Perhatian Mahasiswa terhadap Pola Hidup Sehat - Analisis - www.indonesiana.id
x

Kelompok 1

Mhd Fathul Rozi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 5 Desember 2022

Selasa, 6 Desember 2022 20:21 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Perhatian Mahasiswa terhadap Pola Hidup Sehat

    Oleh : Vioni Kinaya,MHD. Fathul Rozi ,Alya Islami Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Jambi

    Dibaca : 453 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    JAMBI - LATAR BELAKANG

    Mahasiswa kelak akan menjadi sumber daya manusia yang melanjutkan generasi pembangun bangsa, sehingga perlu disiapkan untuk menjadi tenaga yang berdaya kerja tinggi serta produktif. Untuk mencapai semua itu maka diperlukannya pola hidup sehat. Pola hidup sehat ini dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi dengan teratur, berolahraga secara rutin, bangun pagi dan istirahat yang cukup.

    PEMBAHASAN

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perhatian mahasiswa terhadap pola hidup sehat. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah survey angket yang dilakukan secara online melalui google from. Terdapat 43 responden yang mengisi survey, dengan responden terbanyak yaitu Mahasiswa Universitas Jambi dengan presentase 89%, Program Studi IKM 15%, sisanya yaitu 7% Pelajar dan 7% Bekerja. Berikut hasil survey : Berdasarkan data-data yang diperoleh terdapat 67,8% responden yang belum peduli terhadap pola hidup sehat dan 32,2 % responden peduli terhadap pola hidup sehat. Dari berbagai alasan yang kami dapatkan sebagian besar alasan mengapa mereka belum peduli terhadap pola hidup sehat dikarenakan kesibukan kuliah/organisasi yang padat dan juga mereka menghemat biaya hidup karena sebagian besar responden merupakan anak rantau dari berbagai daerah.

    KESIMPULAN DAN SARAN

    Dapat kami simpulkan sebagian besar mahasiswa terutama mahasiswa yang merantau/tinggal di kost belum menerapkan pola hidup yang sehat. Mereka lebih cenderung untuk berperilaku hemat tanpa harus berpikir apakah makanan yang masuk dalam tubuh baik bagi kesehatan atau sebaliknya. Mereka juga disibukan dengan jadwal kuliah apalagi ketika tugas sudah menumpuk dan dikejar deadline ditambah lagi jika mereka mengikuti suatu organisasi terkadang mereka lupa untuk menjalani pola hidup sehat. Alhasil, akan menjadi lebih rentan terjangkit berbagai macam penyakit, dan tidak jarang penyakit tersebut merupakan penyakit yang serius. Pola hidup sehat merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan karena bisa mencegah kita dari terkena berbagai penyakit. Beberapa contoh pola hidup sehat yaitu makan dengan teratur, bangun pagi, tidur cukup, dan olahraga dengan teratur. Mahasiswa yang hidup di perantauan cenderung malas menjaga keteraturan pola makan. Berikut beberapa cara yang mungkin cukup membantu pola hidup kita sebagai mahasiswa : 

    1. Atur pola makan, Menurut ahli gizi Dr. Lanny Dewi, SPGK, hal yang harus diperhatikan dalam pola makan adalah jumlah makanan yang dikonsumsi, jenis makanan,dan jadwal makan (Kurnia 2012). Mochammad Rizal, S.Gz salah seorang alumni Jurusan Ilmu Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR) yang saat ini menjadi seorang Nutritionist. Ia membagikan beberapa tips bagi mahasiswa untuk menerapkan pola makan sehat namun tetap hemat dalam acara Seminar Hari Kesehatan Nasional di Zoom Hotel Dharmahusada Surabaya. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan memasak, karena dengan memasak biaya yang dikeluarkan terbilang rendah dan asupan makanan bisa diatur sesuai kebutuhan sehingga zat gizi dalam tubuh dapat tercukupi (Rahma 2019).

    2. Atur pola istirahat, Istirahat yang cukup tidaklah ditentukan dengan jumlah waktu tidur yang banyak. Tidur rileks dengan waktu beberapa jam saja mampu menyegarkan kembali pikiran. Jangan bawa tugas ketempat tidur, karena itu akan menganggu kenyamanan tidur. Hindari tidur larut karena akan ada proses pembelahan sel darah merah oleh tubuh dengan kisaran pukul 11 malam hingga pukul 2 pagi dan jangan tidur lagi setelah bangun pagi karena akan membuat badan menjadi lemas, lunglai, dan melahirkan rasa malas ketika bangun.

    3. Lakukan olahraga teratur, minimal 3 - 4 kali seminggu selama 20 – 30 menit. Rutinitas olahraga dapat membuat tubuh lebih bugar.

    4. Manajemen stres, Tugas yang banyak, gangguan bathin, keuangan seret terkadang membuat diri sulit untuk dikendalikan. Stres pun melanda. Cara untuk menanggulanginya cobalah beraktivitas di beberapa kegiatan selingan yang menyenangkan. Lakukan hal-hal yang dapat menyalurkan hobi. Berkumpulah dengan teman sefrekuensi, dengarkan dan ikutlah nimbrung bercerita seru dan lucu yang mampu membuat kita tertawa. Manajemen stres sangat diperlukan dalam menangani masalah-masalah kita dengan baik.

    5. Jagalah kebersihan lingkungan. Belajar dalam kondisi bersih jauh lebih nyaman dibanding dalam kondisi kotor. Kebersihan tidak hanya menguntungkan kita, tapi juga menguntungkan orang-orang disekitar kita. Oleh karena itu buatlah kondisi kita senyaman mungkin dan tentunya tidak mengusik kenyamanan orang lain (Kurnia 2012).

    DAFTAR PUSTAKA

    Kurnia, Siti. 2012. “Perlunya Menjaga Pola Hidup Sehat Untuk Mahasiswa.” Redaksi Koran Kampus. Retrieved (http://korpusipb.com/kesehatan/perlunya-menjaga-pola-hidup-sehat-untuk-mahasiswa/).

    Rahma, Dita Aulia. 2019. “Tips Pola Makan Sehat Dan Hemat Bagi Mahasiswa.”News.Unair.Ac.Id. Retrieved (https://news.unair.ac.id/2019/11/04/begini-tips-pola-makan-sehat-dan-hemat-bagi-mahasiswa-ala-mocahmmad-rizal/).

    Ikuti tulisan menarik Mhd Fathul Rozi lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.