilayah yang dapat di jangkau membuat sebagian orang tidak dapat melalukan pekerjaannya untuk memenuhi kebutuhan ekonomi. 

Mengingat banyaknya dampak yang terjadi pada banjir awal tahun lalu, perlu dilakukan pencegahan kejadian tersebut tidak terulang. Cara pencegahan tersebut yaitu membangun tanggul baru di perumahan puri bintaro.

Namun, dengan kemungkinan terburuk apabila banjir kembali terulang maka ada beberapa langkah yang dapat dilakukan. Seperti menyiapkan obat-obatan, makanan kering, dan kebutuhan lainnya, mematikan listrik dan sumber gas, memindahkan barang berharga ketempat yang lebih aman atau lebih tinggi, mencari informasi tentang banjir, dan melakukan pengungsian apabila air mulai tinggi. 

 

Sumber : terasbuana.com

 

Ikuti tulisan menarik Delia Dwi Ramadhanti lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler