x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Selasa, 13 Desember 2022 06:28 WIB

Ketika Taman Bacaan Mampu Jadikan Anak Difabel Lebih Ceria

Di Bogor, ada taman bacaan yang melayani anak difabel alias anak berkebutuhan khusus. Kini mereka ceria selalu bisa aktualisasi diri bersama rekan sebaya. Apa artinya?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ceria, bisa jadi cara hidup terbaik yang didambakan banyak orang. Agar siapapun, mampu menjalani hari-hari makin bermakna dan berwarna. Tidak terkecuali anak-anak difabel. Saat berkumpul bersama di taman bacaan. Bermain dan berinteraksi yang positif.

 

Realitas itulah yang terjadi di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor. Taman bacaan yang inklusif, untuk melayani anak-anak difabel. Sebut saja si A dan si T, dua anak difabel perempuan yang bergabung di taman bacaan sejak 2021 lalu. Kini, kedua anak difabel TBM Lentera Pustaka selalu tersenyum. Tanpa malu melakukan interaksi sosial dan aktualisasi diri. Sehingga merasa dihargai oleh teman sebaya atau lingkungan sekitar seperti yang terjadi di Minggu, 11 Desember 2022 di TBM Lentera Pustaka.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Cerianya anak difabel saat bermain bersama anak-anak biasa, itulah kesehatan. Obat untuk membakar api semangat anak-anak yang dianggap punya keterbatasan. Lebih semangat dan tetap berkembang apa adanya, sesuai umurnya. Baginya kini, tidak ada yang lebih indah dari keceriaan saat berada di taman bacaan.

 

Untuk membuktikannya, silakan datang ke TBM Lentera Pustaka. Bicara dan bergaullah dengan kedua anak difabel tersebut, si A dan si T. Serasa hidupnya lebih punya harapan. Tidak lagi murung apalagi “kuper” akibat keterbatasan fisik dan mental yang dialaminya. Anak difabel di taman bacaan memang tidak membaca. Tapi mereka bermain dengan rekan sebaya. Terjadi interaksi dengan anak-anak normal lainnya. Mampu aktualisasi diri dan yang paling penting, “ada rasa dimanusiakan oleh manusia lainnya”. Sementara di luar sana, mungkin, anak-anak difabel kian tersingkir dari lingkungan sosial.

 

Ada pesan moral ketika anak difabel berada di taman bacaan. Bahwa carilah “tangan” yang mau menyambut di kala kita terjatuh. Carilah “mata” yang selalu melihat kebaikan, sekalipun kita tidak sempurna. Dan carilah “hati” yang selalu sudi menemani anak-anak atau orang membutuhkan uluran tangan kita sekalipun banyak orang menjauhkan kita.

Anak difabel di taman bacaan. Sungguh, hanya bicara tentang taman bacaan yang memainkan peran sosial di tengah masyarakat. Saat individualisme dan ketidak-pedulian merajalela. Agar jangan ada siapapun yang merasa disingkirkan. Ceria di taman bacaan Salam literasi #TamanBacaan #TBMLenteraPustaka #BacaBukanMaen

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu