Masuk DKV Harus Bisa Gambar? - Pendidikan - www.indonesiana.id
x

Foto : salah satu contoh wayang kulit purwa

Alvian Zulfikar

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 Desember 2022

Rabu, 21 Desember 2022 13:25 WIB

  • Pendidikan
  • Topik Utama
  • Masuk DKV Harus Bisa Gambar?

    Artikel ini berisikan pendapat saya tentang harus kah kita bisa menggambar ketika ingin memasuki jurusan DKV, Apa saja peluang kerja dari jurusan DKV, mata kuliah apa saja yang disajikan, dan kegiatan yang dilakukan mahasiswa DKV.

    Dibaca : 1.008 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    "Serius Masuk DKV Harus Bisa Gambar?"
    Desain Komunikasi Visual atau biasa disebut DKV ini sudah mulai banyak diminati melihat dari perkembangan industri kreatif di Indonesia. Tetapi Kalian yang ingin masuk jurusan desain pasti kepikiran, Bisa gak sih masuk jurusan desain tetapi kita tidak mempunyai skill menggambar? Peluang kerja nya seberapa luas sih? Kegiatan seperti apa? Nah di sini saya akan menjawab pertanyaan yang disampaikan.

    Apa sih DKV?

    Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah sebuah cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dengan desain atau visual untuk menyampaikan pesan untuk tujuan tertentu seperti untuk menyampaikan informasi atau persuasi yaitu memengaruhi perilaku.
    Banyak dasar-dasar yang dapat kita pelajari seperti mengembangkan bentuk bahasa visual seperti bermain gambar, mengolah pesan atau bermain kata. Nah dari sini saja kita sudah tahu bahwa DKV itu enggak Cuma bisa menggambar tetapi kita juga harus kreatif dalam mengembangkan desain dan visual agar pesan yang ingin kita buat tersampaikan. Agar kamu bisa melakukan hal itu, kamu perlu menggabungkan pemahaman tentang seni, nilai, dan berbagai unsur artistik lainnya. Sehingga karya yang kamu hasilkan lebih menarik dan maksimal.

    Apa saja sih Peluang kerja DKV?

    Nah untuk kalian yang bertanya peluang kerja nya apa saja sih? Ternyata DKV memiliki peluang kerja yang sangat luas lho! Seperti contoh:

    1. Desainer Grafis

    Untuk pekerjaan ini biasanya meraka bertanggung jawab untuk media promosi sebuah produk. Biasanya mereka membuat desain untuk menarik perhatian orang untuk membeli produk tersebut.
    2. Illustrator
    Untuk pekerjaan ini mereka yang biasa membuat gambar ilustrasi sesuai keperluan. Seperti contoh membuat kover komik/manga.

    3. 3D Modelling

    Pekerjaan ini bertugas untuk membuat beragam bentuk model digital dalam 3D.

    4. Desainer web

    Pekerjaan ini bertugas untuk mendesain web agar mudah digunakan dan menarik bagi pengguna.

    4. Videografer

    Untuk pekerjaan ini bertugas mengambil gambar menggunakan kamera.

    5. Animator

    Untuk pekerjaan ini bertugas untuk membuat kumpulan gambar yang akan di kombinasikan menjadi bergerak dan hidup.
    Bagaimana cukup luas bukan, Dari daftar di atas sebernarnya masih banyak lagi loh pekerjaan untuk lulusan jurusan DKV.

    Mata kuliah apa saja yang dipelajari?

    Kalian penasaran gak sih tentang mata kuliah apa saja yang dipelajari mahasiswa DKV? Nah di sini saya akan beri contoh mata kuliah apa saja yang kita pelajari ketika kita memasuki jurusan DKV.
    • Gambar Dasar
    • Nirmana dan Rupa Dasar
    • Sejarah seni dan desain
    • Perancangan komunikasi visual dasar
    • Komputer grafis
    • Ilustrasi
    • Tipografi dasar
    • Tinjauan desain
    • Perancangan tata letak
    • Fotografi dasar
    • Komputer multimedia
    • dll
    Bagaimana menarik bukan, menurut saya mata kuliah yang disajikan sangat lah seru dan juga menantang karena saya dituntut harus kreatif dalam memikirkan sebuah ide.

    Kegiatan mahasiswa DKV itu ngapain saja sih?

    Ketika kalian melihat mahasiswa DKV terlihat cenderung santai dan mudah karena selalu berkreasi dengan cat warna dan cenderung menyenangkan. Namun, sebenarnya di balik itu semua mahasiswa DKV tidak pernah berhenti menerima segala macam tugas dengan tingkat kesulitan masing-masing. Kalian juga harus tahu bahwa mahasiswa DKV tidak hanya fokus belajar menggambar, tetapi juga harus belajar proses produksi hingga mengelolah bisnis.
     
    Jika kalian berpikir bahwa kuliah di jurusan DKV kamu dibebaskan berkreasi untuk membentuk suatu karya itu sepenuhnya belum tentu benar. Sejak semester 1 kamu akan dihadapkan dengan banyak tugas dan ketika mengerjakan tugas-tugas tersebut kita harus mengikuti panduan yang sudah ditetapkan.
     
    Dalam membuat sebuah karya desain grafis maupun videografi kamu hanya dibebaskan untuk menemukan ide konsep. Dan, ketika kita mendesain ide tersebut menjadi sebuah karya akan membutuhkan sentuhan teknis dan harus memenuhi unsur-unsur penting untuk membangun karya tersebut. Apalagi ketika kita sudah memasuki dunia kerja, tentu kita tidak bisa berkarya sesuka hati kita karena kita akan berurusan dengan kepentingan perusahaan dan juga klien. seperti yang saya rasakan walaupun masih semester 1 tetapi saya merasakan bagaimana kita harus kreatif dan juga mengikuti panduan yang diberikan.

    Ikuti tulisan menarik Alvian Zulfikar lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.