x

Iklan

Nedved Arya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 13 Desember 2022

Selasa, 13 Desember 2022 20:52 WIB

Dampak Menatap Layar Komputer Terlalu Lama

Halo para pencinta Komputer, Berapa lama kamu menatap layar komputer setiap harinya? Pastinya kamu tidak mengingat hal tersebut. Terlalu lama menatap layar monitor komputer dapat merusak Kesehatan mata loh tidak hanya itu dampak menatap layar dapat membuat mental kita tidak sehat dan ada banyak lagi yuk kita cari tahu!!

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

   Banyak orang yang menyatakan kalau menatap layar hp dapat merusak mata, memang benar dapat tapi tidak hanya Smart phone saja yang dapat merusak mata gadget lain pun bisa seperti Laptop, Komputer, dan Televisi.

Kamu sebagai pengguna harus bisa membatasi diri terhadap canggihnya teknologi zaman sekarang, kecangihan teknologi memang mudah membuat pengguna Kebablasan apalagi kecanduan. Hal ini bisa menimbulkan dampak negative terhadap Kesehatan tubuh, seperti berikut ini.

  1. Merubah Perilaku

   Orang yang gemar melihat layar gadget dalam waktu lama punya kecenderungan melakukan aktivitas Kognitif, salah satu perubahan ini bisa membuat kepribadian yang introvert dan suka melamun. Dampaknya, kinerja otak akan mengurang, dan juga dapat menyebabkan penyusutan otak.

  1. Tubuh mudah terkena penyakit sindrom metabolik

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

   menurut Victoria L. Dunckley, pakar kesehatan internasional, orang-orang jadi menerapkan gaya hidup asal-asalan, seperti makan sembarangan, kurang tidur, jadi malas olahraga dan rentan stres. Akibatnya, sindrom metabolik seperti penyakit Obesitas,diabetes dan tekanan darah tinggi tidak bisa dihindarkan.

  1. Lebih mudah emosi

   Bila anda pemain game kompetitif pastinya kamu mudah terbawa emosi bila bermain game dengan team yang tidak cocok dengan kamu. Tapi tahukah kamu salah satu yang membuat mudah emosi ini? karena kamu sudah Lelah bermain game terlalu lama yang membuat kinerja mental tidak selancar dan senyaman awal bermain game.

Hal lain yang dapat seperti kalimat di atas :

  • Terlalu lama berkerja menatap layar
  • Menonton Tv tanpa istirahat


Bagaimana cara mengatasinya?

   Menurut dr. Allert Benedicto Ieuan Noya, hal ini agar dapat membuat mata lebih rileks saat beraktivitas dan tidak mudah Lelah :

  1. Jaga jarak mata terhadao layar monitor.
    Pastikan jarak layar laptop, komputer, gadget, atau buku setidaknya 60 cm dari

  2. Gunakan Filer pada layar Komputer.
    Tambahkan filter pada layar laptop atau computer. Supaya mengurangi paparan cahaya biru dari layar monitor

  3. Istirahatkan Mata.
    alihkan pandangan tiap 20 menit ke objek lain yang jaraknya jauh. Tatap objek tersebut selama 20 detik. Selanjutnya, setiap dua jam sekali, istirahatkan mata Anda selama 15 menit

  4. Atur Pencahayaan layar.
    Pastikan ruang kerja atau ruang kamu tidak terlalu cerah dan tidak teralalu gelap untuk beraktivitas

   jangan lupa menjaga Kesehatan tubuh anda, cobalah menggunkan gadget anda dengan sewajar mungkin. Usahakan tidak menatap layar monitor secara terus menerus dan istirahatkan mata secukup mungkin.   

   

 

Ikuti tulisan menarik Nedved Arya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler