Menanamkan Afirmasi Positif Kepada Anak dengan Tagline Keluarga - Humaniora - www.indonesiana.id
x

Bambang Udoyono

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Maret 2022

Rabu, 2 November 2022 13:10 WIB

  • Humaniora
  • Topik Utama
  • Menanamkan Afirmasi Positif Kepada Anak dengan Tagline Keluarga

    Tugas orang tua adalah membentuk karakter positif anak anaknya. Salah satu caranya dengan menanamkan afirmasi positif kepada mereka. Ini bisa dilakukan dengan menciptakan tagline keluarga. Bagaimana paparannya. Sila baca terus.

    Dibaca : 1.126 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Menanamkan Afirmasi Positif kepada Anak dengan Tagline  keluarga

     

    Bambang Udoyono, penulis buku

     

    Saya yakin Anda semua pasti sudah tidak asing dengan tagline  perusahaan. Di dalam dunia bisnis modern perusahaan besar sudah pasti memiliki tagline, yaitu frasa atau kalimat singkat tapi padat yang biasanya dituliskan di bawah nama perusahaan.  Salah satu produsen komputer dulu memiliki tagline sangat bagus yaitu We don’t sell computer but we sell solution.  Hakekatnya solusi yang dia jual, bukan sekedar jualan benda.

     

    Buat apa sih tagline?  Manfaatnya ada beberapa.  Ia memberitahu konsumen dengan singkat tapi jelas tentang layanan perusahaan.  Ia membuat konsumen mendapat kesan positif tentang perusahaan.  Ia juga mengingatkan karyawan perusahaan itu tentang values, tentang tugas mereka.  Jadi semuanya mendapat informasi ringkas tapi jelas.

     

    Nah kalau keluarga, apakah membutuhkan tagline?  Memang tidak lazim, tapi apa salahnya? Wong manfaatnya juga ada.  Sama seperti untuk perusahaan.

     

    Ketika anak saya masih kecil, sekitar usia dua atau tiga tahun mereka suka menonton tv sambil main.  Ada sebuah iklan deterjen yang memakai tagline kecil tapi hebat.  Anak saya kedua suka sekali menirukan iklan itu.  Setiap hari dia mengulangi kalimat itu.  Akhirnya saya manfaatkan saja kalimat itu menjadi tagline keluarga.  Saya katakan kepada anak anak bahwa mereka kecil tapi hebat.

     

    Manfaatnya adalah untuk menanamkan kepercayaan diri dan self esteem di pikiran mereka bahwa mereka juga memiliki potensi, memiliki kelebihan, keunikan yang tidak dimiliki orang lain.

     

    Alhamdulilah rencana itu berjalan baik.  Jadi cobalah Anda menemukan tagline yang tepat untuk keluarga anda.   Bagaimana menemukan tagline yang tepat?

     

    Tentunya disesuaikan dengan values keluarga Anda. Mungkin Anda bercita cita membangun keluarga yang Islami. Barangkali Anda ingin anak anak Anda akan menjadi cendekiawan muslim.  Berdasar itu usahakan mencari kalimat atau frasa yang ringkas, indah, mudah dipahami.  Sampaikan kalimat itu kepada keluarga secara lisan dan tertulis. Tuliskan di kertas dan tempelkan di dinding aau di pintu.

    Kalimat atau frasa itu akan menjadi afirmasi positif untuk anak anak Anda.  Itu akan masuk ke alam bawah sadar mereka. Sehingga mereka akan menjadi percaya diri, rajin, beriman dan berbagai karakter baik yang Anda ingini.

     

    Jadi manfaat tagline keluarga ini lebih banyak ke dalam, atau untuk keluarga Anda sendiri.   Tapi kalau Anda terjun ke dunia politik tidak ada salahnya tagline itu disebarluaskan ke masyarakat. Selain di dunia politik mungkin bisa juga diterapkan untuk kegiatan sosial lainnya.

     

    Karena manfaatnya jelas jangan ragu ragu lagi. Rumuskan tagline untuk keluarga Anda.

    Ikuti tulisan menarik Bambang Udoyono lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.