Swasta Harus Terlibat Lebih Aktif dalam Pengembangan Literasi dan Taman Bacaan - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Senin, 21 November 2022 21:30 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Swasta Harus Terlibat Lebih Aktif dalam Pengembangan Literasi dan Taman Bacaan

    Retno Tri Wulandari, Corporate Secretary Bank Sinarmas dinobatkan sebagai Bunda Literasi Swasta atas kepedulian terhadap literasi dan taman bacaan

    Dibaca : 1.020 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Tidak banyak pihak swasta atau korporasi yang mau terlibat dalam kegiatan CSR di bidang literasi dan taman bacaan. Karena itu, upaya sosialisasi pentingnya literasi dan taman bacaan harus terus dilakukan. Salah satunya dengan menyematkan tokoh swasta sebagai bunda literasi swasta. Sosok yang peduli dan berdedikasi untuk pengembangan aktivitas literasi dan taman bacaan di Indonesia.

    Atas dasar itu, Head of Corporate Secretary Bank Sinarmas, Retno Tri Wulandari dinobatkan sebagai Bunda Literasi Swasta oleh Taman Bacaan Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor. Penobatan ditandai dengan penyematan selempang bunda literasi swasta dan penghargaan oleh Syarifudin Yunus, Pendiri TBM Lentera Pustaka di acara Festival Literasi Gunung Salak #5 yang dihadiri 350 pemerhati literasi, Minggu (20/11/2022).

     

    Retno Tri Wulandari, ibu dari 3 anak ini terpilih sebagai Bunda Literasi Swasta melalui mekanisme seleksi Komite Bunda Literasi TBM Lentera Pustaka dengan kriterai 1) tokoh swasta atau perusahaan yang peduli terhadap aktivitas literasi dan taman bacaan, 2) telah berkiprah minimal 2 tahun dalam mendukung aktivitas literasi dan taman bacaan, 3) sosok ibu atau wanita karier yang patut diteladani, 4) mampu menjadi inspirator dalam mendukung pembangunan kualitas sumber daya manusia (SDM), dan 5) dekat dengan aktivitas literasi dan taman bacaan masyakarat.

     

    “TBM Lentera Pustaka menobatkan Ibu Retno Tri Wulandari selaku Head of Corporate Secretary Bank Sinarmas atas kepedulian dan dedikasinya kepada aktivitas literasi dan taman bacaan. Di bawah kepemimpinannya, dukungan swasta terhadap taman bacaan sangat besar. Selain ber-CSR di TBM, beliau juga menginisiasi pembangunan roofto baca di TBM Lentera Pustaka. Komitmenya besar dan berkelanjutan,” ujar Syarifudin Yunus, Pendiri TBM Lentera Pustaka dalam rilisnya hari ini.

     

    Adapun peran Bunda Literasi Swasta adalah ikut aktif mengembangkan gerakan literasi dan taman bacaan, di samping ikut meningkatkan kegemaran membaca masyarakat. Melalui peran Bunda Literasi Swasta TBM Lentera Pustaka diharapkan pihak swasta ikut berkontribusi dalam meningkatkan indeks literasi dan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Bogor.

     

    Dalam kesempatan sebelumnya, Retno Tri Wulandari pun meresmikan Rooftop Baca TBM Lentera Pustaka sebagai tempat membaca ber-view Gunung Salak yang dibangun atas dana CSR Bank Sinarmas. Retno juga berdialog dengan anak-anak pembaca aktif di taman bacaan untuk terus sekolah dan membaca buku agar tidak putus sekolah. Retno sempat memberikan motivasi dan dorongan kepada semua anak-anak, tentang pentingnya membaca buku di taman bacaan.

     

    “Penghargaan Bunda Literasi Swasta ini tentu untuk Bank Sinarmas tempat saya bekerja. Kami berkomitmen untuk terus mendukung aktivitas TBM Lentera Pustaka yang luar biasa selama ini. Karena itu, saya imbau anak-anak untuk terus membaca agar bisa terus sekolah. Terima kasih atas sinerginya bersama Bank Sinarmas,” ujar Retno Tri Wulandari, Head of Corporate Secretary Bank Sinarmas saat memberi sambutan.

     

    Melalui penobatan Bunda Literasi Swasta, diharapkan akan semakin banyak korporasi dan tokoh swasta yang peduli terhadap aktivitas literasi dan taman bacaan. Karena literasi, adalah hal penting dan fundamental untuk memajukan kualitas manusia dan bangsa Indonesia. Salam literasi #BundaLiterasiSwasta #TamanBacaan #FestivalLiterasi #TBMLenteraPustaka

    Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.