x

Iklan

Saepullatip Saepullatip

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 8 November 2022

Selasa, 6 Desember 2022 20:54 WIB

Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar dalam Kurikulum Merdeka

Platform Merdeka Mengajar memberikan kesempatan yang setara bagi guru pada berbagai tingkatan untuk terus belajar dan berkarya serta mengembangkan kompetensinya kapan pun dan di mana pun. Platform Merdeka Mengajar menyediakan banyak sekali bahan ajar dan perangkat pembelajaran sebagai referensi guru untuk menambah wawasan terkait pembelajaran.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Platform Merdeka Mengajar adalah platform resmi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Riset Tekonologi berupa aplikasi pembelajaran berbasis teknologi yang disediakan untuk menjadi teman penggerak bagi guru dan kepala sekolah dalam mengajar, belajar, dan berkarya. Platform Merdeka Mengajar diluncurkan pada tanggal 11 Februari 2022 oleh Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A. sebagai bagian dari paket kebijakan Merdeka Belajar Episode Kelima Belas. 

Platform Merdeka Mengajar memberikan kesempatan yang setara bagi guru pada berbagai tingkatan untuk terus belajar dan berkarya serta mengembangkan kompetensinya kapan pun dan di mana pun. Platform Merdeka Mengajar menyediakan banyak sekali bahan ajar dan perangkat pembelajaran sebagai referensi guru untuk menambah wawasan terkait pembelajaran. Melalui fitur kegiatan belajar mengajar guru dapat mengkases beragam informasi terkait asesmen murid dan perangkat ajar.

Melalui pengembangan diri guru dapat mengembangkan kompetensinya melakukan serangkaian pelatihan mandiri yang terdiri dari beberapa topik seperti merdeka belajar, kurikulum merdeka, perencanaan pembelajaran, asesmen, projek penguatan profil pelajar Pancasila, penyesuaian pembelajaran dengan kebutuhan dan karakteristik murid, profil pelajar Pancasila, perencanaan untuk perbaikan satuan pendidikan, refleksi diri, disiplin positif dan semangat guru terkait kompetensi non teknis kurikulum merdeka.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Guru pun dapat membuat karya aksi nyata dari setiap topik yang diberikan. Jika aksi nyata yang dibuat sesuai dengan kriteria yang ditetapkan dalam platform merdeka mengajar dan sudah divalidasi oleh tim platform merdeka mengajar. Berikut adalah proses agar aksi nyata yang telah dibuat dan diunggah dalam platform merdeka mengajar divalidasi sehingga guru dapat men-download sertifikat berdasar topik aksi nyata yang dipilihnya dalam pengembangan diri.

1.    Hindari plagiarism
Aksi nyata yang dibuat harus orisinil dan tidak mengandung unsur kemiripan dari segala segi termasuk laporan, deskripsi, dan refleksi dari karya guru yang lain. 

2.    Kesesuaian isi dan kriteria dalam setiap topik
Aksi nyata yang dibuat harus sesuai dengan kriteria yang ditetapkan dalam setiap topiknya. Panduan cara pembuatan aksi nyata akan muncul saat guru dengan klik baca rincian setelah memilih topik aksi nyata yang akan diselesaikan. Kemudian dalam setiap aktivitas pada aksi nyata harus sesuai dengan topik yang dipilih. Tidak lupa untuk menambahkan dokumentasi dalam proses pelaksanaan aksi nyata.

Setelah itu pada setiap aksi nyata agar selalu menambahkan feedback atau umpan balik yang diperoleh dari audiens atas aksi nyata yang dipilih. 
Jika aksi nyata yang dibuat telah sesuai dengan kriteria yang ditetapkan dalam setiap topiknya maka guru akan menerima sertifikat dari kemdikbudristek. Tetapi jika tim validator platform merdeka mengajar menilai bahwa aksi nyata tidak sesuai maka guru akan mendapat notifikasi untuk melalukan perbaikan aksi nyata. 

Setelah lulus validasi maka guru dapat mengunduh sertfikat pelatihan mandiri dengan langkah – langkah berikut ini.
1.    Klik lihat sertifikat
2.    Isikan biodata yang diminta dalam platform tersebut  diantaranya nama, nomor induk pegawai (jika guru honorer tidak perlu diisi), NUPTK, tempat dan tanggal lahir, jabatan dan unit kerja serta akun belajar id. 
3.    Kemudian setujui pernyataan isian biodata dengan memberi tanda centang dan klik simpan. 
4.    Sertifikat pelatihan mandiri sudah dapat diunduh.
Platform Merdeka Mengajar memberikan beragam manfaat  bagi guru yakni guru dapat terbantu dalam menjalankan kegiatan pembelajaran, membantu mendorong kemajuan dan mengembangkan kompetensi dan kreatifitas serta dapat memberikan alternatif yang dapat menjadi solusi atas kekhawatiran maupun hambatan yang dialami guru pada saat menjalankan peran sebagai pendidik dalam kegiatan pembelajaran. 
Platform Merdeka Mengajar merupakan platform edukasi berbasis digital yang dapat menjadi teman penggerak untuk guru dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

Beranda PMM

Pengembangan Diri PMM

Sertifikat Pelatihan Mandiri PMM


Inti dari Platform Merdeka Mengajar ini adalah sebagai aplikasi yang membantu guru untuk mengajar, belajar, dan berkarya. Dalam mendukung kegiatan guru mengajar, Platform Merdeka Mengajar menyediakan beragam referensi bagi guru untuk mengembangkan praktik mengajar sesuai dengan Kurikulum Merdeka.

Ikuti tulisan menarik Saepullatip Saepullatip lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler