x

Iklan

Rutan Demak

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 September 2022

Kamis, 17 November 2022 06:14 WIB

Dinkes Lakukan Mobile VCT di Rutan Demak untuk Deteksi Dini HIV/AIDS,

Pada kesempatan kali ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Demak turut melibatkan tim medis dari Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Demak, Puskesmas Demak 1 dan Puskesmas Demak 3 untuk melaksanakan kegiatan Mobile VCT HIV/AIDS bagi Warga Binaan Pemasyarakatan Rutan Kelas IIB Demak

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

DEMAK - Koordinasi, kolaborasi dan sinergitas antara Rumah Tahanan Kelas IIB Demak dan Dinas Kesehatan Kabupaten Demak tetap terjalin dan ditingkatkan terutama mengenai pelayanan kesehatan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan.

Pada kesempatan kali ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Demak turut melibatkan tim medis dari Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Demak, Puskesmas Demak 1 dan Puskesmas Demak 3 untuk melaksanakan kegiatan Mobile VCT HIV/AIDS bagi Warga Binaan Pemasyarakatan Rutan Kelas IIB Demak, Rabu (16/11/2022).

Kegiatan Mobile VCT dilaksanakan di ruang Video Call Rutan Kelas IIB Demak yang diikuti oleh 245 Warga Binaan Pemasyarakatan. Kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 08.30 sampai dengan 11.00 waktu setempat. Program screening ini dilakukan untuk mendeteksi WBP yang terdampak HIV/AIDS ,sehingga bisa diambil langkah-langkah berdasarkan SOP yang berlaku. Kegiatan ini dilakukan agar selalu dapat memonitor kesehatan WBP sebagai upaya pencegahan berkembangnya penyakit menular yang bukan tidak mungkin dapat menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban di dalam Rutan Demak.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kepala Rutan Kelas IIB Demak, Riski Burhannudin menuturkan bahwa kegiatan ini memiliki nilai yang positif dan sangat bermanfaat sehingga dapat selalu mengontrol dan mengawasi kondisi kesehatan setiap WBP yang sedang menjalani masa pidana.

“Kami memberikan perhatian khusus terutama untuk kesehatan mereka, dengan adanya kegiatan ini diharapkan seluruh warga binaan bisa terus sehat,” ujar Riski Burhannudin.

Riski Burhannudin juga mengucapkan terimakasih kepada stakeholder yang sudah ikut membantu terlaksananya kegiatan ini.

"Kegiatan ini tidak dapat berlangsung tanpa bantuan dan support dari Dinas Kesehatan Kabupaten Demak. Saya ucapkan terimakasih khususnya kepada Dinas Kabupaten Demak, Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Demak, Puskesmas Demak 1 dan Puskesmas Demak 3, juga kepada petugas kesehatan Rutan Demak," kata Riski Burhannudin.

Dari hasil VCT yang dilakukan, seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan Rutan Demak dinyatakan Non Reaktif HIV/AIDS. Kegiatan ini dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Ikuti tulisan menarik Rutan Demak lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler