Kemajuan Teknologi Digital untuk Pendidikan Tak Terbatas Spasial

Rabu, 19 Oktober 2022 10:47 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kemajuan teknologi digital dalam bidang Pendidikan ditunjang dengan fasilitas internet murah. Hal ini membuat kegiatan belajar mengajar tak terbatas ruang dan waktu.

     Saat penulis masih sekolah dahulu, rasanya sulit sekali untuk pasang akses layanan internet murah. Aku menjadi bagian dari generasi milenial yang masih merasakan masa kejayaan warung internet (warnet). Sepulang SMA, aku harus mengerjakan tugas atau sekadar membuka friendster maupun chatting melalui MIRC di WarNet. Kondisi demikian jauh berbeda saat kemajuan teknologi digital sudah makin akrab dengan kehidupan manusia, khususnya sendi pendidikan saat ini.

       Internet murah bak hadir tanpa jarak dan tak memandang kasta sosial. Proses pembelajaran dan kegiatan belajar mengajar pun terasa makin dekat serta bisa dilakukan dari mana saja. Apalagi sejak pandemi yang menuntut setiap individu tak lagi gaptek (gagap teknologi). Inilah manfaat internet yang bisa dirasakan tak terbatas spasial.

      Kini, teknologi digital dalam pendidikan dianggap sebagai sarana untuk mendukung pembelajaran, baik sebagai alat informasi (sarana akses) atau alat pembelajaran (sarana penunjang kegiatan belajar mengajar). Teknologi pun dianggap dapat menggantikan guru sebab pembelajaran bisa dilakukan dimana saja, kapan saja, dan pada usia berapa saja. Internet murah yang menyediakan banyak informasi dari ragam sumber dapat diakses oleh siapa saja untuk memperluas pengetahuan tentang suatu materi pembelajaran.

         Adapun implementasi kemajuan teknologi digital dalam bidang pendidikan yang bisa dirasakan, yaitu:

  1. Media pembelajaran

Internet sangat memungkinkan guru untuk menyajikan pelajaran lebih menarik bagi peserta didik. Pembelajaran berbasis internet seperti web-learning, e-learning, atau quiz online sudah banyak dilakukan. Pembelajaran yang memanfaatkan internet murah ini menjadi lebih fleksibel dari segi waktu dan tempat. Peserta didik pun dapat akses informasi yang dibutuhkan dalam pembelajaran secara bebas. Media pembelajaran seperti ini bisa meningkatkan proses kognitif peserta didik dan keterampilan berpikirnya.

  1. Alat administratif

Manfaat teknologi digital juga dirasakan sebagai efisiensi manajemen lembaga pendidikan. Dengan pengunaan komputer dan internet murah, produk teknologi digital bisa berkembang untuk mengelola data administrasi, baik siswa, guru, maupun sekolah itu sendiri.

  1. Sumber belajar

Kemajuan teknologi digital yang bisa dirasakan dari manfaat internet murah yaitu tersedianya e-book dan layanan perpustakaan daring. Kemudahan untuk menjangkau sumber informasi tak terikat lagi ruang-ruang kaku. Siapapun bisa unduh bahan bacaan yang sudah banyak tercantum di internet.

 

     Dari ketiga hal di atas, izinkan penulis memprediksi masa depan pendidikan Indonesia yang berbasis digital. Pertama, peran guru harus tampil sebagai fasilitator. Seorang guru tak bisa lagi mempraktekkan pola didik konvensional. Guru harus mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi digital sehingga mampu jadi penghubung antar peserta didik dan perangkat digital yang dikendalikannya. Kedua, pola ajar gamefikasi akan jadi tren yang mencuri perhatian. Kesukaan peserta didik pada permainan interaktif atau diskusi mengalir akan banyak dimanfaatkan untuk menciptakan suasana kegiatan belajar dan mengajar yang lebih kondusif.

       Sebagai sosok yang haus akan belajar, penulis pun memilih layanan internet murah dari IndiHome. Sebagai anak perusahaan dari Telkom Group, penulis yakin bahwa internetnya Indonesia ini sudah memberi banyak manfaat bagi kemajuan teknologi digital dalam bidang pendidikan. Banyak sekolah atau kampus yang mempercayakan jaringan internet cepat dan stabil dari provider ini untuk menunjang keberhasilan pendidikan pada masing-masing area cakupannya.

       Kita sudah bisa merasakan kemajuan teknologi digital secara langsung, meski kadang hal ini bisa mengubah pola kehidupan sehari-hari. Cara belajar, akses dan pertukaran informasi, sampai pertemuan serta hubungan sosial pun makin tak terbatas spasial. Kehadiran internet murah memudahkan berkomunikasi dan menjalani proses pendidikan tanpa dibatasi ruang dan waktu. Patut digarisbawahi, perubahan perilaku seperti ini jangan sampai merusak tatanan sosial dalam bermasyarakat. Individu harus tetap peka dan tak boleh apatis dengan keadaan sekitar. Sejatinya, teknologi digital itu juga lahir dari proses pendidikan yang terus berlanjut sampai sekarang.

Bagikan Artikel Ini
img-content
Achmad Humaidy

Seorang narablog yang menyalurkan hobi membaca dan menulisnya melalui INDONESIANA supaya bisa menjadi inspirasi bagi siapa saja. Kepoin blognya: https://www.blogger-eksis.my.id II IG @me_eksis II Twitter @me_idy

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
img-content
Lihat semua