Bagaimana Neuro Linguistik Programming Bekerja? Tahap Relaksasi Gelombang Otak (4) - Analisis - www.indonesiana.id
x

pict by freepik

Idatus sholihah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 November 2022

Rabu, 30 November 2022 09:00 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Bagaimana Neuro Linguistik Programming Bekerja? Tahap Relaksasi Gelombang Otak (4)


    Dibaca : 373 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Kita tahu bahwa secara ilmiah otak manusia memiliki lima frekuensi, yakni Alpha, Beta, Delta, Theta, dan Gamma. Tentunya ini sangat berperan penting dalam fungsi otak. Saya tidak akan mendeskripsikan masing-masing dari tiap frekuensi otak tersebut, melainkan hanya frekuensi Theta saja. Hal ini karena frekuensi otak theta yang memiliki asosiasi dengan proses penyembuhan alami dalam tubuh manusia. Lalu, kaitannya dengan latihan NLP  bisa memicu gelombang theta untuk aktif sehingga kondisi emosi bisa menjadi lebih baik. Cara yang digunakan bisa melalui relaksasi, hipnosis, meditasi, dan latihan pengendalian emosi lainnya.

    Ketika gelombang theta aktif akan berdampak baik bagi tubuh, meningkatkan relaksasi secara mendalam, hingga kemudian memulihkan pikiran dan tubuh selama sakit dan juga setelah sakit. Gelombang otak theta juga dikaitkan dengan peningkatan kreativitas, keterampilan tingkat lanjut terkait pemecahan masalah, peningkatan tingkat kemampuan belajar, peningkatan daya ingat, dan peningkatan tingkat intuisi di antara begitu banyak manfaat lainnya. Itulah mengapa Anda harus selalu menggunakan latihan NLP setiap kali Anda merasa tidak enak badan, cemas, stres, sedih, kurang termotivasi, dan perasaan negatif lainnya yang mungkin Anda miliki. Setelah Anda merangsang gelombang otak theta, Anda akan menerima penyembuhan dan pemulihan dalam waktu singkat.

    Latihan Mengurangi Kecemasan Melalui NLP

    Dewasa ini, kita sering menemukan persoalan kecemasan atau anxiety bagi sebagian besar orang. Pada tingkat kecemasan yang serius atau level tinggi ini perlu membutuhkan terapis atau psikatri untuk mengatasinya. Pada tahapan paling parah kecemasan ini bisa menjadi depresi jika tidak terkendali dan terkendali. Disadur dari buku Heart of The Mind, beberapa teknik mengurangi kecemasan dengan menggunakan NLP sebagai berikut:

    • Duduklah dengan nyaman di tempat yang tenang, dengan mata tertutup, tarik napas dalam-dalam sebanyak tiga kali dan menghembuskan napas perlahan.
    • Pikirkan tentang kecemasan; di mana bagian tubuh mana itu muncul? Apa bentuknya?
    • Apakah ada warna? Cari tahu apakah ia memiliki tekstur, suhunya. Apakah besar atau kecil, ringan atau berat, bergerak atau diam, apakah lentur atau keras?
    • Cari tahu persis bagian tubuh yang merasa cemas. Apakah itu wajah, tenggorokan, perut, dada, bahu? Anda harus mengarahkan diri secara sadar untuk menemukan tempat yang tepat di mana kecemasan terasa. Cari tahu apakah kecemasan itu ada di satu bagian tubuh atau di banyak tempat dan bawa diri   ke sana.
    • Tentukan lingkungan sekitar bagian tubuh dengan kecemasan. Apa warna sekelilingnya?
    • Bagaimana rasanya? Seperti apa bentuknya? Bagaimana sebenarnya lingkungan sekitar, diam atau bergerak? Kaku atau fleksibel? Gelap atau cerah? Semua ini adalah imajinasi yang harus diciptakan dalam pikiran Anda.
    • Jika merasa stress dan marah, ubah visualiasi tempat yang muncul di sekitar kecemasan. Jika misalnya diwarnai, coba tuangkan air ke atasnya dalam imajinasi Anda hanya untuk menghilangkannya. Cobalah untuk mencairkannya sebanyak mungkin. Jika terasa panas, tuangkan air untuk mendinginkannya.
    • Ubahlah bayangan dalam benak Anda tentang lingkungan sekitar itu sampai mata batin Anda melihat sesuatu yang lebih baik dari apa yang ada sebelumnya.
    • Jika tidak ada yang berubah dan sekitarnya menentang apapun yang Anda lakukan atau bayangkan, coba pindahkan, ubah lokasinya, bentuk, lenturkan; apa saja yang akan membuatnya terasa berbeda dan lebih baik. Luangkan waktu untuk melakukan semua ini saat Anda bernapas dalam- Pastikan Anda rileks selama ini.
    • Sekarang perhatikan dan bayangkan saat kecemasan diambil alih oleh lingkungan yang lebih baik berhasil meghilangkan kecemasan, mendorongnya menjauh, membuatnya lebih kecil dan lebih lemah, memudarkan warnanya dan hal lain yang akan membuat kecemasan hilang sama sekali dari gambaran mental Anda.
    • Setelah kecemasan hilang, isi ruang kosong dengan energi baru. Ambil napas dalam-dalam. Bayangkan sesuatu yang menyenangkan, dengan warna-warna cerah, cukup besar datang untuk mengisi ruang kosong yang ditempati kecemasan. Anda harus merasa lebih baik pada tahap ini dan lebih berenergi. Ini akan menghilangkan kecemasan Anda dan meningkatkan penyembuhan diri batin Anda.

    Demikian tipsnya, kita bisa coba mandiri dan tidak ada ruginya, jika sekali atau dua kali belum berhasil maka dicoba berkali-kali tidak masalah dan tidak berbahaya. Mari terus berusaha merawat akal sehat dan kewarasan jiwa!

    Ikuti tulisan menarik Idatus sholihah lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.