x

Kaya hati

Iklan

Bambang Udoyono

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Maret 2022

Jumat, 16 Desember 2022 09:19 WIB

Cinta Adalah Jembatan

Antara Anda dengan segala sesuatu sejatinya ada jarak sosial, geografis dll. Tanpa jembatan mustahil terjadi hubungan. Cinta memainkan peran sebagai jembatan. Tapi apa yang akan disampaikan melalui jembatan itu?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Cinta Adalah Jembatan

 

Bambang Udoyono

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Love is the bridge between you and everything  (Rumi)  Cinta adalah jembatan antara anda dengan segala sesuatu.  Demikian kata Maulana Jalaludin Rumi, sang sufi kondang dari Konya, Turki. Mari kita bahas.

 

Jangan artikan cinta secara sempit hanya sebagai perasaan suka dengan lawan jenis yang mengarah pada hubungan romantis.  Cinta yang dimaksud Rumi di sini pastilah cinta dalam arti luas.  Bukan cinta gombal apalagi nafsu.    Cinta yang tanpa nafsu ini bisa ditebarkan kepada semua orang dan bahkan seisi alam.  Cinta inilah yang menghubungkan anda dengan semua orang dan seisi alam.  Antara anda dengan saudara, teman, tetangga dan bahkan seisi alam.   Antara anda dengan pekerjaan juga dihubungkan dengan cinta.  Tanpa cinta, tanpa hati maka anda akan setengah hati saja bekerja sehingga tidak akan bisa maju.  Tanpa cinta tidak akan ada hubungan baik dan tidak ada perbuatan baik.

 

Ungkapannya tidak perlu dengan kata kata tapi dengan perbuatan baik.  Apa perbuatannya?  Tergantung apa yang anda bisa lakukan dan apa yang anda punya.  Sesungguhnya dengan profesi masing masing kita menebarkan manfaat sebagai ungkapan cinta kasih.  Dosen, guru, trainer apapun namanya, memberikan ilmu dan ketrampilan kepada anak didiknya.  Pemimpin di sektor apapun dan di tingkat apapun memberikan arahan, lindungan, panduan kepada anak buahnya.  Itupun ungkapan cinta kasih.  Tanpa cinta kasih maka dia akan menjadi penjajah, bukan pemimpin.

 

Mereka yang diberi kelebihan harta sebaiknya memberikan sedekah, infak, zakat untuk orang yang membutuhkannya.  Tapi sedekah tidak hanya dengan harta.  Senyumpun sedekah. Berbagi informasi lowongan kerja juga sedekah.   Menciptakan suasana  baik juga sedekah. Melunasi hutang orang yang berhutang juga perbuatan mulia. Memberi makanan minuman orang lain juga ungkapan cinta kasih yang sangat baik. 

 

Jadi apapun yang anda punya apakah kekuasaan, harta, ilmu atau apapun sebaiknya ditebarkan kepada masyarakat sebagai ungkapan cinta kasih. 

 

Ungkapan cinta kepada alam semesta juga dengan perbuatan baik kepadanya.  Tidak menebang pohon sembarangan misalnya.  Menanam pohon, melestarikan lingkungan, tidak merusak lingkungan fisik adalah contohnya.  Demikian juga mengelola sampah dengan baik.  Banyak sekali perbuatan baik yang bisa dilakukan untuk alam. 

 

Godaannya adalah keuntungan finansial.  Kadang orang tergiur dengan keuntungan besar dari usaha yang mengeksploitasi alam.  Pembalakan liar sangat merusak hutan.  Demikian juga mencari ikan dengan bom kecil.  Tindakan ini sangat zalim karena merusak dan membunuh banyak ikan kecil.

 

Mari kita cintai sesama dan juga jagad raya ciptaan Allah swt dengan mengungkapkannya dalam perbuatan baik.  Tentu saja sesuai dengan kemampuan dan milik masing masing.

Ikuti tulisan menarik Bambang Udoyono lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB