x

Tim KKL Mahasiswa D3 Humas Undip saat berkunjung ke Pemprov Jateng di Gedung B Kantor Pemprov Jateng, pada Senin (31/10/2022)

Iklan

rohmat

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 September 2022

Rabu, 2 November 2022 07:18 WIB

Prodi D3 Humas Undip KKL di Kehumasan Pemerintah Provinsi Jateng

Mahasiswa D3 Humas PSDKU Batang melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di lingkup Humas Pemprov Jateng untuk belajar strategi kehumasan terkait pemberitaan, publikasi, maupun pemantauan media selama 2 hari.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sebanyak 45 mahasiswa D3 Humas Undip Kampus Batang melakukan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di lingkungan Kehumasan Pemerintahan Provinsi Jawa Tengah di Gedung B Pemprov Jateng. KKL yang dilakukan mahasiswa Program Studi di Luar Kampus Utama Batang ini mengacu pada strategi kehumasan yang dikembangkan Pemerintah Jawa Tengah, baik dalam pemberitaan, publikasi, maupun pemantauan media.
 
Mohammad Wachju Alamsyah, S.H. Plt selaku Kepala Biro Umum Pemprov Jateng menyambut baik harapan mahasiswa Undip untuk melaksanakan KKL, bahkan memfasilitasi bagi yang ingin melanjutkan kepesertaan KKP atau magang di Humas Pemprov Jateng nantinya.
 
“Silahkan, kami sangat terbuka, jika mahasiswa berminat magang di kehumasan. Kami sesuaikan dengan kapasitas ruang yang ada di lingkup kehumasan,” kata Alamsyah saat menerima KKL Undip, Senin (31/10) di Aula B 5 Gedung Setda Prov Jateng, Jalan Pahlawan, Semarang.
 
Diantara kesempatan saat KKL, mahasiswa leluasa untuk berinteraksi dengan Tim Humas Pemprov, antara lain, Akhsin Dzul Qurnain dari Bagian Publikasi, Nadiva dan Puput dari Bagian Hubungan Media dan Bagian Optimalisasi Media Sosial.
 
Akshin Dzul Qurnain, fungsional Pranata Humas Ahli Muda menggambarkan aktivitas Humas di Jawa Tengah sangat dinamis, bahkan jam kerjanya relatif berbeda dengan era pemerintahan sebelumnya. Humas juga terlibat dalam acara kepemimpinan, yang seringkali harus dilakukan sejak waktu subuh, meskipun mereka juga aktif memperbarui agenda kepemimpinan gubernur, letnan gubernur, dan sekretaris daerah pada malam sebelumnya.
 
Akshin mengatakan mereka diposisikan untuk mendapatkan kepercayaan tingkat tinggi dari publik atau masyarakat. Berbagai cara dan strategi terus dilakukan PR. Terkadang mereka bekerja dengan tim penuh dalam publikasi dan liputan. "Misalnya kadang kami ajak dua fotografer atau videografer kami, karena teman yang satu fokus pada aktivitas Pak Gubernur Ganjar, dan teman fotografer lain mensupport foto-foto bendungan yang gubernur kunjungi atau resmikan karena itu juga penting,” papar Akshin.
 
Sementara itu, Nadiva yang membidangi kerjasama media sangat mengapresiasi peran teman-teman media. Tugas mereka juga melayani mitra media, mendukung liputan dan konten media massa. Apa yang mereka lakukan sangat dinamis dan sering mengikuti ekspektasi media. Dari sisi konten media sosial, Puput dari tim Humas menggambarkan keragaman konten media sosial karena media sosial yang ada juga memiliki karakteristik yang berbeda.
 
“Tolong teman-teman mahasiswa juga berperan memerangi hoax,” ujar Akhsin Dzul Qurnain. "Ini penting karena rusaknya bangsa ini bisa jadi juga karena bertebarannya hoax. Peran mahasiswa disini sangat strategis, untuk bersama kita memerangi hoax." 
 
Dosen KKL D3 Humas MJ Rizqon Hasani menjelaskan, KKL berlangsung selama dua hari dari Minggu hingga Senin. Pada hari pertama, mahasiswa dibimbing oleh Pak Sutomo mendapatkan materi media fotografi dan diajak mengikuti Canon Semarang Photo Marathon 2022 di Jalan  Pahlawan Semarang tepatnya di Gedung Gradhika.
 
Salah satu juara kompetisi ini adalah mahasiswa D3 Humas Undip Azizi yang meraih juara ketiga dalam lomba foto nasional tahunan yang didukung oleh Canon Photography. D3 Humas juga mendapatkan penghargaan dari Canon dalam kategori campus engagement yang cukup tinggi di ajang fotografer bergengsi ini. Terakhir, KKL ini juga didampingi oleh Dr. Adi Nugroho, M.Si, Ketua Program Penelitian D3 Humas Kampus Undip Batang, serta para dosen pendamping lainnya.

Ikuti tulisan menarik rohmat lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB