x

Iklan

Dyah Nur Anisah Dyn_anisaah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 2 Desember 2022

Sabtu, 3 Desember 2022 08:29 WIB

Peran Teknologi Internet dalam Mengubah Metode Pembelajaran

Berita opini ini mengangkat judul "Peran Teknologi Internet Dalam Mengubah Metode Pembelajaran" sesuai dengan dunia pendidikan saat ini yaitu dengan menggunakan metode internet. Metode pembelajaran saat ini mengalami perubahan dengan teknologi internet sehingga pembelajaran menjadi efektif dan efisien.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

Di era globalisasi ini terjadinya perkembangan teknologi internet yang sangat pesat pada semua aspek kehidupan seperti memudahkan transaksi, penyebaran informasi, dan hiburan. Namun dengan kemudahan akses tersebut internet juga membawa sisi negatif. Salah satunya berita hoax yang kini menyebar luas di kalangan masyarakat sehingga kurangnya pengetahuan kita tentang validitas suatu berita atau informasi.

Aspek lainnya dari sisi hiburan yaitu tentang website dan sosial media yang menampilkan konten yang tidak layak untuk di tonton pada anak di bawah umur seperti contohnya kita bisa melihat di berbagai macam platform media sosial ataupun website yang membawa isi tentang pornografi yang frontal maupun terselubung. Beberapa game menampilkan karakter yang tidak senonoh seperti belahan dada dan terlalu menonjolkan tubuh.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Namun tidak bisa di pungkiri teknologi internet juga membawa sisi positif yaitu penyebaran informasi dan kemudahan komunikasi yang sangat cepat serta teknologi internet bisa di gunakan untuk kegiatan yang bermanfaat contohnya dalam bidang pendidikan yang saat ini serba digital.

Teknologi internet di gunakan untuk mempermudah aspek kehidupan karena internet berjalan 24 jam tanpa henti dan di lakukan secara cepat.

Pada tahun 2019 dunia di gegerkan oleh wabah penyakit yaitu virus corona. Dengan adanya hal tersebut terdapat nya banyak masalah mengenai semua kegiatan kehidupan dan banyak perubahan-perubahan yang semakin hari semakin mengkhawatirkan.

            Adanya pandemi covid-19 yang mengharuskan semua kegiatan di lakukan di rumah. Dari hal tersebut menyebabkan dunia pendidikan mengalami kesulitan. Dari kesulitan tersebut terdapat jalan keluarnya yaitu belajar menggunakan internet.

Dengan adanya perubahan tata cara hidup yang begitu pesat seperti berbelanja online, pesan makanan online bahkan belajar online. Dari dunia pendidikan yang mengalami perubahan yang sangat drastis yang sebelumnya belajar di sekolah dan karena adanya covid-19 belajar pun menggunakan internet.

Dunia pendidikan di buat keguncangan karena adanya pandemi covid-19 yang mau tidak mau dunia pendidikan harus beradaptasi dan tetap menghasilkan siswa-siswi yang cerdas. Karena adanya penggunaan internet pada dunia pendidikan terdapat dampak yang sangat besar, terdapat sisi positif dan negatif untuk dunia pendidikan.

Pada saat pandemi covid-19 yang mengguyur dunia selama 2 tahun dan pembelajaran menggunakan internet dan pada tahun 2021 dunia pendidikan menggunakan kembalinya sistem tatap muka di sekolah dan adanya sistem penggunaan internet. Dari hal tersebut kita harus cermat dalam mengatur manajemen dan adaptasi. Adaptasi terhadap teknologi internet merupakan bagian penting pada pendidikan formal kita.

Dari hal tersebut tidak di pungkiri di tahun - tahun mendatang terdapat peningkatan teknologi internet yang begitu pesat lagi.

Dunia pendidikan di ujung tanduk pendidikan formal harus di arahkan mengikuti perkembangan zaman yaitu perkembangan teknologi internet. Mau tidak mau semua pendidik dan siswa terus di tekankan pada pembelajaran internet. Dari dorongan sistem yang canggih dan teknologi yang berkembang semakin pesat tugas pendidik dan siswa begitu berat.

Semua aspek kehidupan sudah merasakan dampak dari adanya pandemi covid-19. Dari aspek ekonomi, sosial, budya bahkan aspek pendidikan yang mengalami perubahan yang sangat drastis. Perubahan tersebut karean adanya pandemi covid-19 dan turunnya kebijakan-kebijakan pemerintah yang salah satunya adalah belajar melalui daring. Dari hal tersebut mempunyai dampak yang sangat besar bagi dunia pendidikan.

Pembelajaran daring atau pembelajaran mandiri melalui internet dan bisa di akses dimana saja tanpa dilakukannya tatap muka antara guru dengan murid. Dari hal ini merupakan tantangan besar bagi dunia pendidikan. Tantangan tersendiri bagi guru adalah guru harus menyiapkan media pembelajaran dengan menggunakan media online dengan baik dan efektif serta murid juga harus mengerti atau cepat tanggap pada pembelajaran online. Namun, dengan adanya media online terdapat dampak positif dan negatif. Dampak postif pada pembelajaran online yaitu mempermudah pembelajaran, belajar dapat diakses dimana dan kapan saja, cepat mencari informasi. Namun, dari banyaknya dampak positif, adanya internet di dunia pendidikan juga terdapat dampak negatif yaitu murid yang sulit mengerti pada pembelajaran online karena penyampaian pembelajaran dalam lingkup media kecil, susah untuk mendapatkan sinyal internet jika berada di tempat yang kurang memadai jaringannya, interaksi antara guru dan siswa sangat sempit karena hanya di batasi dengan media, waktu pembelajaran sangatlah singkat dan terbatas. Dengan adanya pembelajaran online kebanyakan guru hanya memberikan tugas tanpa di berikan penjelasan-penjelasan tentang materinya sehingga siswa sulit untuk memahami dan mudah mengeluh. Dari proses belajar guru tidak hanya memberikan ilmu saja kepada siswa namun guru juga harus mendidik atau membentuk karakter dan akhlak siswa menjadi siswa yang baik. Namun, dengan pembelajaran yang di lakukan secara online guru susah dalam mendidik siswa untuk membentuk karakter yang baik karena keterbatasan melalui media.

Perkembangan teknologi memanglah menjadi faktor penting bagi dunia pendidikan untuk menyelesaikan masalah yaitu adanya pandemi covid-19. Dunia pendidikan diberikan kemudahan untuk memberikan informasi dan penyampaian materi sehingga pembelajaran bisa dilakukan walaupun dilakukan secara daring. Dengan pembelajaran daring hal ini menjadikan salah satu solusi yang tepat dan efisien.

Pendidikan di Indonesia sekarang sudah mulai menggunakan teknologi internet untuk menunjang pembelajaran yang efektif dengan mengikuti revolusi 4.0 yang juga untuk menjadikan solusi dengan adanya pandemi.

Untuk menunjang kelancaran pembelajaran sekarang sudah sangat mudah karean sudah di sediakan berbagai aplikasi seperti ruang guru, youtube, whatsapp, fclassroom, zoom, gmeet, website, dan masih banyak lagi.

Dengan perkembangan teknologi pendidikan saat ini dalam pengimplementasikan media pembelajaran terbaru yang berbasis internet sangatlah modern sehingga menjadikan usaha promotif pada dunia pendidikan. Dengan adanya internet juga sangatlah membantu dan menjadikan pembelajaran yang efektif di era millenial ini karena pembelajaran dengan menggunakan internet sangatlah memudahkan dalam mencari informasi, jurnal, buku online, atau sumber-sumber lainnya dan mereka dapat belajar dimana dan kapan saja. Dengan adanya hal ini dapat meningkatkan pemikiran yang kritis dan open minded terhadap proses belajar.

            Teknologi internet menciptakan cangkupan yang sangat luas karena internet merupakan jaringan global. Dengan perkembangan teknologi internet yang sangat pesat di harapkan mampu memberikan kemudahan dan dukungan kepada proses pembelajaran.

            Dengan adanya perkembangan teknologi internet dunia pendidikan mengalami perubahan. Di zaman dulu metode pembelajaran bersifat monoton dan homogen yang di sekarang ini metode pembelajaran sudah mengalami perubahan. Dengan adanya perubahan ini bertujuan untuk meningkatkan keberhasilan dalam pembelajaran, dan meningkatkan kualitas dalam pembelajaran. Dengan adanya perkembangan teknologi internet metode pembelajaran di rancang secara efektif dan efisien.

            Teknologi internet juga memberikan kemudahan untuk melakukan pembelajaran melalui internet seperti meluncurkan aplikasi-aplika belajar, video pembelajaran, ataupun yang lainnya. Teknologi internet juga di rancang untuk memberikan informasi dengan cepat.

           

 

Ikuti tulisan menarik Dyah Nur Anisah Dyn_anisaah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler