Bahaya Narkoba bagi Generasi Penerus Bangsa - Analisis - www.indonesiana.id
x

Sendi muhammad Fahrezi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 November 2022

Sabtu, 26 November 2022 08:09 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Bahaya Narkoba bagi Generasi Penerus Bangsa

    Artikel ini membahas tentang bahaya narkoba untuk anak anak temaja atau dewasa

    Dibaca : 343 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Pasti kalian sudah pada tahu, seberapa berbahanya narkoba bagi generasi penerus bangsa dan sudah pasti banyak negatifnya terhadap anak anak atau remaja yang menggunakan narkoba.

    Narkoba atau bisa disebut istilah narkotik, Psikotropika, dan masih banyak berbagai jenis barang yang berbahaya. Istilah yang seringkali dipakai adalah NAPZA ( narkotika, Alkohol, Psikotropika, dan Zat adiktif lainnya ).

    Narkotika adalah zat atau obat yang diambil dari tanaman baik sintetis maupun semi sintetis yang bisa menyebabkan seseorang jika mengkonsumsinya akan mengalami perubahan kesadaran, hilang rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, bahkan sampai menimbulkan efek ketergantungan, yang dibedakan dalam golongan – golongan sebagaimana terlampir dalam Undang – Undang No. 35 Tahun 2009 Tentang narkotik.

    Di era canggih dan modern seperti ini, Narkoba telah menjadi problem atau masalah bagi masyarakat dan bagi pemerintah. Narkoba yang bisa mengobrak-abrik nalar yang cerah, merusak jiwa dan raga, dan kelak narkoba bisa mengancam masa depan umat manusia.

    Penggunaan Narkoba bukan hanya terjadi pada orang dewasa sata tetapi anak – anak dan remaja juga sudah banyak yang menjadi korban dari efek mengonsumsi narkoba. Dari mulai anak – anak atau remaja mereka awalnya hanya penasaran dengan rasanya, ikut – ikut mencoba, dan saat mereka sudah merasakan nikmatnya mengkonsumsi akhirnya jadi ketergantungan menggunakan narkoba. Banyak orang yang menggunakan narkoba jenis obat-obatan hanya untuk bersenang-senang, adapun yang menggunakannya untuk menghilangkan depresi, dan narkoba bisa jadi sebagai pelarian dari masalah seseorang. Padahah, efek dari menggunakan narkoba sangatlah berbahaya, iya dapat merusak kesehatan secara fisik dan kejiwaan. Masa remaja adalah masa seseorang sedang mencari jati diri, pada masa remaja anak-anak memiliki mosi yang tidak stabil.

    Maka dari itu peran dari orang tua sangatlah penting untuk mengawasi pergaulan anak-anaknya. karena diera sekarang yang semakin modern banyak anak-anak yang ingin mencoba hal yang baru.orang tua harus bisa mengarahkan dan membimbing anak-anaknya agar terbentuk karakter yang kritis dan cerdas. Masa remaja adalah masa yang paling harus diawasi setiap orang tua, maka dari itu peran orang tua untuk membimbing anaknya sangatlah penting demi kehidupan anak kedepannya. Orang tua harus memberikan pengetahuan yang banyak tentang bahaya narkoba, memberikan informasi atau gambaran tentang bahaya memakai narkoba bagi kesehatan dan bagi kehidupan kedepannya.

    Ikuti tulisan menarik Sendi muhammad Fahrezi lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.