Tips Merawat Mobil agar Tetap Prima - Urban - www.indonesiana.id
x

Shendy Wijaya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 Desember 2022

Selasa, 20 Desember 2022 15:33 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Tips Merawat Mobil agar Tetap Prima

    Tujuan artikel ini untuk berbagi informasi mengenai Perawatan mobil.

    Dibaca : 1.092 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Mobil itu bagaikan wanita, harus dijaga dan dirawat.

    Sering kali kita lupa dalam merawat mobil yang kita punya, padahal itu menjadi hal yang penting. Merawat mobil itu sebetulnya mudah untuk dilakukan, kita menyisihkan waktu sebentar untuk merawat mobil kita bisa berdampak buat pemakaian jangka panjangnya loh. Banyak orang yang lupa atau malas dalam merawat mobil, misalnya seperti jarang mengganti oli, jarang mengecek ban, jarang mengecek bagian kaki-kaki atau suspensi serta jarang mencuci mobil.

    Menurut Rifat Helmy Sungkar, “Kenapa kita perlu melakukan perawatan berkala? Tentunya kalau mobil selalu digunakan setiap hari supaya kendaraan kita selalu dalam kondisi prima. Karena dengan merawat mobil pastinya selain aman dan nyaman dikendarai, juga dapat memperpanjang umur kendaraan." Jadi perawatan mobil itu sangat penting untuk jangka panjangnya, untuk kenyamanan dalam memakai mobil kita. Lalu mengapa hal yang tadi disebutkan begitu penting, simak ulasan berikut ini!  

    Rutin Mengganti Oli 

    Jangan sampai lupa ganti oli ya! Oli merupakan hal yang sangat fatal jika tidak diganti secara rutin. Oli berfungsi melumasi bagian di dalam mesin agar kerja mesin lebih ringan. Dengan rutin mengganti oli, mesin akan lebih awet dan performanya akan meningkat. Selain lebih awet, mesin juga akan lebih halus suaranya serta area di dalam mesin akan lebih bersih karena kotoran akan terbawa oleh oli lalu akan disaringkan melalui filter oli.

    Penggantian oli jangan terlalu lama, disarankan setiap 10 ribu Km. Dalam memilih jenis oli juga jangan sembarangan, pastikan kalian memakai oli yang asli dan sesuai pabrik. Oli yang palsu sangat berbahaya karena dapat merusak mesin karena kinerjanya akan menjadi berat dan tidak efisien. Memilih oli jangan terlalu kental atau terlalu encer, ikuti buku panduan dari masing-masing mobil. Contoh 10W 40 10 adalah tingkat kekentalan di suhu dingin dan 40 pada suhu panas. Masing-masing mobil akan memiliki tingkat kekentalan berbeda.  

    Selalu Cek Kondisi Ban   

    Ban merupakan komponen yang terpenting dalam mobil. Kondisi ban yang kita pakai menentukan keselamatan kita dalam berkendara, karena yang dahulu menapak ke jalan adalah ban. Misalnya jika kita mengerem, ban dahulu yang memberhentikan mobil kita. Jika  kondisi ban tipis bisa terjadi selip karena tidak adanya traksi ke jalan. Pemilihan jenis ban juga sangat penting, pilih ban yang sesuai dengan kontur jalan yang kita gunakan sehari-hari karena itu menentukan ban cepat habis atau tidaknya.

    Macam-macam jenis ban yang beredar di pasaran, contohnya untuk mobil SUV (Sport Ultility Vehicle) yaitu ada 3 macam ban. Terdapat ban MT (Mud terrain) yang cocok digunakan pada kondisi jalanan offroad, HT (Highway Terrain) cocok digunakan pada jalan aspal yang kita sering temui di perkotaan, dan AT (All Terrain) ban ini bisa digunakan di kedua kondisi yaitu aspal dan offroad tetapi yang tidak begitu berat. Lalu jangan lupa selalu memeriksa tekanan ban pada mobil kalian pada batas normal, karena itu akan menjaga kualitas ban. 

    Cek Selalu Bagian Kaki-kaki Mobil 

    Kaki-kaki mobil penting untuk dirawat karena menjaga kestabilan dan kenyamanan kita saat mengendarai mobil. Jika kaki-kaki mobil kita sehat ban pun juga lebih awet sebab terdapat shockbreaker yang menahan beban mobil. Fungsi dari shockbreaker  adalah menahan beban mobil jika sudah melemah kemampuannya jadi beban yang tadinya terdapat di shockbreaker pindah ke ban yang membuat ban cepat aus atau termakan.

    Selalu rutin melakukan spooring dan balancing, spooring membuat keempat bannya selaras sesuai bawaan pabrik dan balancing menyeimbangkan titik berat dari mobil agar titik beratnya tidak ke satu bagian. Saat melakukan balancing mobil akan dipasangi timah pada velg mobil di titik yang kurang seimbang. Jaga perilaku berkendara kalian saat membawa mobil, hindari jalan rusak atau yang berlubang. Jika di mobil kalian mendengar suara yang tidak enak dari bagian kaki-kaki segera bawa ke bengkel untuk mencegah kerusakan yang lebih berat nantinya.  

    Mencuci Mobil 

    Cuci mobil itu perlu ya!. Banyak orang masih jarang mencuci mobilnya, padahal sangat penting. Manfaat mencuci mobil itu banyak, bukan hanya terlihat bersih dan enak dilihat. Mencuci mobil dapat mencegah cat mobil cepat kusam, lalu mencegah adanya karat di bagian kaki-kaki serta mencegah adanya jamur. Jamur biasanya timbul di bagian bodi atau kaca mobil akibat setelah dipakai saat kondisi hujan lalu tidak di dibersihkan.

    Saat mengeringkan mobil disarankan jangan memakai lap biasa karena itu akan menimbulkan baret halus di bodi, cobalah untuk memakai bahan lap yang lebih halus seperti kain microfiber karena kain microfiber mempunyai bulu yang halus. Kita membersihkan mobil bukan hanya bagian luar saja dong? Bagian dalam mobil juga perlu dibersihkan. Dengan kita membersihkan bagian dalam membuat kualitas udara menjadi bersih dan nyaman.  

    Balik lagi ke individu masing-masing dalam merawat mobil, ada yang memang malas dalam merawat mobil dan ada juga yang rajin merawat. Mungkin yang malas karena tidak ingin membuang-buang waktu atau hemat uang. Tetapi jika kita merawat mobil kita sangat banyak keuntungannya. Mobil yang terawat akan lebih nyaman dipakai dan untuk pastinya akan lebih awet. Mobil yang terawat akan memiliki nilai jual yang tinggi dan lebih jarang perbaikan yang tentunya akan menghemat pengeluaran kalian. Yu selalu jaga mobil kalian agar tetap sehat.   

    Ikuti tulisan menarik Shendy Wijaya lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.





    Oleh: Mulia Zachrie

    Jumat, 13 Januari 2023 21:58 WIB

    Digital Marketing di Era 4.0

    Dibaca : 449 kali