x

Iklan

Bambang Udoyono

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Maret 2022

Sabtu, 17 Desember 2022 18:57 WIB

Transformasi Diri dengan Berwisata

Kegiatan wisata bisa menjadi sarana transformasi diri menjadi pribadi yang lebih baik. Bagaimana caranya? Silahkan baca terus.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Transformasi Diri dengan Berwisata  

Bambang Udoyono

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sejatinya kegiatan berwisata bisa menjadi sarana transformasi diri agar menjadi pribadi yang lebih baik. Berwisata bukan sekedar bersenang senang sembari menikati keindahan destinasi wisata. Bagaimana bisa?

 

Travel is more than seeing sights; It is a change that goes on, deep and permanent, in the ideas of living. (Miriam Beard)  Berwisata itu lebih dari sekedar melihat pemandangan,  ini adalah perubahan yang berjalan terus, dalam dan permanen, tentang gagasan hidup.  Demikian kira kira terjemahan quote indah dari Miriam Beard, seorang penulis kenamaan dari negeri Paman Sam.

 

Menurut Miriam Beard berwisata adalah sebuah proses perubahan di dalam diri manusia.  Proses ini berjalan terus menerus secara bertahap.  Pokok yang dipelajari adalah gagasan tentang hidup ini.    Intinya adalah belajar dari negeri lain tentang kiat hidup secara bertahap, evolusi. Agar bisa melakukannya orang harus bersimpati dulu dengan destinasinya  agar ‘nyambung’ dulu lalu belajar sesuatu dari perjalanannya.

 

Agar mampu belajar dan berubah mejadi lebih baik, tentu saja kita harus terbuka dulu.  Jangan a priori menentang, menghakimi atau memandang rendah destinasi wisata.  Terima dulu apa adanya, tampung dulu semua fakta, hayati dulu, pelajari faktanya.  Setelah ada tumbuh simpati, baru kita bisa nyambung.  Setelah itu barulah kita bisa menemukan gagasan hidup mereka.  Akan ada pelajaran yang dipetik.

 

Karena kehidupan manusia ini rumit, banyak aspeknya maka paling tidak kita belajar satu aspek dari kehidupan.  Sesuai dengan bakat dan minat masing masing.

 

Saya kira setiap bangsa menghadapi tantangan yang berbeda beda.  Tantangan ini juga banyak sekali.  Ada yang berasal dari fenomena kealaman, sosial, ekonomi dan politik.    Apa yang mereka lakukan di sepanjang sejarah adalah tanggapan mereka terhadap tantangan tersebut.  Hasilnya ditentukan oleh Allah swt.  Ada bangsa bangsa yang diberi kejayaan setelah merek aberhasil mengatasi tantangan utamanya. Tapi sayangnya banyak juga yang setelah jaya menjadi lupa dengan penciptanya.  Dikira suksesnya hanya karena upayanya sendiri, tidak menganggap ada peran Tuhan dalam keberhasilan mereka.

 

Seorang tour leader yang professional tidak hanya mampu mengelola perjalanan wisata anda menjadi aman, nyaman, lancar.  Dia juga akan mampu memberikan wacana yang akan mencerahkan anda.  Paling tidak dia akan mampu menyuguhkan fakta dan data yang ‘thought provoking’, yang memicu pemikiran anda.  Dengan kata lain dia akan memberi informasi tentang fenomena sosial, ekonomi, budaya, politik dll yang membuat anda mendapatkan pespektif baru.  Jika anda olah dengan baik maka itu semua akan memberi manfaat.  Tour leader itu akan membantu proses pembelajaran anda tentang kehidupan seperti yang dimaksud oleh Miriam Beard.

 

Di dalam Al Qur’an ternyata ada banyak ayat yang memerintahkan manusia untuk berwisata.   Tujuannya tiada lain adalah untuk belajar juga.   Tentu saja yang dipelajari selain ilmu akal adalah juga mencari pencerahan.

 

Inilah dua ayat yang memerintahkan manusia untuk bepergian.

Al Ankabut 20

Katakanlah: "Berjalanlah di (muka) bumi, maka perhatikanlah bagaimana Allah menciptakan (manusia) dari permulaannya, kemudian Allah menjadikannya sekali lagi. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Al Hajj 46

“Maka apakah mereka tidak berjalan di muka bumi, lalu mereka mempunyai hati yang dengan itu mereka dapat memahami atau mempunyai telinga yang dengan itu mereka dapat mendengar? Karena sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta, ialah hati yang di dalam dada.

 

Jelas sekali perintahNya.  Manusia diminta berwisata untuk belajar agar meningkat imannya.  Agar menjadi manusia yang lebih baik.  Tidak hanya akal yang dipakai tapi juga hati. 

 

Jadi monggo siapkan segalanya untuk berwisata keliling dunia. Kalau Anda muslim sebaiknya ikut wisata halal atau wisata syariah agar keperluan Anda terpenuhi. Keperluan muslim dalam berwisata antara lain makanan halal, tempat solat, dan destinasi yang bersih dari kegiatan yang dilarang Allah.

Ikuti tulisan menarik Bambang Udoyono lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Sengketa?

Oleh: sucahyo adi swasono

7 menit lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB