x

Iklan

Melisa dwi Hestiani

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Maret 2022

Senin, 19 Desember 2022 19:28 WIB

Kerja Praktek Prodi S1 Teknik Informatika Dengan PT. Reksa Buana Nata


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tangerang, (Minggu, 18 Desember 2022).- Mahasiswa semester 6 prodi Teknik Informatika Universitas Pamulang melaksanakan kegiatan Kerja Praktek di PT. Reksa Buana Nata dengan tema “Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Security Pada PT. Reksa Buana Nata Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall”. Kegiatan tersebut dilaksanakan Tanggal 12 September-12 Desember 2022. Kegiatan kerja praktek atau biasa yang disebut dengan KP dilakukan untuk memenuhi salah satu mata kuliah pada program Strata 1 Teknik Informatika Universitas Pamulang.

 

Anggota kelompok KP terdiri dari 3 orang dimana Melisa Dwi Hestiani sebagai  ketua kelompok, Nurul Syifa Fauzia Paksi dan Dewy Suciati sebagai anggota. Pelaksanaan Kerja praktik ( KP ) ini dilakukan pada sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penyaluran tenaga security, yaitu PT. Reksa Buana Nata. Berdiri sejak tahun 2015 di Kota Tangerang.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

 

 

Pada era globalisasi seperti saat ini perkembangan teknologi sangat pesat, namun masih banyak perusahaan yang menggunakan sistem pendataan manual, sehingga kurang efisiennya dalam waktu dan tenaga. Seperti yang kita ketahui sekarang ini perkembangan teknologi sangat pesat, baik itu dalam bidang pendidikan, industri, kesehatan dan lain sebagainya.

 

Selama kerja praktik di perusahaan berlangsung, kami melihat data calon karyawan dan berkas-berkas yang sudah masuk tidak sedikit yang rusak maupun hilang. Ini merupakan masalah yang sangat tinggi urgensi nya bisa menghambat kinerja perusahaan dan memerlukan waktu yang tidak sedikit untuk memperbaiki nya. Maka dari itu kelompok kami berinisiatif membuat aplikasi website pendaftaran security guna mempermudah perusahaan dalam melakukan pendataan atau pengumpulan berkas karyawan.

Kemudian kami juga di ajarkan bagaimana alur membuat website pendaftaran security untuk perusahaan PT. Reksa Buana Nata dan dijelaskan tentang kebutuhan apa saja yang diperlukan perusahaan untuk pembuatan website, "ungkap Melisa".

 

Dalam perancangan aplikasi ini kelompok mahasiswa KP menggunakan teknologi berbasis HTML, CSS, dan Bahasa pemrograman PHP dengan model Unified Modelling Language atau biasa disebut UML. Kemudian aplikasi didemonstrasikan terlebih dahulu sebelum akhirnya aplikasi dirilis untuk dapat digunakan oleh pihak perusahaan yang ada di PT. Reksa Buana Nata.

 

Kami juga memiliki mentor pembimbing yaitu Bapak Rachmadi Setiawan sebagai Manager sekaligus sebagai Supervisor pada praktek kerja kami, yang sangat baik dan selalu mengajarkan kami apa yang kami tidak pahami.

 

Untuk website yang sudah dibuat, kami harap bisa berguna untuk memajukan perusahaan. Dan perusahaan harus terus memperbaharui website tersebut untuk di sempurnakan agar dapat mempermudah kerja staff perusahaan serta meminimalisir kerusakan maupun kehilangan data karyawan . "ungkap Nurul".

 

 

 

Ikuti tulisan menarik Melisa dwi Hestiani lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler