x

https://www.google.com/search?client\x3dms-android-oppo-rvo2\x26sxsrf\x3dALiCzsZKuouMFeU_FZZCHkL0lDuIYuUpBg:1664244796617\x26q\x3dkapitalisme\x26tbm\x3disch\x26sa\x3dX\x26ved\x3d2ahUKEwiZsq__8rP6AhV5znMBHdsXBlkQ0pQJegQIFhAB\x26biw\x3d424\x26bih\x3d804\x26dpr\x3d1.7#imgrc\x3d_sBCFJsUuiWc5M

Iklan

Bryan Jati Pratama

Penulis Indonesiana | Author of Rakunulis.com
Bergabung Sejak: 19 Desember 2022

Senin, 19 Desember 2022 19:21 WIB

Pertarungan Dua Serigala dalam Diri Setiap Manusia

The Parable of Two Wolf, cerita yang secara turun temurun diwariskan oleh suku Cherokee, suku asli benua Amerika yang menempati wilayah pegunungan Carolina Selatan, Amerika Serikat.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bipolar adalah sejenis penyakit, tetapi adakah yang tidak bipolar? Setiap manusia memiliki dua kutub yang ekstrim berlawanan. Yang paling primordial adalah kutub kebaikan dan kutub kejahatan. Kecinderungan untuk berbuat baik akan selalu berlawanan dengan bisikan untuk berbuat jahat. Hal seperti ini telah terjadi sejak zaman nenek moyang. Di barat, hal yang sejak semula dipertentangkan dan tidak habis dibicarakan adalah dikotomi good versus evil. Dikotomi itu juga yang mendasari hampir semua cerita perfilman di sana sejak era film koboi sampai era film superhero seperti seri Avengers.

Sedangkan di timur, hal tersebut dipelajari sehingga melahirkan ilmu yang mempelajari tentang diri manusia antara lain ilmu tentang nafsu berikut pembagiannya. Nafsu ammarah, supiyah, lawwamah yang mewakili kejahatan sering disetarakan dengan anger, lust and greed dan muthmainah yang mewakili kebaikan yang sering disamakan dengan valor. Namun ada perbedaan besar sebenarnya.

Di dunia timur, nilai-nilai tersebut diolah dan dikembangkan oleh para pujangga kerajaan hingga lahirlah sastra. Diantara adalah Mahabharata yang bercerita tentang pertentangan antara pihak Pandawa melawan pihak Kurawa sebagai personifikasi kebaikan melawan kejahatan. Meskipun kita tahu, setelah diteliti lebih lanjut ternyata dalam purwacerita pewayangan tersebut kebaikan dan kejahatan tidak hitam-putih seperti yang sebelumnya kita kira.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ternyata masing-masing nafsu tersebut bersifat netral. Menjadi baik ataupun jahat tidak bergantung pada jenis nafsunya tetapi pada porsinya. Contohnya, dalam perspektif dunia timur, nafsu ammarah dipahami sebagai nafsu berwarna merah yang terletak di dada manusia. Nafsu ini mewakili unsur api yang memberikan nyala pada hidup manusia, membuat manusia penuh dengan kemauan keras (passion) dan renjana (compassion). Jika terlalu besar menyebabkan manusia menjadi sembrono, nekat dan pemarah. Namun jika terlalu kecil akan menjadikan manusia dipenuhi rasa takut dan sifat pengecut. Maka mutlak manusialah yang bertanggung jawab untuk mengatur besar kecilnya nafsu tersebut.

Ada satu kisah yang saya sukai untuk menjelaskan tentang hal ini. The Parable of Two Wolf, cerita yang secara turun temurun diwariskan oleh suku Cherokee, suku asli benua Amerika yang menempati wilayah pegunungan Carolina Selatan, Amerika Serikat.

Alkisah, seorang Cherokee tua sedang mengajari cucunya tentang kehidupan. "Perkelahian sedang terjadi di dalam diriku," katanya kepada cucunya. Ini adalah pertarungan yang sangat mengerikan antara dua serigala. Yang satu bernama Si Jahat, dia adalah kemarahan, iri hati, kesedihan, penyesalan, keserakahan, kesombongan, mengasihani diri sendiri, rasa bersalah, kebencian, rendah diri, kebohongan, dan ego.

Dia melanjutkan, “Yang satunya adalah Si Baik, dia adalah kegembiraan, kedamaian, cinta, harapan, ketenangan, kerendahan hati, kebajikan, empati, kemurahan hati, kebenaran, kasih sayang, dan iman.”

Ia melanjutkan “Pertarungan yang sama juga terjadi di dalam dirimu dan juga di dalam setiap orang lainnya.” Sang cucu memikirkannya sejenak dan kemudian bertanya kepada kakeknya, "Lalu serigala mana yang akan menang?"

Cherokee tua itu hanya menjawab, "Yang paling banyak kamu beri makan."

Ikuti tulisan menarik Bryan Jati Pratama lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB