x

sumber: freepik.com

Iklan

Dimas Set

Mahasiswa UNPAM/211011450083
Bergabung Sejak: 16 Desember 2022

Jumat, 16 Desember 2022 16:45 WIB

Penyebab Internet di Indonesia Sangat Lambat

internet sudah merupakan sahabat bagi kita ksemua di masa ini karena tanpa internet 1 hari saja maka kita akan tertinggal banyak informasi, maka dari itu kecepatan informasi yg berjalan di internet harus juga di barengi dengan cepatnya jaringan internet yang kita miliki. tapi mengapa indonesia termasuk negara dengan internet paling lambat?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Menurut KBBI atau PUEBI, internet adalah jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer yang terorganisasi di seluruh dunia melalui telepon atau satelit. Awalnya, internet dibuat untuk kepentingan kesehatan dan militer namun sekarang semuanya serba internet, bahkan pengemis di jalanan pun meminta uang dengan menggunakan barcode digital yang mengharuskan pengguna bertransaksi menggunakan internet.

Internet bukan hanya dipakai untuk mencari informasi tetapi juga dipakai untuk segala hal contohnya bertransaksi, mencari hiburan, hingga menjadi sarana belajar bagi para siswa karena banyaknya informasi yang akan kita dapatkan di dunia internet ini.

Internet mungkin sudah menjadi sahabat paling terdekat kita pada saat ini, karena segala sesuatu hal pada zaman sekarang pasti harus terhubung dengan yang namanya internet. Contohnya, membaca berita, mengirim pesan, menerima atau mengirim uang, dan teknologi modern yang ada di sekeliling kita semuanya menggunakan internet. Tanpa internet mungkin hidup kita akan terasa hampa, oleh karena itu Internet yang cepat sangatlah dibutuhkan. Provider kartu internet sudah berlomba-lomba untuk memiliki jaringan yang lebih kencang dan murah, tetapi mengapa Internet di Indonesia masih sangat lambat disbanding negar-negara lain? Apa penyebabnya?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

1. Banyaknya Pengguna Internet

Indonesia memiliki Penduduk 273.879.750 jiwa dan terdapat 200 juta lebih pengguna Internet, itu merupakan angka yang sangat banyak dibanding negara tetangga yang memiliki jumlah penduduk yang lebih sedikit. Maka dari itu infrastruktur yang ada di Indonesia tidak dapat mengimbangi dengan banyaknya jumlah penduduk di Indonesia ini yang menggunakan internet, karena jumlah pengguna internet merupakan salah satu faktor cepatnya sebuah jaringan internet.

 

2.Infrastruktur

Melihat Indonesia adalah negara yang masih berkembang, infrastruktur di negara ini tidak selengkap dan secanggih dengan negara lain yang lebih maju. Oleh karena itu kita mungkin masih harus menunggu Indonesia untuk mengupgrade infrastrukturnya agar bisa seperti negara maju. Karena internet sangat berpengaruh terhadap infrastruktur yang meliputi tiang pemancar, kabel telepon, kabel serat optik, dan lainnya. Ditambah letak geografis Indonesia yang sangat ekstrem membuat pembangunan infrastruktur menjadi terhambat karena sulitnya akses ke berbagai daerah khususnya daerah terpencil.

 

3. Dukungan Pemerintah

Sayangnya pemerintah kurang memperhatikan kondisi internet di negara kita ini. Jangankan berbicara internet, listrik di Indonesia saja masih belum sepenuhnya merata, banyak penduduk negara kita yang berada di pelosok tidak mendapat aliran listrik. Oleh karena itu perhatian dari pemerintah cukup penting karena pemerintah merupakan pusat dari pergerakan dari berbagai hal yang ada di negara ini.

 

Perlu kalian ketahui negara yang memiliki koneksi internet tercepat di dunia adala Uni Emirat Arab dengan kecepatan hingga 190 Mbps. Tetapi biaya internet di sana sangatlah mahal jadi wajar jika internet mereka sangatlah cepat. Jadi untuk mencapai koneksi internet yang cepat Indonesia masih memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan seperti membangun infrastruktur, membangun akses jalan di daerah daerah terpencil, dan masih banyak lagi. Tugas kita sebenarnya hanya bisa menunggu sampai Indonesia benar siap dengan segala perlengkapannya dan pemerintah juga seharusnya lebih memperhatikan masyarakat Indonesia yang mengeluhkan internet yang lambat karena pada zaman digital seperti sekarang ini banyak bisnis yang melakukan transaksi menggunakan internet, itu menunjukkan bahwa negara kita memiliki potensi yang begitu besar dalam aktivitas ekonomi di ruang digital. Besarnya pengaruh internet pada masa ini membuat masyarakat mengeluhkan internet mereka.

Ikuti tulisan menarik Dimas Set lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB