Ikon Pembaharu Wajah Olahraga Indonesia

Minggu, 4 Desember 2022 08:14 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Peran olahraga merupakan bagian yang strategis dari pembangunan suatu bangsa yang tidak dapat dipisahkan dari sektor ekonomi, keamanan, dan peningkatan prestasi olahraga. Demikian juga negara-negara maju telah menjadikan olahraga sebagai ciri khas pembangunan. Prestasi olahraga nasional merupakan identitas bangsa yang perlu dibangun secara serius. Upaya yang sungguh-sungguh diharapkan dapat mencapai kinerja yang optimal. Dalam olahraga sekarang ini dimungkinkan untuk mengembangkan sportifitas, kejujuran, tanggung jawab, percaya diri, kerjasama dan nilai-nilai lain yang memperkuat jati diri bangsa.

Bangsa yang maju adalah bangsa yang mampu memajukan olahraga untuk menunjukkan jati diri kemajuan dan kebesaran bangsa. Peran olahraga merupakan bagian yang strategis dari pembangunan suatu bangsa yang tidak dapat dipisahkan dari sektor ekonomi, keamanan, dan peningkatan prestasi olahraga.

Demikian juga negara-negara maju telah menjadikan olahraga sebagai ciri khas pembangunan. Prestasi olahraga nasional merupakan identitas bangsa yang perlu dibangun secara serius. Upaya yang sungguh-sungguh diharapkan dapat mencapai kinerja yang optimal. Dalam olahraga sekarang ini dimungkinkan untuk mengembangkan sportifitas, kejujuran, tanggung jawab, percaya diri, kerjasama dan nilai-nilai lain yang memperkuat jati diri bangsa.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Berdasarkan penelitian dari Irfan yang berjudul Olahraga Untuk Indonesia (Kajian Persepsi Ilmu Keolahragaan)  disebutkan kemajuan dan penurunan prestasi olahraga sangat dipengaruhi oleh sejumlah faktor, termasuk pimpinan lembaga olahraga. Prestasi olahraga mengacu pada tiga pilar olahraga, yaitu: mencakup olahraga pendidikan, olahraga rekreasi, dan olahraga prestasi. Ketiga bidang  olahraga tersebut dilaksanakan dengan menjadikan dan mengembangkan olahraga secara terencana, sistematis, bertahap dan berkelanjutan, dimulai dari pembudayaan, pengenalan sejak dini, menjadikan olahraga sebagai gaya hidup, pembibitan dengan penelusuran bakat dan pemberdayaan sentral-sentral keolahragaan, serta peningkatan prestasi. Pelatih dan atlet selalu berusaha untuk menampilkan yang terbaik, namun terkadang mereka berperilaku negatif dengan menggunakan obat-obatan terlarang seperti doping yang tentu sangat dilarang dalam kegiatan olahraga.

Seiring perkembangan teknologi infromasi, ikon olahraga dipegang atau diminati oleh salah seorang entertainment dan pengusaha, yaitu Raffi Ahmad. Dia Menjadikan olahraga dikenal lagi oleh masyarakat,yang awal mulanya tidak mengetahui bagaimana perkembangan olahraga yang terjadi dan akhirnya mengetahui. Kalangan masyarakat dapat mengetahuinya dari tayangan youtubenya Rans Entertainment. Banyak artis yang mengikuti kegiatan yang dilaksanakan oleh pengusaha ini, tetapi sayang sekali banyak juga yang berhenti di tengah jalan.

Dimensi spiritual olahraga menyampaikan pesan bahwa alam semesta yang diciptakan oleh Tuhan ini merupakan titipan yang harus dijaga dengan baik oleh makhluk di bumi ini. Bumi sebagai pijakan manusia untuk melakukan segala macam aktivitas sehari-hari, akan memberikan keuntungan yang sangat besar baik olahraga pendidikan, olahraga prestasi, dan olahraga rekreasi.

Banyak lika-liku yang terjadi dalam menuju puncak agar olahraga bisa disegani lagi oleh kalangan masyarakat. Keberadaan prestasi olahraga inipun tidak bisa dilepaskan dengan politik dan olahraga. Pemerintah yang baik dan yang bersih adalah memberikan edukasi yang mampu meningkatkan pembangunan yang sama rata, sehingga akan menghasilkan pembangunan yang seimbang yang tidak mencederai masing-masing substitusi organisasi, dan daerah yang ada di Indonesia.

Keseimbangan dalam iKon olahraga ini akan memberikan hubungan politik yang sehat akan mendorong kegiatan pembangunan dan kegiatan olahraga agar meningkatkan berbagai dampak positif berupa ekonomi, kesehatan,pendidikan dan stabilitas sosial. Adanya penguat dalam icon olahraga mampu meningkatkan dan mendorong wajah olahraga unggulan nasioal untuk berprestasi ditingkat nasional.

Peranan pembaharu ikon olahraga sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa, untuk memperkuat dan memperjelas akan kedudukan olahraga, maka dianggap penting regulasi hukum yang berbasis kebutuhan olahraga dan penyelesaian masalah olahraga, sehingga tidak terjadi tumpang-tindih pada implementasi hukum yang mendukung tercapainya prestasi olahraga di ikon pembaharu indonesia.

Indonesia mengirimkan pasukan terbaik negaranya untuk dengan bangga mengibarkan bendera merah putih, dengan keyakinan tegauh bahwa Indonesia bertekad menjadi negara yang peraih medali emas terbanyak. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar dan sah-sah saja di negara manapun, apalagi di Indenesia sebagai negara besar dengan jumlah penduduk yang banyak. Negara yang akan maju manakala olahraganya juga maju,karena ini merupakan indikator penting untuk keberhasilan dalam pembangunan negara.

Di sisi lain, taraf hidup juga harus dikembangkan bagi kelompok masyarakat pada umumnya. Hal ini sangat logis karena olahraga dengan segala pernak-perniknya memiliki potensi komersial dan ekonomi. Penyelenggara olahraga selalu terkait dan terhubung dengan desain pemasaran. Bahwa olahraga ini dapat dirancang untuk memberikan peluang bisnis dan meningkatkan taraf hidup bagi semuan. Tidak hanya untuk insan olahraga, tetapi untuk semua masyarakat yang kreatif untuk mengeksplorasi peluang keuangan dan bisnis olahraga.

Penyelenggaraan event olahraga merupakan kegiatan yang umum dilakukan di masyarakat. Beberapa momen penting biasanya selalu diikuti sertakan dalam sebauh event yang meliputi berbagai kompetisi dan kompetisi olahraga. Dengan kata lain, realisasi olahraga  sebenarnya bukan hal baru dalam kaitannya dengan pertumbuhan perkembangan budaya di masyarakat kita.

Hakikat penyelenggaraan event olahraga tersebut merupakan arena perjuangan harkat dan martabat bangsa, ajang kompetisi komersial dan industri olahraga serta sarana edukasi sosial dan entertainment. Untuk berlaku adil terhadap karakter ini, prinsip displin harus diterapkan. Disiplin merupakan syarat yang tidak hanya dituntut untuk menegaskan keberhasilan, tetapi memiliki nilai universal sebagai penunjang kesejahteraan umat manusia. Kedisiplinan mencerminkan perilaku yang mencegah individu dan kelompok menjadi ceroboh.

Peran terpenting dalam mendorong gejolak harga dimainkan oleh pemerintah, terbukti dengan keseriusan pemerintah dalam mengembangkan dan menjalankan berbagai intervensi dengan pengaturan regulasi dan keuangan. Tidak dapat disangkal bahwa olahraga mendapat banyak manfaat dari meningkatnya kepentingan pemerintah, tetapi perlindungan pemerintah, seperti halnya perlindungan bisnis, ada harganya.

Perubahan nilai ini sangat penting bagi perkembangan olahraga modern untuk kepentingan perekonomian nasioanl. Selain itu, peran pakar olahraga tidak hanya sebatas analisis dan penelitian olahraga untuk memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang olahraga. Namun, peran para pakar olahraga dan pelaku olahraga harus dilibatkan dalam pengambilan keputusan tentang regulasi olahraga nasioanl. Olahraga merupakan transfer langsung antara konsep perencanaan dan pelaksanaannya karena peran pakar olahraga menyerbu birokrasi di Parlemen dan Eksekutif.

Kini penanganan olahraga tidak lagi menyesatkan, karena penanganan olahraga kini sudah sangat dipahami dalam konteks pengelolaan dan standarisasi olahraga. Banyak juga yang mengalami perubahan karena orang yang memahami di bidang olahraga adalah atlet itu sendiri, seperti pakar olahraga yang ada di perguruan tinggi dan atlet. Mereka lebih memahami konteks konsep perencanaan dan pelaksanaan serta strategi olahraga yang diinginkan oleh setiap olahraga, pelatih dan atlet.

Kita harus optimis dengan membuka wawasan kita pada pemikiran positif, kita berharap para pakar olahraga memberikan kontribusi yang lebih berarti untuk memperbaharui wajah olahraga Indonesia yang kita harapkan bersama yaitu prestasi olahraga dan juara untuk kejayaan Bangsa Indonesia.

Bagikan Artikel Ini
img-content
Dwi nafiatulghny

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

img-content

Ikon Pembaharu Wajah Olahraga Indonesia

Minggu, 4 Desember 2022 08:14 WIB

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
Lihat semua