Menumbuhkan Karakter Profil Pelajar Pancasila melalui Pameran Produk di SMK Negeri 1 Tanjung Selor - Pendidikan - www.indonesiana.id
x

di smkn 1 tanjung selor

Durrotul Machfiyyah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 2 November 2022

Kamis, 3 November 2022 14:00 WIB

  • Pendidikan
  • Topik Utama
  • Menumbuhkan Karakter Profil Pelajar Pancasila melalui Pameran Produk di SMK Negeri 1 Tanjung Selor

    Artikel pendidikan_ menumbuhkan karakter profil pelajar pancasila melalui project riil

    Dibaca : 1.171 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Menumbuhkan Karakter Profil Pelajar Pancasila melalui Project Riil “Pameran Produk” di SMK Negeri 1 Tanjung Selor

     

    Tanjung Selor, 3 November 2022. SMK Negeri 1 Tanjung Selor merupakan salah satu sekolah SMK yang ada di Provinsi Kalimantan Utara dan merupakan SMK pusat keunggulan (SMK PK) Kemendikbudristek. Tahun 2022 merupakan tahun ke-2 bagi SMK Negeri 1 Tanjung Selor menjadi sekolah PK. Apasih SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) itu?

    SMK Pusat keunggulan (PK) merupakan program pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu dalam peningkatan kualitas dan kinerja, yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha, dunia industri, dunia kerja, yang akhirnya menjadi SMK rujukan yang dapat berfungsi sebagai sekolah penggerak.

    Pembelajaran pada SMK pelaksana Program Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pusat Keunggulan merupakan pembelajaran yang berorientasi pada penguatan kompetensi, karakter, dan budaya kerja yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila. Profil Pelajar Pancasila merupakan sejumlah karakter dan kompetensi yang diharapkan untuk diraih oleh peserta didik, yang didasarkan pada nilai-nilai Pancasila, Adapun elemen-elemen profil pelajar Pancasila antara lain Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia. Berkebinekaan global. Gotong Royong. Mandiri. Bernalar kritis dan Kreatif.

    Pada akhir bulan Oktober 2022 lalu peserta didik SMK Negeri 1 Tanjung selor yang berada di Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara, telah mengadakan Pameran Produk, karya dari 7 konsentrasi keahlian, salah satunya adalah dari konsentrasi keahlian usaha layanan wisata. Peserta didik dari konsentrasi usaha layanan wisata memamerkan produk dan jasa serta menjual proyek riil-nya merupa menjual paket tour/paket wisata dan jasa pelayanan kafe mini Kopirdulu (racikan dari kopi robusta ditambah susu kental manis).

    Untuk menarik perhatian pengunjung, peserta didik dari konsentrasi usaha layanan wisata juga membuat ,m,abar (maen bareng) PUBG Mobile dan Kosplay PUBG (memakai kostum karakter PUBG). Penyelenggaraan Project riil “Pameran produk” ini memberikan kesempatan besar kepada peserta didik untuk mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilannya sebagai proses penguatan karakter profil pelajar Pancasila yang beriman, bertakwa kepada Tuhan YME (memulai acara pameran diawali dengan berdoa Bersama demi kelancara acara), dan berakhlak mulia (peserta didik bertutur kata dan bersikap dengan sopan dengan pengunjung pameran produk).

    Berkebinekaan global (peserta didik mampu berkomunikasi dan berinterkasi dengan pengunjung, serta mampu menghargai kebudayaan lokal). Gotong Royong (peserta didik mampu untuk melakukan kegiatan secara bersama-sama dengan sukarela, berkolaborasi dan peduli terhadap lingkungan dan oranglain). Mandiri (peserta didik mampu bertanggungjawab atas pelaksanaan pameran produk dari proses persiapan hingga proses penutupan pameran). Bernalar kritis (peserta didik mampu memperoleh dan memproses informasi sampai mengambil keputusan untuk menuangkan ide karyanya) dan Kreatif (peserta didik mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak yang di tuangkan dalam bentuk produk riil pamerannya).

    Dengan hadirnya elemen-elemen profil pelajar Pancasila dalam kegiatan project riil “pameran produk” menciptakan proses pembelajaran berbasis project yang riil yang berpihak kepada peserta didik (student center) dan pembelajaran ini merupakan pembelajaran yang menyenangkan, bermakna dan berdampak positif terhadap kehidupan peserta didik serta peserta didik dapat mengembangkan juga kompetensi keahliannya masing-masing.  

     

     

     

    sip pameran

    Ikuti tulisan menarik Durrotul Machfiyyah lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.