x

Window of the World, Shenzen.

Iklan

Bambang Udoyono

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Maret 2022

Kamis, 8 Desember 2022 12:41 WIB

Wisata Membuka Hati, Meluaskan Wawasan dan Meningkatkan Keimanan

Kegiatan wisata tidak memboroskan uang, karena banyak manfaat yang Anda dapatkan. Apa saja manfaatnya?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Wisata  Membuka Hati,  Meluaskan Wawasan dan Meningkatkan Keimanan

 

Bambang Udoyono

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Sebagian orang menganggap berwisata adalah pemborosan uang. Jadi sebaiknya dihindari.  Benarkah pandangan ini?  Mari kita simak sebuah quote dari seorang tokoh dan juga kita cermati perintah Allah dalam Al Qur’an tentang berwisata.

 

Travel  opens your heart, broadens your mind and fills your life with stories to tell  (Paula Bendfeldt)  Berwisata itu membuka hati Anda, meluaskan pikiran Anda dan mengisi kehidupan Anda dengan kisah untuk diceritakan.  Demikian kalimat mutiara dari Paula Bendfeldt, seorang penulis dan travel blogger.

 

Perjalanan wisata ke destinasi yang indah di Nusantara apalagi ke manca negara bisa membuka hati Anda.  Anda bisa tersentuh.  Anda bisa terkesan.  Tidak hanya dengan kecantikan alam dan budayanya tapi juga dengan orangnya.  Anda bisa berteman, bersahabat dengan orang yang berasal dari budaya lain.  Mungkin Anda akan kontak sebentar saja karena ada kendala bahasa, tapi kontak dengan orang lain itu adalah salah satu sifat manusiawi.  Mungkin sekedar say hello  lalu foto bareng.  Mungkin menjadi kerabat kerja.  Anda bisa saja merasa memiliki rumah kedua di manca nagara.  Barangkali itu sebabnya ada orang menulis lagu berjudul I left my heart in San Francisco.  Kalau politik kadang bisa memecah belah, maka pariwisata menyatukan antar kelompok, antar budaya.

 

Pikiran Anda akan menjadi luas.  Anda tidak hanya belajar teori saja tapi Anda akan tahu dari amatan sendiri.  Anda akan melihat, merasakan, meraba sendiri alam, budaya, sosial politik negara lain.  Dengan arahan seorang tour leader berpengalaman dan profesional Anda akan jadi tahu perspektif lain.  Anda akan tahu sejarah, kondisi sosial politik dan budaya negara lain tidak hanya dari bacaan atau internet tapi mengalami sendiri. Pikiran yang luas akan sangat mendukung karir Anda.  Anda akan menjadi seorang decision maker yang lebih baik karena rujukan Anda luas.  Anda juga akan jadi kaya dengan bahan untuk diceritakan ke saudara dan teman.  

 

Bagaimana dengan muslim, apakah pariwisata dibolehkan?  Ternyata di Al Qur’an ada sembilan ayat yang memerintahkan muslim untuk bersafari.  Bahkan ada satu ayat yang memerintahkan manusia untuk menjelajahi seluruh penjuru alam semesta.  Wisata luar angkasa yang belum lama ini mulai dirintis oleh Amerika sudah ada perintahnya di Al Qur’an.  Apa tujuannya?  Disebutkan di Al Qur’an agar manusia belajar dari kesalahan ummat terdahulu yang berdosa lalu dihancurkan oleh Allah swt.  Memang Allah swt bersifat pengasih, penyayang dan pengampun, tapi juga sangat tegas.   Mereka yang berbuat salah dan tidak minta maaf akan dihukum.

 

Inilah beberapa ayat yang memerintahan manusia untuk bersafari.

Al-Mulk Ayat 15

"Dialah yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebahagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nya-lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan."

Surat Yusuf Ayat 109

"Kami tidak mengutus sebelum kamu, melainkan orang laki-laki yang Kami berikan wahyu kepadanya di antara penduduk negeri. Maka tidakkah mereka bepergian di muka bumi lalu melihat bagaimana kesudahan orang-orang sebelum mereka (yang mendustakan rasul) dan sesungguhnya kampung akhirat adalah lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memikirkannya?"

Surat Ali 'Imran Ayat 137

"Sesungguhnya telah berlalu sebelum kamu sunnah-sunnah Allah; Karena itu berjalanlah kamu di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana akibat orang-orang yang mendustakan (rasul-rasul)."

Surah Ar-Rum Ayat 42

"Katakanlah: 'Adakanlah perjalanan di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang terdahulu. Kebanyakan dari mereka itu adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah)'."

 

Berwisata memiliki tujuan untuk meningkatkan keimanan juga. Karena sembari berwisata kita dianjurkan untuk belajar dari nasib ummat terdahulu yang dibinasakan oeh Allah karena tidak mau taat kepadaNya.

 

Jadi jangan ragu untuk berwisata.  Kalau Anda Muslim ya gabunglah denan wisata halal atau wisata syariah.  Sejak sekarang siapkan rencana, dana dll untuk bersafari agar Anda mendapat banyak manfaat.

Ikuti tulisan menarik Bambang Udoyono lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu