Cafe Menjadi Gaya Hidup Hedonisme di Kalangan Remaja

Sabtu, 3 Desember 2022 08:55 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Opini ini mengangkat judul tentang "Cafe Menjadi Gaya Hidup Hedonisme di Kalangan Remaja" sesuai dengan kenyataan di kehidupan sekarang yang merupakan cafe menjadi standarisasi bagi gaya hidup saat ini.

Cafe Menjadi Gaya Hidup Hedonisme di Kalangan Remaja

Hedonisme merupakan gaya hidup yang berlebihan. Hedonisme merupakan penyakit yang terjadi di masyarakat. Gaya hidup sekarang mengalami perubahan yang sangat pesat karena perkembangan teknologi di era globalisasi ini. Dengan berkembangnya teknologi internet sesuatu hal mudah trend pada masyarakat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kehidupan masyarakat sekarang mengalami perubahan yang sangat drastis. Orang-orang zaman dahulu tidak terlalu mementingkan gaya hidup. Namun, kebanyakan orang-orang sekarang lebih mementingkan gaya hidup di bandingkan kebutuhan primer atau kebutuhan pokoknya, sehingga menjadikan sesuatu hal sebagai tuntutan.

Gaya hidup seseorang sekarang lebih ke hedonisme lebih mementingkan  fesyen  dan nongkrong-nongkrong. Nongkrong adalah bahasa yang di gunakan anak-anak remaja sekarang yang artinya adalah berkumpul di suatu tempat.

 Nongkrong di era sekarang merupakan hal yang lumrah. Banyak orang-orang mulai dari anak remaja, dewasa, bahkan orang tua menyukai nongkrong. Dari hal tersebut kemauan untuk nongkrong terdapat banyak sudut pandang entah untuk refreshing untuk menenangkan pikiran, entah untuk mengerjakan tugas, entah hanya untuk berkumpul, entah hanya untuk mengisi waktu luang, entah untuk sekedar jalan-jalan, atau bahkan nongkrong dilakukan untuk kebutuhan instastory atau gaya hidup yang hedonisme.

Gaya hidup mengalami perubahan yang cukup besar. Di zaman dulu nongkrong hanya di warung kecil dan yang gunanya untuk berkumpul. Namun, sekarang nongkrong di lakukan di cafe-cafe yang view-nya bagus dan hanya untuk kebutuhan instastory atau hanya untuk gaya hidup yang hedonisme.

Nongkrong di zaman sekarang di anggap berlebihan karena banyak anak remaja atau anak sekolah yang suka nongkrong tapi hanya untuk gaya hidup saja. Hal, tersebut tidak di pungkiri karena berkembangnya zaman yaitu berkembangnya teknologi internet yang memudahkan orang-orang untuk mengaksesnya sehingga banyak cafe-cafe yang di buat untuk memenuhi gaya hidup.

Banyak cafe atau-cafe yang di buat hanya untuk mendapatkan view yang estetik untuk menarik para pelanggan dan semua itu juga untuk kebutuhan instastory yang menyebabkan adanya perilaku gaya hidup yang hedonisme. Dan ada juga cafe yang memprioritaskan menu makanan dan cita rasa tanpa memikirkan view yang estetik.

Tempat nongkrong atau cafe itu dapat mengubah gaya hidup seseorang. Namun, di balik itu tergantung sifat kepribadiannya masing-masing. Jika kalau orang yang mempunyai sifat penasaran atau suka untuk mencoba hal baru tanpa memikirkan kondisi ekonominya hal tersebut dapat menyebabkan gaya hidup yang hedonisme karena terlalu mementingkan gayabhidup yang tidak penting yang tidak di lihat dengan kondisi keuangannya. Karena arti hedonisme sendiri itu adalah gaya hidup seseorang yang berlebihan. Hedonisme ini merupakan penyakit bagi masyarakat karena perilaku hedonisme mempunyai dampak yang negatif yaitu tidak akan puas pada sesuatu hal sehingga orang-orang tersebut sibuk mencari kesenangan untuk kepuasaan gaya hidup. Dengan adanya ketidakpuasan pada suatu hal, orang-orang tersebut di sebut hedonisme yang cenderung memiliki sifat yang egois atau lebih mementingkan diri sendiri tanpa memikirkan orang lain.

Banyak para remaja atau bahkan para pelajar yang selalu ke cafe  karena faktor gaya hidup. Karena di era sekarang cafe sudah dijadikan objek bagi para remaja atau yang lainnya untuk di jadikan suatu pilihan untuk menyenangkan diri. Di era sekarang cafe di bentuk sangat beragam mulai dari tempat yang estetik, harga yang murah, makanan yang di tampilkan cantik atau bahkan yang lainnya. Sifat konsumtif ini di jadikan standarisasi para remaja untuk mengisi waktu luang.

Cafe yang seharusnya di jadikan kebutuhan sekunder namun di era sekarang cafe merupakan kebutuhan yang primer untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup. Keberadaan internet juga menjadikan alasan sebagai perubahan gaya hidup para remaja karena banyak aktivitas-aktivitas yang di share ke sosial media.

Di era sekarang ini nongkrong di jadikan ajang dalam pergaulan untuk menonjolkan eksistensi mereka pada pergaulan mereka sendiri. Para remaja mudah untuk menyerap trend di sosial media sehingga dengan mudah trend di ikuti oleh semuanya karena sesuatu yang berbau modern banyak di sukai oleh kaum remaja karena kebanyakan yang sifatnya untuk kesenangan dirinya sendiri tanpa memikirkan dampak ke depannya.

Gaya hidup adalah bagian dari suatu kehidupan namun gaya hidup di pengaruhi oleh banyak hal sehingga menjadikan gaya hidup yang berlebihan atau hedonisme. Untuk menjadi diri sendiri tidaklah harus menunjukkan eksistensi diri yang berlebihan. Jadilah diri sendiri dengan mengikuti perkembangan dan mengeksistensikan dirinya dengan yang wajar tidak dengan berlebihan sehingga tidak menimbulkan dampak negatif pada dirinya sendiri.

Di zaman sekarang bisa para remaja di sebut generasi millenial. Generasi millenial bisa di katakan enak atau pun tidak karena generasi millenial berkembang di maraknya perkembangan teknologi internet yang semakin canggih dan memiliki kebebasan dalam berekspreksi.

Para remaja selalu menyukai kebebasan karena kebebasan selalu di ekspreksikan dengan kebahagiaan atau kesenangan. Namun, dari hal tersebut selalu memiliki rasa percaya diri yang tinggi untuk mendapatkan kebebasan untuk kesenangan.

Kehidupan para remaja di tengah mudahnya sarana informasi dan banyaknya hiburan harus menjadi remaja yang selektif dan cerdas dalam banyaknya tuntutan untuk hidup yang hedonisme karena dalam pembentukan citra diri remaja mulai terjadi hingga tumbuh dewasa. Kebutuhan dalam  proses pertumbuhan tersebut yaitu dengan bersosialisasi pada pergaulan.

Salah satu kebutuhan primer remaja saat ini adalah nongkrong. Nongkrong yang di gunakan para remaja untuk bersosialisasi kepada teman pergaulannya. Sehingga dari hal tersebut maraknya coffe shop atau cafe.

Pada dulu kala yang nongkrong hanya di warung kopi, sekarang dengan adanya perkembangan zaman maka nongkrong lebih ke arah hedonisme. Sehingga banyak pengusaha yang memiliki peluang besar untuk berbisnis. Para pengusaha untuk harus punya pemikiran yang kritis dan kreatif untuk mencari cara untuk menciptakan tempat nongkrong sesuai dengan konsep yang membawa era di zaman sekarang ini seperti menciptakan model tempat nongkrong yang estetik, menciptakan untuk adanya tempat berfoto, atau bahkan menciptakan menu makanan yang enak dengan tampilan yang cantik.

Cafe di jadikan salah satu tempat nongkrong oleh para remaja sekarang karena memiliki banyak alasan. Cafe menjadi alasan ternyaman untuk nongkrong karena kebanyakan cafe tempatnya di desain semenarik, secantik, dan seestetik mungkin untuk menarik perhatian. Cafe juga selain menjadi tempat nyaman untuk nongkrong di jadikan tempat ternyaman untuk mengerjakan tugas karena kebanyakan orang untuk mengerjakan tugas sekalian untuk refreshing supaya tidak spaneng.

Cafe di jadikan sebagai tempat ternyamaan di bandingkan tempat lain seperti warung atau bahkan restaurant. Restaurant seringnya di gunakan hanya untuk sekedar makan tidak dijadikan tujuan utama untuk berkumpul.

Kehidupan sekarang nongkrong dijadikan sebagai alasan karena adanya budaya barat yang masuk atau adanya perkembangan teknologi juga. Kebanyakan orang-orang datang ce cafe tidak hanya untuk menikmati santapan makanan atau secangkir kopi saja. Namun, orang-orang yang berkunjung ke cafe ada yang hanya untuk eksis di media sosial atau hanya mengikuti trend saja.

Bagikan Artikel Ini
img-content
muhammad mujibur rohman

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler